Gratis! Cocok buat Investor Pemula Belajar Saham di Sekolah Pasar Modal

5 menit
sekolah pasar modal
Belajar Saham Gratis di Sekolah Pasar Modal, Cocok buat Investor Pemula, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sekolah pasar modal merupakan sarana pembelajaran masyarakat umum belajar mengenai proses perdagangan di pasar modal. Pasar modal sendiri memiliki beberapa instrumen, dan yang paling diminati adalah saham dan reksadana. 

Kini, beli saham udah bukan lagi kebiasaan orang-orang konglomerat aja, masyarakat umum dengan uang pas-pasan juga udah bisa menabung saham. Karena setiap membeli saham, kamu berpotensi besar mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat. 

Nah, buat bisa mengetahui bagaimana cara mendaftarnya, seperti apa analisanya, dan gimana bertransaksi di bursa saham, kamu perlu mengasah ilmu terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengikuti sekolah pasar modal. 

Baca juga: Siapa Bilang Milenial Gak Demen Investasi, Gini Cara Ampuh Ajak Mereka

Keuntungan ikut sekolah pasar modal 

sekolah pasar modal
Ini keuntungan SPM bagi pemula, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sekolah pasar modal (SPM) merupakan pilihan yang tepat buat para investor pemula. Akan ada banyak keuntungan buat kamu yang tengah bimbang memulai investasi di pasar modal. 

Kalau selama ini tahunya investasi cuma dengan instrumen tabungan dan emas, dengan mengikuti SPM kamu jadi mengenal instrumen lainnya yaitu saham dan reksadana. 

Di SPM, kamu bakal diedukasi dengan informasi-informasi dasar terkait perdagangan di pasar modal. Dengan harapannya mampu meningkatkan angka partisipasi masyarakat umum di dunia saham. 

Para mentor di SPM bakal memberikan penjelasan mengenai aspek-aspek apa aja yang bisa mengganggu kestabilan harga pasar, seperti misalnya kondisi ekonomi dan politik. Dengan materi itu, daya analisa kamu terhadap kondisi pasar juga akan terasah.

Setelah mampu menganalisanya, kamu jadi mahir meminimalisir risiko-risiko yang bakal diterima. Ingat, terjun ke pasar modal itu penuh dengan risiko, salah satunya mengalami kerugian karena penurunan harga saham. 

Selain itu yang utama tentunya, kamu dan calon investor lainnya bisa memahami mana saham atau reksadana meyakinkan buat dibeli atau tidak. Artinya, kamu tahu saham perusahaan apa yang kira-kira menguntungkan di masa datang, dan mana menjadi beban buatmu nantinya. 

Dengan pemahaman dan ilmu yang diberikan para mentor, dijamin bisa bikin kamu cuan terus deh! 

Baca juga: Cerdas dan Ceroboh! Ini 12 Karakteristik Investor Saham Berdasarkan Zodiak

Cara ikut SPM

Sekolah pasar modal
Begini cara mengikuti SPM secara gratis, (Ilustrasi/Pixabay).

Kalau kamu berminat untuk mengikuti sekolah pasar modal, hal pertama perlu kamu lakukan adalah memilih lembaga yang menyelenggarakannya. Sangat disarankan mengikuti SPM yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia atau IDX. 

Ketika kamu memilih IDX, tinggal lakukan pendaftaran secara online di website resmi https://sekolahpasarmodal.co.id. Di halaman pendaftaran kamu diminta buat mengisi data diri dan jenis program yang akan diikuti. 

Selanjutnya, kamu diharuskan buat menyetor sejumlah uang sekitar Rp 100-200 ribu (tergantung dari program yang diikuti) ke rekening virtual IDX. Tenang saja, dana itu nantinya bakal balik lagi ke kamu sebagai dana awal investasi.  

Saat datang ke lokasi, jangan lupa menyerahkan sejumlah dokumen penting berupa, 

  • Bukti setor dana awal
  • Salinan KTP
  • Salinan NPWP
  • Salinan depan buku rekening tabungan
  • Salinan KK (khusus mahasiswa dan ibu rumah tangga)
  • Salinan NPWP orangtua/suami untuk mahasiswa atau ibu rumah tangga 

Baca juga: Kapitalisasi Pasar Tembus Rp 428 Kuadriliun! Ini 7 Bursa Saham Terbesar di Dunia

Program-program dan materi yang ditawarkan di SPM 

sekolah pasar modal
Banyak program yang ditawarkan di SPM ini, (Ilustrasi/Pixabay).

Bursa Efek Indonesia memiliki beberapa program pembelajaran bagi kamu-kamu yang pengin terjun dan menggeluti dunia pasar modal. Dikutip dari website resminya, ada tiga program yang mereka gelar yaitu, SPM Reguler, SPM Online, dan SPM Institusi.

SPM Reguler 

Sekolah pasar modal
SPM Reguler bisa jadi pilihan kamu yang pengin belajar, (Ilustrasi/Pixabay).

Kalau kamu seorang pemula dan pengin mengenal tentang saham dan reksadana secara lebih detail, sekolah pasar modal reguler adalah pilihan yang tepat. Karena diperuntukan khusus masyarakat umum, mulai dari yang masih awam, sampai berpengalaman di dunia saham. 

SPM Reguler dibagi lagi menjadi dua yaitu SPM Rutin, dan SPM Syariah. Keduanya diampu oleh mentor-mentor yang berpengalaman dari BEI maupun dari perusahaan sekuritas terpercaya. 

Baik SPM Rutin, maupun Syariah, keduanya dibagi lagi menjadi dua tingkatan atau level. Level 1 biasanya buat orang-orang yang masih awam, karena penjelasannya lebih banyak terkait hal-hal dasar pasar modal. 

Sementara di Level 2, diperuntukan buat mereka yang udah menjadi investor atau pernah mengikuti pembelajaran di Level 1. Apa saja isi materinya? 

1. Materi SPM Rutin

  • Penjelasan umum tentang pasar modal di Indonesia (Level 1)
  • Penjelasan tentang saham dan hal teknis perdagangan saham (Level 1)
  • Penjelasan tentang kartu identitas investor (Level 1)
  • Materi cara pembukaan rekening saham (Level 1) 
  • Belajar analisa fundamental (Level 2)
  • Belajar analisa teknikal (Level 2)
  • Mengetahui tips-tips investasi saham (Level 2)
  • Simulasi bertransaksi di pasar saham (Level 2) 

2. Materi SPM Syariah 

  • Mengenal investasi syariah di pasar modal (Level 1)
  • Mengenal mekanisme transaksi saham syariah dengan Sharia Online Trading System (SOTS) (Level 1)
  • Mempelajari landasan fiqih investasi saham (Level 1) 
  • Belajar analisa fundamental (Level 2)
  • Belajar analisa teknikal (Level 2)
  • Mengetahui tips-tips investasi saham syariah (Level 2)
  • Simulasi bertransaksi di pasar saham sariah (Level 2) 

Buat mengikuti program SPM ini, kamu diharuskan menyetor dana Rp 100.000 yang nantinya digunakan sebagai modal buat beli saham. Artinya, uang tersebut bakal digunakan transaksi awal kamu di pasar modal. 

Waktu pembelajarannya, masing-masing level hanya memerlukan waktu satu hari dengan durasi waktu sekitar 3-4 jam. Kalau SPM Rutin Level 1, biasanya dilakukan hari Selasa, Kamis, atau Sabtu dari jam 08.00-12.00. SPM Rutin Level 2, Selasa, Kamis, atau Sabtu dari jam 13.00-16.00.

Sementara SPM Syariah Level 1 akan dilaksanakan antara hari Rabu atau Sabtu jam 08.00-12.00, dan yang Level 2 hari Rabu atau Sabtu pukul 13.00-16.00. 

SPM Online 

sekolah pasar modal
SPM Online juga bisa kamu pilih nih bagi yang gak punya banyak waktu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Program sekolah pasar modal online cocok banget buat kamu yang gak punya banyak waktu, tapi pengin belajar nabung saham. Karena lewat program ini, kamu bisa belajar dari mana saja, tanpa harus tatap muka dengan mentor. 

Materinya secara umum sama dengan SPM Reguler, cuma bedanya, kamu bakal mendapatkan materi dalam bentuk digital atau soft copy yang bisa diakses kapanpun tanpa batas waktu. Untuk menambah ketertarikan mu, materi akan diberikan dalam bentuk video. 

SPM Institusi 

sekolah pasar modal
Yang mau memilih institusi juga bisa nih buat belajar pasar modal, (Ilustrasi/Shutterstock).

IDX juga menyediakan fasilitas sekolah pasar modal khusus buat  institusi atau komunitas. Biasanya sih yang menggunakan program ini adalah karyawan suatu perusahaan atau komunitas tertentu dengan minimal peserta 50 orang. 

Peserta tinggal menyediakan tempat, bisa di ruang rapat, cafe, atau di manapun tempatnya asal cukup buat menampung seluruh peserta. Waktu juga berdasarkan atas preferensi dari peserta, bisa weekdays atau weekend. 

Kelas bakal digelar seharian penuh dan sudah mencakup materi-materi di Level 1 dan Level 2.

  • Gambaran umum terkait pasar modal (Level 1) 
  • Cara investasi saham di pasar modal (Level 1) 
  • Panduan menggunakan aplikasi online trading (Level 2) 

Masing-masing peserta nanti juga diminta buat menyerahkan salinan identitas diri seperti KTP, salinan halaman depan buku tabungan, dan juga menyerahkan uang Rp 100.000 untuk dana awal membeli saham. 

Mendapatkan materi sekolah pasar modal selain di IDX 

sekolah pasar modal
Ini materi-materi yang bakal diberikan bagi kamu pengin belajar pasar modal, (Ilustrasi/Pixabay).

Kalau dirasa SPM di IDX kurang memuaskan, kamu sebenarnya bisa mendapatkan pembelajaran tentang pasar modal dari sumber-sumber lainnya. Misalnya belajar dari kursus saham terbaik yang udah terkenal memiliki nama. 

Mereka biasanya berasal dari perusahaan-perusahaan sekuritas, pegiat pasar modal, sampai komunitas-komunitas di internet. Seperti salah satunya adalah The Indonesia Capital Market Institute (TICMI). 

TICMI merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan profesi pasar modal yang dibentuk oleh Perhimpunan Pendidikan Pasar Modal Indonesia (P3MI). Mereka biasa menggelar pelatihan-pelatihan khusus untuk pemula sampai yang sudah expert sekalipun. 

Atau kamu juga bisa belajar saham secara online melalui website-website terpercaya, salah satunya adalah MoneySmart Indonesia. Walaupun kamu gak sempat untuk mengikuti sekolah pasar modal, kamu bisa membuka artikel-artikel MoneySmart terkait saham yang dijamin bisa menambah wawasan kamu deh. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.