Selain Gaji Naik, Ini 6 Alasan Lain Jadi PNS Itu Bikin Sejahtera

3 menit
TEMPO/STR/Prima Mulia; PML2015072206
TEMPO/STR/Prima Mulia; PML2015072206

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan telah ada usulan buat menaikkan gaji PNS pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019. Saat ini RAPBN tersebut masih dalam proses penyusunan.

Anggaran buat PNS alias abdi negara emang mengalami kenaikan tiap tahun. Pada tahun 2018 anggaran buat PNS sebesar Rp 349 triliun, atau naik Rp 1 triliun dari tahun sebelumnya.

Meski gitu, hal ini gak berdampak pada gaji pokok PNS yang malah gak mengalami kenaikan setelah tiga tahun lama. Hal ini pula yang buat Sri Mulyani berpikir kalau tahun depan udah saatnya gaji PNS dinaikkan. Gaji buruh aja naik tiap tahun. Betul, gak?

Alasan kenaikan gaji PNS 2019

gaji pns
(image: tribunnews)

Seperti yang disebutkan di atas, gaji PNS belum mengalami kenaikan selama tiga tahun terakhir. Kenaikan gaji tahun ini dianggap mendesak mengingat tingginya tingkat inflasi yang dapat mempengaruhi daya beli para abdi negara.  

Walau dianggap cukup penting, rencana kenaikan ini tetap bakal menyelaraskan dengan kemampuan keuangan negera. Oleh sebab itu, sampai saat ini besarnya kenaikan belum bisa ditetapkan.

Pada tahun 2018, gaji PNS masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015. Di sana disebutkan kalau gaji pokok PNS jabatan terendah (golongan IA) dengan masa kerja nol tahun sebesar Rp 1.486.500. Sedangkan buat PNS dengan jabatan tertinggi (golongan IVE) dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 5.620.300.

Sebelumnya besaran gaji mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2014. Dalam aturan lama disebut kalau PNS dengan jabatan terendah dengan masa kerja nol tahun, gajinya ebesar Rp 1.402.400. Sedangkan PNS dengan jabatan tertinggi dan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 5.302.100.

Tunjangan-tunjangan PNS

Kebijakan tak menaikkan gaji di tahun 2018 disebabkan tingginya beban pensiun PNS yang kian meningkat. Meski gitu, tahun ini PNS tetap mendapatkan tunjangan THR sebesar gaji pokok, serta gaji ke-13 yang terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

Walau nominal gaji pokok PNS gak melejit, tapi besaran tunjangannya lumayan besar. Tentunya besaran tunjangan berbeda-beda tiap instansi pemerintah.

Kabarnya pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mendapatkan tunjangan kinerja paling tinggi. Buat pegawai pajak pangkat terendah mendapatkan tunjangan sebesar Rp 5,36 juta per bulan, sedangkan pangkat tertinggi bisa mendapatkan Rp 117,37 juta per bulan.

Kebijakan baru yang bikin PNS makin bahagia

gaji pns
(image: beritagar)

Bukan cuma besarnya tunjangan yang bikin banyak orang mengidam-damkan jadi PNS. Beberapa kebijakan yang dibuat pemerintah ini juga bikin profesi PNS kian diburu. Ini di antaranya:

1. Istri melahirkan, PNS pria juga dapat hak cuti

Kebijakan ini telah berlaku sejak Desember 2017 lalu. Suami yang berprofesi sebagai PNS dapat mengambil cuti buat mendampingi istri yang menjalani persalinan hingga persiapan merawat buah hati selama satu bulan.

Walau cuti, PNS tetap mendapat penghasilan meliputi gaji pokok dan berbagai tunjangan lain. Mantap, kan?

2. Skema THR yang lebih besar

Jika tahun lalu THR terdiri dari gaji pokok aja, tahun ini kabarnya THR terdiri dari gaji pokok plus tunjangan kinerja. Besarannya tentu aja lumayan banget.

3. Menikmati rumah DP 0 persen

PNS dapat menikmati fasilitas KPR tanpa uang muka dengan jangka waktu cicilan hingga 30 tahun. Fasilitas ini bisa digunakan PNS buat rumah komersial seharga Rp 300-400 jutaan.

4. Cuti lebaran lebih panjang

Tahun ini, PNS dapat mengambil jatah cuti Lebaran tambahan di luar cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah. Bisa makin lama di kampung halaman deh.

5. Pensiunan PNS tetap dapat THR

PNS emang dikenal dengan profesi yang punya “masa depan terjamin”. Salah satu buktinya, walau udah pensiun, PNS juga tetap akan menerima THR dan gaji ke-13.

6. Mobil dinas bisa buat mudik

Jika dulu hal ini dilarang, kini PNS boleh memakai mobil dinas buat mudik Lebaran. Walau gitu, tetap dong bensin dan biaya perbaikan ditanggung PNS terkait.

Sejumlah fasilitas dan kebijakan di atas emang menunjukkan “nikmatnya” jadi PNS. Walau gitu, tentu ada tanggung jawab besar yang ditanggung dan juga konsekuensi lainnya.

Tapi, jika gaji PNS 2019 nanti jadi naik, kira-kira kamu tergiur gak sama profesi ini?

 

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong