Selain Transportasi Online, 6 Aplikasi Ini juga Berguna Buat Bepergian

3 menit
transportasi online

Kalau ditanya apa saja aplikasi transportasi online yang ada di Indonesia, pasti kamu bakal jawab Go-Jek, Grab, atau Uber kan. Tapi kalau ditanya soal aplikasi transportasi umum yang kamu tahu, pasti banyak yang geleng-geleng kepala.

Jangan salah lho, di Indonesia ini ada enam aplikasi transportasi umum yang bisa kamu gunakan. Lantas apa kegunaannya? Apakah bisa mesen angkot atau kopaja pakai ponsel?

Tentu saja aplikasi transportasi umum beda sama transportasi online. Fungsinya ada yang sebagai navigasi, mengetahui jadwal dan rute keberangkatan satu moda transportasi, sampai memberikan perkiraan biaya dari satu destinasi ke destinasi lain.

Tranportasi online memang nyaman, tapi kalau setiap hari kamu naik transportasi online, terutama taksi online tentu biaya yang kamu keluarkan gak sedikit. So, gak apa-apalah desek-desekan atau gerah-gerahan dikit di transportasi umum demi menghemat pengeluaran.

[Baca: Tarif Taksi Online Udah Diatur, Ini 5 Tips Biar Tetap Hemat]

Tanpa basa-basi lagi, ini dia enam aplikasi transportasi umum yang ada di Indonesia. Silahkan disimak ulasannya.

1. Komutta

transportasi online
Komutta (Berbagi Ilmu93)

Komutta adalah pedoman transportasi bagi mereka yang tinggal di Jabodetabek. Aplikasi ini menyediakan informasi rute dan koridor TransJakarta, jadwal KRL, info jurusan angkot, Patas hingga APTB. Di sini juga tersedia nomor telepon taksi, hingga pantauan CCTV.

Aplikasi ini cocok buat ekspat atau wisatawan asing yang pengen backpacker-an. Karena aplikasi ini tersedia dengan dua bahasa. Gak repot lah pokoknya.

2. Appaja

transportasi online
AppAja (Tech in Asia)

Mau pergi ke suatu tempat tapi gak ngerti naik apa? Install aja Appaja terus ketik destinasimu di sana. Gak lama bakal muncul deh informasi kendaraan yang harus kamu naikin dan tarifnya.

Info KRL dan rute koridor TransJakarta juga ada semua. So, sebelum berangkat bisa nyiapin duit dulu deh di rumah.

[Baca: Kalau Transportasi Online Gak Ada Lagi, Apa Jadinya Ya?]

3. Trafi

transportasi online
Trafi (Medium)

Selain rute transportasi umum, kamu bisa memantau waktu real time kedatangan angkutan umum lewat Trafi. Jadi misalnya kamu naik transportasi online ke halte TransJakarta, kamu bisa tahu ancer-ancer waktu berangkatnya.

Trafi juga bisa diakses tanpa Internet. Tapi sayangnya apllikasi ini gak bisa kasih kamu info soal tarif angkutan umum. Kalau bisa kumplit kali ya.

4. KRLAccess

transportasi online
KRLAccess (krl)

Kalau yang ini adalah aplikasi yang disediakan langsung oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Tujuannya tentu saja buat memudahkan para pengguna KRL dalam memantau posisi kereta yang akan ditumpangi.

5. Moovit

transportasi online
Moovit (topapps)

Sayangnya, Moovit hanya tersedia di iOS. Sama kayak aplikasi transportasi umum lainnya, Moovit bakal memberikan informasi rute terbaik dan tercepat bila kamu ingin menggunakan transportasi umum. Waktu kedatangan real time juga bisa dipantau lewat Moovit.

6. MyBluebird

transportasi online
My Bluebird (bluebird group)

Nah kalau yang satu ini kamu udah tahu belom?

Sama kayak Grab, Uber, atau Go-Jek, MyBluebird berguna bila kamu mau order taksi Bluebird online. Biasanya dengan melakukan pembayaran via kartu kredit, kamu bisa dapat diskon khusus lho.

Jadi gak perlu mejeng di pinggir jalan dan nunggu sampai ada Bluebird lewat. Pesan lewat aplikasi ini, dan taksimu bakal sampai di depan mata.

[Baca: Apa yang Terjadi Kalau Taksi Konvensional Gak Ada Lagi?]

So sekarang sudah tahu kan kalau ada enam aplikasi transportasi umum di Indonesia? Jadi, selain install aplikasi buat transportasi online, ada baiknya kamu install aplikasi ini juga. Dengan begitu, bepergian pun jadi makin nyaman dan aman kan.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.