Awas Mupeng, Ini 4 Seleb Tenar Indonesia yang Punya Mobil Porsche

3 menit
Deddy Corbuzier (instagram @mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier (instagram @mastercorbuzier)

Gak cuma Lamborghini atau Ferrari, beberapa selebriti tajir di Indonesia juga punya mobil Porsche. Produsen mobil sport yang satu ini berasal dari Jerman, dan berkantor pusat di Stuttgart. Porsche merupakan salah satu anak perusahaan dari Volkswagen AG.

Asal kamu tahu nih, Porsche sejatinya didirikan oleh warga Austria bernama Ferdinand Porsche. Selain mobil, mereka juga sempat mendesain tank di era perang dunia. Pascaperang Dunia II, Porsche memproduksi mobil-mobil penumpang hingga terjun ke dunia balap.

Mobil pertama mereka adalah Porsche 356, yang masih banyak menggunakan komponen VW. Bentuknya pun khas banget. Desainernya adalah desainer dari VW Beetle, Erwin Komenda.

Setelah memenangkan banyak kejuaraan balap, pada tahun 1972 Porsche pun meluncurkan Porsche 911 yang sangat terkenal. Varian 911 juga mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun.

Di Indonesia, mobil Porsche dipasarkan Eurokars Group yang juga menjadi distributor Rolls Royce, Maserati, hingga Mazda varian tinggi. Harga mobil ini juga sudah menyentuh angka miliaran Rupiah.

Otomatis, cuma orang-orang kaya saja yang sanggup beli Porsche, termasuk lima seleb ini. Penasaran dengan seleb-seleb Indonesia yang punya Porsche di garasi rumahnya? Yuk mari kita telusuri lebih lanjut.

1. Deddy Corbuzier – Porsche Cayman

Dulu, mungkin Deddy Corbuzier cuma anak sopir bemo tapi sekarang dia jadi selebriti papan atas yang punya mobil Porsche.

Cayman merupakan varian yang terinspirasi dari Porsche Boxster pendahulunya dan diluncurkan tahun 2015. Mobil ini dipersenjatai mesin 3,8 liter enam silinder dan memiliki teknologi canggih.

Raungan mesinnya sangat khas di telinga, halus tapi sangar. Yang jelas, Cayman bisa memuntahkan tenaga maksimal 385 Tk pada 7.400 RPM. Sementara itu torsi maksimalnya ada di 420 nm di 4.750 RPM.

Mesin Porsche Cayman memang responsif banget. Berbekal enam percepatan, maka mobil Porsche milik om Deddy Corbuzier hanya butuh 4,4 detik untuk melaju dari kecepatan 0 hingga 100 km per jam. Sadis ya! Kabarnya sih Deddy membeli mobil ini seharga Rp 1,5 miliar.

2. Denny Cagur – Porsche Cayman

Sebenarnya, pelawak terkenal yang satu ini gak pernah menyebut jenis mobil Porsche yang dia miliki. Apakah itu Cayman atau Boxster, karena dua-duanya pun memang sulit dibedakan oleh orang awam. Yang pasti warnanya sama kayak punya Deddy Corbuzier yaitu merah.

Perbedaan Cayman dan Boxster yang paling mencolok adalah di atapnya. Cayman menggunakan fixed roof bukan roadster atau targa. Oleh karena itu sepertinya mobil Denny memang Porsche Cayman.

Malahan, ada pemberitaan di media yang bilang kalau Porsche milik Denny adalah Porsche Cayenne. Jelas banget ngawur, Cayenne itu adalah mobil SUV.

Menurut laporan di media, harga mobil ini katanya Rp 2 miliar. Beda Rp 500 juta dong ya sama punya Deddy Corbuzier.

3. Cynthiara Alona – Porsche Cayman

Nah lho, ternyata Cynthiara Alona juga punya mobil Porsche. Udah gitu, kayak Dedy dan Denny, sama-sama Cayman pula. Selain itu, sama-sama merah juga warnanya.

Artis cantik ini memang sempat ngaku di depan media bahwa dirinya suka ngebut di jalan. Dia juga punya koleksi mobil MPV dan SUV Range Rover Evoque. Tapi, untuk supercar, pilihannya justru jatuh ke Porsche Cayman.

Meski demikian, Cynthiara gak menggunakan mobil Porsche miliknya buat ngebut di jalan lho. Kalau mau ngebut, dia justru menyewa Sirkuit Sentul saat weekend.

Hebat juga ya, artis-artis yang gini nih yang patut ditiru. Walau punya mobil sport, doyan ngebut, tapi ngebutnya di sirkuit saja. Alhasil hobi pun tersalurkan dan gak membahayakan lalu lintas.

4. Bella Sophie – Porsche Boxster

Kepemilikan Bella Sophie atas mobil Porsche Boxster sempat menuai perdebatan. Hal itu disebabkan karena Porsche berwarna oranye bernopol B 555 BLA sempat diamankan kepolisian dan ketika dicek, nama pemilik mobil itu adalah William bukan Bella.

Sementara itu, mobil tersebut udah sering banget difoto bersama Bella. Manajer Bella sendiri bersikeras mengatakan bahwa Boxster itu adalah milik Bella.

Setahun setelah itu muncul pula kabar bahwa Bella Sophie terpaksa menjual mobil super miliknya karena kelilit utang. Utang itu adalah milik Suryono, mantan suaminya.

Nah lho yang bener yang mana nih ya? Beneran punya apa cuma minjem untuk kebutuhan fotografi aja nih? Boxster terbaru harganya Rp 3 miliaran lho.

Itulah empat selebriti top tanah air yang dikabarkan memiliki mobil Porsche. Kalau diperhatikan kebanyakan dari mereka punya Porsche Cayman dan hanya satu satu yang punya Boxster.

Tapi, baik Cayman maupun Boxster, harganya sama-sama mahal. Dan tentunya, setara dengan harga satu unit rumah.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.