Pernah Sukses, 5 Seleb Ini Terjerat Utang dan Bangkrut Hingga Meninggal

4 menit
Michael Jackson salah seorang selebriti dunia yang terjerat utang (Shutterstock)

Gak semua selebriti kaya bisa mempertahankan harta dan popularitasnya. Beberapa di antara mereka justru punya utang yang menumpuk atau bangkrut di akhir hayatnya.

Cerita-cerita mereka tentu sangat miris untuk disimak. Namun, itulah realita hidup di dunia yang harus kamu ketahui.

Gaya hidup dan cara mengelola keuangan akan sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup di masa depan. Seseorang bisa saja hidup kaya raya dalam beberapa tahun, tapi dalam sekejap kekayaan itu bisa lenyap gak berarti.

Berikut, deretan selebriti terkenal di dunia yang akhirnya terjerat utang dan bangkrut di akhir hayatnya. Yuk, simak kisah singkat mereka di sini:

1. Marvin Gaye

Marvin Gaye (Telegraph)
Marvin Gaye (Telegraph)

Penyanyi RNB legendaris Marvin Pentz Gaye, Jr., merupakan salah seorang selebriti top di era 1960-an. Peraih Grammy Award kelahiran 1939 itu tewas ditembak ayahnya sendiri saat dia berusia 44 tahun.

Meski terlihat sukses di belantika musik dunia, Gaye ternyata punya banyak masalah yang cukup serius. Dan, hal itu menyangkut dengan kondisi finansialnya.

Gaya hidupnya gak sehat, dia adalah seorang pecandu narkoba. Royaltinya di dunia musik justru gak pernah dinikmati secara utuh karena harus membagi ke dua istrinya. Belum lagi, dia sempat terjerat masalah pajak yang memaksanya pindah ke Eropa.

Selain itu, Gaye yang bangkrut juga pernah tertangkap media tinggal di sebuah mobil van di Hawaii. Dan, kabarnya, saat dia tewas ditembak ayahnya, dia pun punya utang US$ 9 juta. Miris banget!

Baca juga: Tiga Orang Terkaya Ini Bisa Lunasi Utang Indonesia, Lho!  Siapa Aja?

2. Judy Garland

Judy Garland (judygarlandmuseum.com)
Judy Garland (judygarlandmuseum.com)

Aktris kelahiran 1922 ini sempat jadi primadona saat papa dan mamamu masih muda. Dia memang memulai kariernya di dunia perfilman saat masih kecil.

Banyak film musikal yang dibintanginya. Sekadar diketahui, dia adalah pemeran Dorothy di film “Wizard of Oz”, jadul banget ya!

Karier Garland memang sukses. Sayangnya, dia juga terjerumus obat-obatan terlarang dan masalah keuangan. Rumahnya sempat disita usai Garland tewas akibat overdosis, dan dia meninggalkan utang sebesar US$ 4 juta.

Baca juga: Utang Kartu Kredit Menumpuk? Setop Sementara Waktu dengan Cara Ini

3. Michael Jackson

Michael Jackson (BBC)
Michael Jackson (BBC)

Konon, kabarnya sang Raja Pop ini adalah seorang yang masih menghasilkan uang meski dia sudah tiada. Hal itu disebabkan karena karya musiknya masih diperjual-belikan hingga kini.

Kehidupan asli pria yang satu ini di luar musik memang penuh dengan drama. Dia pun terkenal dengan gaya hidupnya yang ultra mewah!

Ketika Jackson wafat di tahun 2009 karena serangan jantung, bisnis real estatenya juga bangkrut. Sementara itu, Jackson meninggalkan utang sebesar US$ 500 ribu.

Utang itu memang rencananya akan dilunasi dengan penghasilan dari tur musiknya. Tapi, pria berkulit hitam ini justru meninggal dunia.

4. Andy Gibb

Andy Gibb (smoothradio.com)
Andy Gibb (smoothradio.com)

Familiar dengan nama ini? Dia adalah personel termuda grup band rock legendaris The Bee Gees.

Semua tentu tahu bagaimana suksesnya band yang satu ini di belantika musik dunia. Siapa sangka, di balik kesukesan itu Gibb justru jadi pecandu kokain.

Kecanduan itu tanpa disadari telah menggerogoti kesehatan finansial Gibb. Bayangin saja, dalam satu hari biaya yang harus dia keluarkan untuk obat-obatan terlarang itu mencapai US$ 1.000!

Ketika Gibb meninggal dunia di tahun 1988, dia ternyata meninggalkan utang senilai ratusan juta dolar ke manajernya.

5. Bobby Driscoll

Bobby Driscoll (journeysinclassicfilm)
1949, A portrait of American child actor Bobby Driscoll (Photo by Popperfoto/Getty Images)

Nama selebriti jadul satu ini mungkin gak familiar di telingamu. Dan, bisa jadi kamu belum pernah melihatnya.

Sekadar diketahui, dia adalah bocah pengisi suara film Disney “Peter Pan”. Saat kecil, Driscoll sudah berhasil jadi crazy rich di dunia perfilman hingga berhasil meraih Penghargaan Oscar. Namun, kesuksesan itu justru gak berlanjut hingga dewasa.

Driscoll wafat di usia muda, yakni 31 tahun. Ketika menginjak dewasa, dia justru dibui karena menggunakan obat-obatan terlarang.

Setelah keluar dari penjara, Driscoll sudah gak lagi bisa cari uang di dunia akting. Dia pindah ke New York dan mencoba berkarier di dunia teater, namun gagal.

Tepat pada tahun 1968, tiga minggu setelah hari ulang tahunnya Driscoll ditemukan tewas tergeletak dengan dua botol bir kosong. Tidak ada uang sepeser pun yang ditemukan di jenazahnya.

Kabarnya, Bobby meninggal karena gagal jantung akibat obat-obatan terlarang yang dulu dikonsumsinya. Jasadnya disemayamkan di lahan tak bernisan di New York. Kematiannya pun gak digubris sama sekali di media, hingga pada 1972 filmnya dirilis ulang.

Itulah cerita lima seleb terkenal yang pernah hidup kaya, namun wafat dalam keadaan terjerat utang dan bangkrut.

Pelajaran banget buat kita agar tetap bijak secara finansial saat masih produktif. Dan, say no to drugs ya! (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.