Banner ImageBanner Image

Selesai Liburan Jangan Sedih Lihat Rekening Menciut, Pulihkan Keuangan Kamu dengan 5 Tips Ini

4 menit
pulihkan keuangan kamu

Liburan emang satu kata yang menyenangkan buat semua orang, tua atau muda. Sudah bisa terbayang, bermain di pinggir pantai yang indah atau ngetes adrenalin dengan permainan outbond yang bikin jantung rasanya mau copot tapi nagih dan masih banyak lagi.

 

Buat semua orang yang dari Senin – Jumat sudah sibuk dengan rutinitas kerja kudu bin wajib punya penyeimbang hidup loh. Salah satunya dengan liburan itu tadi. Tapi, ya bukan rahasia lagi kalau liburan butuh duit, apalagi buat liburan yang sampai berhari-hari dan jaraknya cukup jauh.

 

[Baca: Budget Keuangan Pribadi untuk Me Time Sebaiknya Berapa Yaaa]

 

 

Selepas menikmati liburan jauh dan berhari-hari di kota atau bahkan negara orang, dompet kamu pasti bakal jadi tipis atau bahkan mungkin langsung kere hehehe.

 

Wajar aja sih, pasti selama liburan ada pengeluaran ekstra yang gak kamu rencanakan. Belum lagi kalau keluarga di rumah dan teman-teman minta oleh-oleh. Nah, ini nih kebiasaan orang Indonesia, selalu minta oleh-oleh sama yang pergi liburan.

 

Gak usah sedih dan menyesal ya karena sudah mengeluarkan banyak duit buat liburan seru kamu. Toh kamu memang berhak untuk senang-senang setelah bekerja keras. Pulang liburan langsung deh semangat buat balik ke rutinitas dan pulihkan tuh keuangan kamu biar bisa rencanain liburan lagi.

 

Simak dulu deh 5 tips buat pulihkan keuangan kamu seusai liburan.

 

1. Mengecek semua pengeluaran selama liburan

Biasanya setelah liburan badan dan pikiran emang jadi lebih segar ya.Tapi gak jarang juga kamu terserang sama yang namanya ‘holiday lag’ alias masih belum rela kalau libur sudah berakhir.

 

pulihkan keuangan kamu

Tung-itung, selesai liburan saatnya kerja keras lagi mbaksis, duh banyak amat nih pengeluaran!

 

 

Ayo, segera kembali ke dunia nyata dan catat semua pengeluaran yang kamu ingat selama liburan. Lebih bagus kalau bisa sedetail mungkin.

 

Ya, gak apa-apa juga sih kalau ada yang sedikit terlewat, namanya juga liburan, gak mau diribetin sama hal-hal lain selain bersenang-senang dan nyantai ya.

 

[Baca: Gaji UMR Bisa Juga Liburan Keliling Dunia Begini Strateginya]

 

 

2. Pulihkan keuangan

Setelah menemukan total pengeluaran saat liburan, coba mulai kembalikan uang sejumlah itu deh. Bisa dengan secara langsung mengambil dari gaji satu bulan atau cicil saja per bulan.

 

Buat target berapa lama uang yang terpakai selama liburan harus sudah kembali dan disiplin sama diri sendiri soal hal yang satu ini.

 

Biar kamu gak bingung dan nantinya bakal terpakai secara gak sengaja, lebih baik dana selama liburan yang sedang berusaha kamu kumpulkan disimpan terpisah.

 

pulihkan keuangan kamu

Biar bisa liburan lagi, nabung lagi deh, mumpung masih muda jangan kurang piknik masbro hehehe

 

 

3. Mengatur prioritas pengeluaran

Setelah liburan gak ada tuh party-party sampai pagi, hangout tiap malam, ngopi-ngopi cantik atau belanja impulsif. Kurangi semua aktivitas hura-hura sampai paling gak kamu bisa mulai nabung lagi untuk mengembalikan pengeluaran liburan tadi.

 

Intinya, hidup hemat kalau kamu benar-benar bertekad untuk bisa memulihkan keadaan keuangan pasca liburan dan nabung buat rencana liburan berikutnya.

 

4. Membatasi penggunaan kartu kredit

Siapa sih yang zaman sekarang gak punya kartu kredit? Si uang plastik ini memang udah jadi andalan banyak orang, terutama dalam transaksi belanja. Nah, kalau kamu juga pengguna kartu kredit, jangan kompromi soal penggunaannya.

 

Ingat tekad kamu untuk memulihkan keuangan setelah liburan. Jadi, tahan dulu deh penggunaan kartu kredit kamu dari yang biasanya. Membatasi diri dalam penggunaan kartu kredit tuh biar kamu gak numpuk utang dan terhindar dari gaya hidup konsumtif.

 

[Baca: Alasan Kenapa Kamu Butuh Kartu Kredit Buat Membantu Keuanganmu]

 

 

5. Cari penghasilan tambahan

Jadi orang tuh harus kreatif bro. Coba deh cari cara buat mendapatkan penghasilan tambahan. Semisal, kamu punya keahlian menulis artikel, nah cari-cari deh tuh freelance nulis.

 

Buat yang cewek-cewek, kalau punya keahlian bikin kue atau puding misalnya, bisa juga terima orderan khusus teman-teman di kantor dan di lingkungan rumah.

 

pulihkan keuangan kamu

Ayo adik-adik dengerin instruksi kakak guru biar pinter hehehe

 

Banyak jalan menuju Roma kalau kamu mau berusaha. Jadi guru privat bahasa inggris saat weekend buat tetangga juga bisa jadi pilihan.

 

Intinya, zaman sekarang mau cari penghasilan tambahan tuh tergantung kita niat atau gak. Lumayan kan bisa nambahin tabungan. Jadi jumlah tabungan gak segitu-gitu aja dan rencana untuk bisa liburan lagi makin memungkinkan.

 

So, gimana? Udah gak bete dan galau lagi dong saat rekening menciut gara-gara liburan. Liburan memang identik dengan hal-hal menyenangkan. Tapi, kalau gak mau keuangan jadi kacau setelah usai liburan coba rencanakan lebih baik lagi liburan kamu berikutnya.

 

Disiplin sama pengeluaran saat liburan memang sulit ya, karena hati lagi happy dan maunya tuh bebas lepas, suka-suka hati ngelakuin apa aja. Sadar diri aja kalau emang habis-habisan pas liburan, langsung deh tata ulang keuangan kamu.

 

Ingat ya, ada saat bekerja dan ada saatnya bersenang-senang. Biar hidup seimbang, gak berat sebelah. Jangan kerja melulu lah, nanti stress mbaksis, masbro!

 

[Baca: Utang Kredit Tanpa Agunan KTA untuk Liburan Bijakkah]  

 

pulihkan keuangan kamu

Asyik liburan teruussss, eits jangan keseringan nanti amsyong bro hahaha

 

 

Sebaliknya, jangan kebanyakan liburan juga, kecuali kamu punya sumber uang yang mengalir terus macam perusahaan air. Atur baik-baik deh hidup kamu, biar ke depannya bisa jadi orang yang mandiri secara finansial. Liburan lagi nyok!

 

 

 

Image Credit:

  • http://4.bp.blogspot.com/-dqzX14B-YIk/VnAs_OXGUOI/AAAAAAAAAbI/5tvkUtOteGg/s1600/mencatat%2Bdisaat%2Bberpergian.jpg
  • http://www.maestrotourtravel.com/images/news/62147163053_nabung5.jpg
  • http://lesprivatsurabaya.net/wp-content/uploads/2015/03/belajar3.jpg
  • http://www.cosmogirl.co.id/gallery/timthumb/timthumb.php?src=http://cosmogirl.co.id/gallery/teaser/9a6393ac2abe7a55ff33e1d596538cc0.jpg&h=430&w=640&a=t

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan