Hati-hati! Selfie dekat Bandara Ini Bisa Terancam Hukuman Mati

2 menit
bandara phuket
Orang-orang berfoto di pantai dekat bandara. (Shutterstock)

Pantai di dekat Bandara Phuket terkenal banget sebagai spot swafoto alias selfie. Lokasi itu tepatnya di pantai Mai Khao Beach.

Pantai Mai Khao Beach ini letaknya persis di sebelah bandara. Salah satu momen yang paling tepat untuk mengambil swafoto adalah ketika pesawat hendak mendarat. Kalau kamu handal kamu bisa mengambil foto dengan latar pasir putih, laut, dan pesawat yang tengah mendarat dalam satu frame.

Hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Para turis berbondong-bondong mengunjungi pantai ini untuk merasakan sensasi berswafoto pada momen tersebut. Namun, siapa sangka, apa yang mereka lakukan dapat mengganggu penerbangan pesawat.

Baca juga: Dijamin Gak Bikin Kantong Jebol! Ini 5 Spot Wisata Murah di Thailand

Zona eksklusif sepanjang 9 km di pantai Bandara Phuket

bandara phuket
Orang-orang berfoto di pantai dekat bandara. (Shutterstock)

Pemerintah dan otoritas Bandara Phuket sendiri telah memberikan garis zona steril sepanjang 9 km di kawasan pantai. Larangan swafoto tersebut dibuat agar tidak mengganggu konsentrasi pilot saat lepas landas atau mendarat.

Karena terkadang, aksi selfie pengunjung itu juga bisa dilakukan pada malam hari. Nah kebanyakan dari mereka kadang suka pakai drone atau flash. Jelas hal tersebut sangat mengganggu konsentrasi pilot dan menimbulkan potensi kecelakaan. Kan gak lucu, cuma gara-gara cahaya flash orang selfie, satu pesawat kecelakaan dan membahayakan nyawa ratusan penumpang di dalamnya.

Sayangnya, meski peraturan itu dibuat ternyata masih banyak yang bandel nih. Dengan nekat mereka mengambil foto di area terlarang tersebut. Kenapa bisa begitu? Karena memang gak ada pembatas yang jelas di pantai itu, kemudian, para turis juga beranggapan pantai bukan merupakan bagian dari Bandara Phuket. Lagipula, akses menuju ke pantai sangat mudah untuk dijangkau oleh siapa saja.

Baca juga: Jadi Raja Terkaya Sejagat, Daftar Harta Raja Thailand Ini Bikin Silau

Hukuman penjara hingga hukuman mati bagi pelanggar

bandara phuket
Orang-orang berfoto di pantai dekat bandara. (Shutterstock)

Dikutip dari AsiaOne, pemerintah Thailand sebenarnya sudah menerapkan hukuman yang mengerikan. Di antaranya, denda, penjara 5 tahun, sampai penjara seumur hidup. Yang terbaru, sebagaimana dikutip dari Bangkok Post, kepala bandara Phuket Wichit Kaeothaitiam mengatakan hukuman maksimum buat pelanggar yang terbukti menyebabkan gangguan kepada penerbangan dan pilot adalah hukuman mati.

Sebenarnya, pelarangan selfie di Bandara Phuket juga dibuat untuk melindungi keselamatan para turis. Bagaimana kalau pesawat tersebut mendarat darurat sehingga jatuh sebelum mencapai landasan, bisa kelindes itu turis. Kemudian suara mesin jet yang dihasilkan oleh pesawat juga sangat berbahaya bagi pendengaran. Berada terlalu dekat bisa bikin gendang telinga terganggu bahkan lebih parah lagi bisa tuli. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan