5 Cara Ini Bisa Kobarkan Semangat Kerjamu Usai Libur Panjang Lebaran

4 menit
Libur lebaran 2019
Kembali semangat kerja usai libur lebaran 2019 (Shutterstock)

Libur Lebaran 2019 telah usai, semua pekerja telah kembali beraktivitas seperti biasa, mengerjakan tugas-tugas yang telah ditinggal selama seminggu penuh.

Libur panjang tentu bagi sebagian orang memberi penyegaran pikiran, sehingga dapat kembali bekerja dengan bugar. Tapi, kenyataannya, banyak juga para pekerja yang malas bekerja setelah dimanjakan usai libur panjang.

Rasanya malas banget untuk bertemu dengan hari Senin atau hari-hari berikutnya setelah seminggu lebih liburan.

Jika rutinitas kita selama liburan hanya bersenang-senang dan berkumpul bersama keluarga, mau gak mau hari ini kita harus kembali menghadapi pekerjaan yang menyebalkan.

Mau memulai mengerjakan tugas-tugas, bingung memulai dari mana, serasa gak ada tenaga dan gairah untuk bekerja.

Hal tersebut tentu juga wajar saja terjadi, tapi jangan sampai terlalu lama terjebak di rasa malas itu. Bagaimanapun juga, kamu harus bisa menyelesaikan tanggung jawabmu sebagai pekerja.

Gak cuma para pekerja biasa kok, para pengusaha sukses sekalipun mungkin merasakan hal sama. Lalu, bagaimana cara mengembalikan semangat usai libur Lebaran 2019?

Yuk, simak pemaparannya seperti diansir dari inc.com:

1. Jangan langsung kerja, santai sejenak satu atau dua jam setibanya di kantor

libur lebaran 2019
Santai sejenak saat masuk kerja usai libur lebaran 2019 (Shutterstock)

Libur Lebaran 2019 ini cukup lama, seminggu lebih jika dihitung dari tanggal 30 Mei. Libur yang begitu panjang bisa membuat alur pekerjaan yang selama ini kamu kerjakan berantakan.

Cara termudah, setibanya di kantor coba untuk santai satu jam sampai dua jam untuk menyelaraskan segalanya, bisa dibilang sebagai masa adaptasi dari libur panjang ke hari-hari kerja.

Kalau mau lebih efisien sih saat bersantai, sambil memikirkan apa yang bakal kamu kerjakan selanjutnya. Tapi ini mungkin bakal lebih menguras tenagamu untuk berpikir, lebih baik sih direncanakan malam harinya sebelum kerja.

Baca juga: Kata-Kata Motivasi CEO Terbaik Dunia Ini Kobarkan Semangat Bekerja yang Padam

2. Merencanakan apa yang mau dikerjakan saat malam hari sebelum tidur

libur lebaran 2019
Rencanakan apa yang mau dikerjakan usai libur lebaran 2019 (Shutterstock)

Inilah salah satu cara paling efektif mengembalikan semangat kerja atau menemukan ritme kerja usai libur lebaran 2019, yaitu dengan merencanakan segala kegiatanmu di malam hari sebelum tidur.

Luangkan waktu kurang lebih 15 menit untuk menyusun daftar tugas atau kerjaan apa yang mau kamu selesaikan dan kerjakan esok paginya. Coba telusuri tugas-tugas atau PR yang mungkin belum sempat kamu selesaikan saat liburan.

Jangan pula mengingat kembali deadline yang harus dituntaskan di hari-hari pertama kerja usai liburan panjang.

Membuat rencana kegiatan di malam hari tentu lebih efektif ketimbang menyusunnya di pagi hari. Karena bisa lebih banyak menghemat pikiranmu saat sedang menjalani aktivitas kerja.

3. Membersihkan meja kerja

libur lebaran 2019
Bersihkan meja kerja usai libur lebaran 2019 (Shutterstock)

Saat libur lebaran 2019, semua pegawai kantoran, termasuk mereka yang bekerja di bagian kebersihan pasti diliburkan. Karena itu, wajar saja ketika kamu balik ke kantor dan mendapati meja kamu penuh dengan debu.

Gak ada salahnya meluangkan waktumu sedikit untuk membersihkan meja agar lebih nyaman saat bekerja.

Kemudian jangan lupa juga untuk memperhatikan tumpukan dokumen di meja kamu. Pilah-pilah mana yang harus segera dikerjakan secepatnya.

Cek juga inbox di email yang sudah mengantre untuk kamu baca satu per satu, urutkan dari yang terpenting sampai yang gak terlalu urgent.

Ketika meja bersih dan kerjaan lebih terorganisir, dijamin kamu jadi bakal lebih semangat kerja deh!

4. Menyapa rekan kantor

libur lebaran 2019
Menyapa rekan kantor usai libur lebaran 2019 (Shutterstock)

Libur Lebaran 2019 merupakan momen tepat untuk saling bermaaf-maafan. Sebelum kembali ke meja kerja, coba halal bihalal dulu sama teman-teman kantor. Bicarakan tentang pengalaman berlibur kamu dan tanyakan tentang pengalaman mereka.

Biasanya sih, lama-lama perbincangan akan bergeser ke urusan pekerjaan, yang artinya sangat bagus buat mengebalikkan ritme kerjamu.

Jadi, gak cuma memberikan efek rileks saja, tetapi juga membuat kamu kembali fokus ke pekerjaan-pekerjaan yang telah ditinggalkan.

5. Memiliki target baru saat kembali bekerja

libur lebaran 2019
Miliki target baru saat kembali kerja usai libur lebaran 2019 (Shutterstock)

Sebelum libur Lebaran, mungkin kamu punya target-target yang telah berhasil dicapai dalam hal pekerjaan.

Untuk lebih memotivasi kamu dalam bekerja usai libur panjang, coba tentukan target-target baru yang lebih menantang, misal mendapatkan klien dengan nilai kesepakatan lebih besar dari kemarin.

Bisa juga menentukan strategi-strategi baru meningkatkan kemajuan perusahaan.

Masuk kerja usai libur panjang memang menyebalkan, tapi mau gimana lagi, sebagai pekerja kita harus dituntut untuk profesional. Ada kalanya bersenang-senang, tapi ada kalanya bersusah payah.

Semoga saja, lima tips di atas bisa membantu mengebalikan moodmu usai libur Lebaran 2019. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan