Disita Polisi Sebelum 22 Mei, Ini Keunggulan M4 Carbine yang Bernilai Rp 10 Juta

3 menit
m4 carbine
Prajurit AS menggunakan M4 Carbine di Baghdad, Irak. (Wikimedia Commons)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada Rabu, 22 Mei 2019, menunjukkan senjata-senjata ilegal yang rencananya akan digunakan pada aksi 22 Mei. Mengutip dari Suara, salah satu senjata ilegal yang disita tersebut berjenis senjata serbu M4 Carbine.

Senjata serbu tersebut disita sehari sebelumnya sejak ditangkapnya Mayjen purnawirawan Soenarko. Mantan Danjen Kopassus diciduk atas keterlibatannya mendatangkan senjata itu ke Indonesia.

Menurut Kapolri, senjata M4 Carbine yang jadi sitaan tersebut telah dilengkapi peredam sehingga mustahil terdengar letusannya saat digunakan. Kata Pak Tito nih, senjata perang ini bakal dipakai buat memicu huru-hara sehingga masyarakat jadi antipati pada Pemerintah.

Untung aja ya Polisi dan TNI sigap mengamankan situasi sehingga rencana teror tersebut gagal terjadi. Menariknya nih, senjata serbu ini lebih dari senjata serbu biasa lho. Masih ada keunggulan-keunggulan lain dari senjata yang nilainya bisa capai puluhan juta rupiah ini.

Pengin tahu lebih lanjut tentang M4 Carbine? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Punya Gudang Senjata! Begini Penampakan Rumah “Ariel KW”

M4 Carbine, senjata serbu bernilai Rp 10 juta yang biasa dipakai militer Amerika Serikat

m4 carbine
Seorang tentara membidikkan M4. (Pixabay)

Kalau kamu tahu senjata M16 Rifle, sekilas M4 Carbine memiliki kemiripan dengan senjata serbu tersebut. Rupanya senjata M4 Carbine adalah versi M16 yang lebih pendek dan lebih ringan.

Karena ukurannya yang lebih pendek, jarak tempuh proyektil yang ditembakan dari M4 ini masih kalah jauh dengan M16. Senjata ini di negara asalnya Amerika Serikat digunakan Angkatan Darat dan Korps Marinir Amerika Serikat sebagai ganti M16.

Senjata ini mulai diproduksi tahun 1993. Di Amerika Serikat, senjata serbu dibuat beberapa pabrikan senjata, mulai dari Colt’s Manufacturing Company, Lewis Machine and Tool Company, Bushmaster Firearms International, U.S. Ordnance, Remington Arms, hingga Daniel Defense.

Di luar Amerika Serikat cukup banyak pabrikan senjata yang produksi senjata ini. Sebut aja Colt Canada di Kanada, Lithgow Small Arms Factory di Australia, Forjas Taurus di Brazil, FN Herstal di Belgia, SME Ordnance di Malaysia, Sarsilmaz Firearms Corp. di Turki, hingga Caracal International di Uni Emirat Arab.

Infonya, senjata ini telah dipakai di berbagai medan perang. Seperti yang diungkap Wikipedia, senjata serbu ini pernah dipakai di Konflik Bersenjata Kolombia, Konflik Moro, Perang saudara di Burundi, Perang Kosovo, Perang Afghanistan (2001 – ), Perang Irak, hingga Perang saudara di Suriah.

Baca juga: Gak Nyangka! Harga 7 Senjata Tajam Ini Mahal Banget, Tembus Ratusan Miliar

Ini spesifikasi dari M4 Carbine

m4 carbine
M4. (Wikimedia Commons)

Dengan ongkos pembuatan sebesar Rp 10 juta, apa aja spesifikasi yang dimiliki senjata serbu M4 Carbine? Berikut ini spesifikasinya seperti dikutip dari Military.com.

  • Berat: 2,88 kg
  • Panjang: 84 cm
  • Panjang barel: 36,83 cm
  • Kaliber: 5, 56 x 45 mm
  • Rate of fire: maksimal 950 rpm
  • Kecepatan peluru (muzzle velocity): 883,92 meter per detik
  • Jarak maksimal: 600 meter

Baca juga: Ada yang Penjualannya Rp 637 Triliun, Ini 10 Produsen Senjata Terbesar Sejagat

Ini lho keunggulan-keunggulan lainnya dari M4 Carbine

m4 carbine
Beberapa tentara menggunakan M4. (Pixabay)

Selain bisa dipasangi peredam, ada keunggulan-keunggulan lain dari senjata serbu M4 Carbine. Apa aja? Berikut ini sejumlah keunggulannya.

  • Senjata ini mempunyai mode semi otomatis. Senjata ini dilaporkan mampu menembakan tiga peluru sekaligus sekali tembak.
  • Walaupun gak punya pisir atau bidikan, senjata ini bisa dipasangi teleskop layaknya senjata sniper.
  • Senjata yang udah memenuhi standar NATO ini juga dilengkapi pendingin. Dengan begitu, panas yang dihasilkan senjata ini bisa diminimalkan.
  • Cocok digunakan buat pertempuran jarak dekat ataupun melakukan operasi khusus. Apalagi senjata ini memiliki akurasi dan kinerja yang baik.
  • Senjata ini juga telah dilengkapi night-vision, laser sight, dan bipod.

Nah, itu tadi senjata M4 Carbine yang hampir aja digunakan pada aksi 22 Mei. Gak kebayang deh, gimana jadinya kalau Polisi dan TNI gak gerak cepat buat mengamankan pelaku yang memiliki senjata itu secara ilegal.

Semoga aja kondisi tetap aman selalu deh dan semuanya bisa berpuasa serta menyambut hari raya Idul Fitri dengan tenang! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!