7 Sepatu Lokal Murah Meriah Berkualitas Internasional, Ada yang Jadi Andalannya Jokowi!

4 menit
sepatu lokal
Wakai salah satu sepatu lokal berkualitas internasional (Instagram/@wakaiindonesia)

Produk sepatu lokal atau buatan dalam negeri gak kalah apik dengan brand-brand impor. Dari segi inovasi dan kualitas bisa lah disejajarkan. 

Kalau soal bikin sepatu, sebenarnya Indonesia termasuk juaranya. Banyak produk-produk internasional yang ternyata buatan sini. Sayangnya, kita cuma bertugas sebagai pembuatnya saja, yang jual dengan harga mahal mah tetap saja si pemilik merek. 

Coba saja kamu lihat produk Nike atau Adidas yang harganya jutaan, pasti ada yang made in Indonesia.

Menanggapi keprihatinan itu, banyak anak bangsa lebih memilih mengembangkan sepatu dengan brand-nya sendiri. Bahkan, beberapa di antaranya sukses menembus pasar anak-anak muda.

Brand sepatu lokal apa saja sih yang lagi ngetren dan tentunya dengan harga kekinian? Berikut, rangkumannya. 

1. Sepatu Compas

sepatu lokal
Sepatu lokal (Instagram/@sepatucompass)

Belakangan, sepatu lokal bermerek Compass tengah naik daun. Padahal, sepatu asal Bandung ini telah didirikan sejak tahun 1998 lalu. Sayangnya, bisnis ini sempat mengalami penurunan jumlah pembeli atau bisa dikatakan mengalami kebuntuan selama bertahun-tahun.  

Tapi, mereka berhasil keluar dari masalah tersebut, dan melakukan rebranding beberapa tahun belakangan. 

Salah satu strateginya dengan mengeluarkan sepatu bermodel sneakers klasik seperti Vans dan Converse yang diberi nama Compass Gazelle. Tipe ini berhasil meraup antusiasme anak muda. 

Puncaknya kesuksesan mereka terakhir adalah berhasil menjual ludes 100 pasang sepatu salah satu produknya hanya dalam waktu 1,5 jam. 

Sepatu tersebut merupakan produk limited hasil kolaborasi dengan influencer Brian Notodiharjo. Sepatu tersebut dibanderol cukup murah yaitu Rp 395.000 saja. Tenang, meski murah, kualitasnya gak murahan kok

Baca juga: 5 Brand Tas Gunung Buatan Lokal yang Berkualitas dan Murah!

2. Brodo

sepatu lokal
Sepatu lokal (Instagram/@bro.do)

Brodo menjadi salah satu penggebrak sepatu kulit formal produkan lokal. Bagaimana tidak, meski secara look kayak sepatu mahalan, tetapi harganya sangat terjangkau. Ternyata memang inilah yang menjadi fokus perhatian pendirinya, Yukka Harlanda. 

Didirikan di Bandung, pada tahun 2010, Brodo memiliki tujuan untuk menyediakan sepatu formal cowok yang mewah, tapi harganya gak bikin kantong jebol! Harganya dibanderol mulai dari Rp 400 ribuan sampai paling mahal Rp 800 ribuan. 

3. Wakai

sepatu lokal
Sepatu lokal (Instagram/@wakaiindonesia)

Siapa sangka kalau Wakai merupakan merek asli dalam negeri. Maklum saja, dari gerai yang mereka punya di mal-mal semuanya didesain dengan aksen Jepang. Wajar saja kalau disangka berasal dari Negeri Sakura. 

Wakai ini terkenal banget sama sepatu-sepatu slip on-nya. Mereka juga menyediakan dengan berbagai macam model dan warna. Keragaman produk dan inovasi inilah yang membuat mereka tetap dicintai oleh pembelinya. 

Saking suksesnya, sudah banyak orang-orang gak bertanggung jawab memproduksi versi KWnya. Padahal kalau yang asli saja harganya sudah sangat terjangkau, sekitar Rp 300 ribuan sampai Rp 700 ribuan. 

4. Exodos 57

sepatu lokal
Sepatu lokal (Instagram/@exodos57)

Siapa bilang sepatu kulit sapi asli bagusan produk luar? Sepatu lokal juga bisa kok bikin produk kulit bagus. Salah satunya pemainnya adalah Exodos 57. 

Sejak 2017 Exodos 57 selalu mengeluarkan produk-produk sepatu boots kulit dengan kualitas terbaik dan desain yang unik. 

Setiap produknya memiliki kualitas terbaik karena dibuat secara manual. Tokoh-tokoh penting di Indonesia pernah kedapatan mengenakan sepatu ini, seperti Jokowi dan Ridwan Kamil. 

Meski terbuat dari kulit asli, harganya terbilang murah, cuma Rp 300 ribuan sampai Rp 1 jutaan, tergantung dari model yang kamu pilih. 

5. Saint Barkley

sepatu lokal
Sepatu lokal (Instagram/@saintbarkley)

Brand yang berdiri di Bandung sejak tahun 2012 ini juga menawarkan beragam sepatu sneakers yang apik. 

Mereka memiliki desain kasual layaknya brand luar seperti Vans, Converse, maupun NB. Sepatu kece, kekinian, dan berkualitas ini bisa kamu bawa pulang seharga Rp 300-400 ribuan. Presiden Jokowi juga pernah beli sepatu Saint Barkley lho

6. Nah Project

sepatu lokal
Sepatu lokal (Instagram/@nah.project)

Sneakers dengan sol karet tinggi memang lagi digandrungi anak muda di Indonesia. Tapi rata-rata mereka menggunakan yang brand luar seperti New Balance, Adidas, dan Nike. 

Padahal, ada produk sepatu lokal yang memiliki model dan kualitas yang gak kalah bagus dengna merek luar, yaitu Nah Project. Kenyamanan dan kualitasnya sangat cocok dengan kaki orang Indonesia. 

Terlebih lagi, harganya yang murah bikin banyak diserbu orang. Salah satu produk mereka bahkan menjadi sepatu andalannya Presiden Jokowi. Harganya berkisar dari Rp 400-500 ribuan. 

7. Word Division 

sepatu lokal
Sepatu lokal (Instagram/@word_divisioninc)

Kamu penggemar Vans Oldskool? Gak ada salahnya untuk memboyong sepatu lokal merek Word Division. 

Sepatu yang diproduksi di Cibaduyut ini memiliki model dan kualitas yang sama persis dengan Vans. Tapi, soal harga Word Division lebih mudah dijangkau yaitu sekitar Rp 400 ribu.

Itulah tujuh produk sepatu lokal yang memiliki kualitas dan model seperti brand luar. Keunggulannya adalah harganya yang jauh lebih murah. Memungkinkan siapa saja dari kalangan manapun untuk bergaya tanpa bikin kantong jebol! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.