“Game of Thrones” Habiskan Rp 1,2 Triliun, Ini 5 Serial TV dengan Biaya Produksi Termahal

3 menit
“Game of Thrones” Habiskan Rp 1,2 Triliun, Ini 5 Serial TV dengan Biaya Produksi Termahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa yang gak tahu dengan serial tv “Game of Thrones”? Menjelang penayangan perdana musim terakhirnya, ternyata biaya yang dibutuhkan buat produksi mencapai Rp 1,2 triliun. Bahkan, ada juga lho serial tv yang banyak menghabiskan banyak uang saat penggarapannya.

Perkembangan dunia hiburan Hollywood emang gak ada habisnya. Apalagi saat ini yang namanya serial banyak penggemarnya lho.

Nah, biaya yang dikeluarkan juga gak sedikit buat proses penggarapan serial televisi, beberapa di antaranya udah menggunakan teknologi CGI (red: computer-generated imagery) terkini agar gambar yang dihasilkan mampu memukau para penontonnya. Bisa dikatakan “Game of Thrones” merupakan salah satu yang memanfaatkan teknologi tersebut. Pasti banyak banget nih pembaca MoneySmart.id yag penggemar serial “Game of Thrones”.

Bersama “Game of Thrones”, terdapat 4 serial tv lainnya yang mengeluarkan bujet produksi termahal di dunia. Gak suah berlama-lama lagi langsung aja simak ulasannya di bawah ini yuk:

Baca juga: Ada yang Dibayar Rp 2,3 Triliun, Ini 5 Artis Hollywood Termahal Sepanjang Masa

1. “Game of Thrones”-Rp 200 miliar

Serial tv
“Game of Thrones” salah satu serial yang biaya produksi termahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari Mental Floss, berlatar belakang tempat yang sangat eksotis, naga dengan postur tubuh gagah serta deretan aktor serta aktris papan atas Amerika Serikat membuat ketenaran “Game of Thrones” melejit semenjak pertama kali rilis pada April 2011 silam.

Di musim terakhirnya yang bakal tayang pada 14 April 2019, biaya produksi “Game of Thrones” mencapai Rp 200 miliar per episodenya. Dari tim produksinya pun udah mengkonfirmasi bahwa bakal  ada 6 episode di musim 8 nanti. Jadi kalau dijumlahkan total biaya syutingnya mencapai Rp 1,2 triliun. Mahal banget ya!

Baca juga: Top! 4 Artis Papan Atas Tanah Air Ini Sukses Menjadi CEO Perusahaan

2. “The Crown”-Rp 180 miliar

Serial tv
“The Crown” salah satu serial televisi yang menghabiskan banyak bujet, (Instagram/@thecrownnetflix).

Untuk memperluas genre serial tv miliknya, Netflix menghadirkan sebuah tontonan yang berlatar cerita mengenai kehidupan Ratu Ealizabeth II berjudul “The Crown”. Drama yang satu ini menghadirkan aktris Claire Foy sebagai pemeran utamanya.

Salah satu kesulitan dalam memproduksinya ialah pengelolaan  gambar agar wajah sang Ratu mirip dengan yang aslinya. Setiap episode membutuhkan sedikitnya sekitar Rp 180 miliar. Sedikit di bawah “Game of Thrones” sejumlah Rp 20 miliar aja.

Baca juga: Dijual Rp 1,9 Triliun, Begini Tempat Bulan Madu John F. Kennedy dan Istri

3. “ER”-Rp 180 miliar

Serial tv
“ER” salah satu serial televisi yang pernah sukses di era-nya, (IMdB).

“ER” merupakan sebuah serial tv yang pertama kali muncul di tahun 1994 dan telah berakhir 2009 lalu. Serial ini mengisahkan kehidupan profesi paramedis dalam menangani pasien di rumah sakit dan dibumbui kisah percintaan, sedikit anti-mainstream emang dibandingkan genre lainnya.

Setiap episodenya minimal acara ini membutuhkan sekitar Rp 180 miliar. Cukup mengejutkan untuk biaya syuting di tahun yang terbilang lampau tersebut.

4. “Band of Brothers”-Rp 176 miliar

Serial tv
“Band of Brothers” salah satu serial yang menghabiskan banyak uang, (IMdB).

“Band of Brothers” merupakan serial televisi yang menceritakan tentang satuan angkatan perang Amerika Serikat di medan Perang Dunia II bernama Easy Company. Steven Allan Spielberg alias Steven Spielberg dan Tom Hanks, dua nama di balik kesuksesan serial ini.

Untuk satu episodenya, “Band of Brothers” mengeluarkan uang sampai Rp 176 miliar menjadikannya paling mahal nomor 4.

5. “The Get Down”-Rp 155 miliar

Serial tv
“The Get Down” salah satu serial yang cukup banyak habiskan biaya produksi di eranya, (IMdB).

Lagi-lagi Netflix menyusupkan salah satu hasil produksi serial tv di deretan dengan biaya syuting termahal di dunia. Kali ini bernama “The Get Down” yang mengambil latar belakang cerita di tahun 1970-an, ketika anak-anak muda saat itu menggandrungi jenis musik hip-hop serta disko.

Per episodenya mereka membutuhkan bujet sekitar Rp 155 miliar. Sayangnya seri ini gak lagi dilanjutkan  tanpa alasan yang pasti dari Netflix.

Nah, dari kelima daftar serial tv dengan biaya produksi termahal di atas, mana yang kamu pernah nonton? Atau kamu justru baru tertarik menonton salah satunya? Mending coba semuanya deh, karena masing-masing punya keseruannya tersendiri. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan