Sering Bawa Mobil? Berikut 6 Tips Hemat BBM Ala DuitPintar

3 menit
Sering Bawa Mobil

Sering bawa mobil karena lokasi kantor sulit dijangkau? Jangan khawatir bokek karena harus nyetir setiap hari.

Mungkin naik kendaraan umum atau motor bisa jadi solusi. Tapi kalau lokasi kantormu gak strategis, apa daya. Apalagi kalau harus menempuh jalan tol. Ujung-ujungnya harus bawa mobil juga, kan.

Buat kamu yang mengalami hal ini, kami punya solusinya. Simak dulu nih 6 tips hemat BBM ala DuitPintar:

1. Jadwalkan perjalananmu selama sepekan

Di hari Minggu, ada baiknya kamu susun jadwal untuk bepergian pada pekan depan. Senin sampai Jumat mungkin kamu pergi ke kantor. Bila ada rencana meeting di luar kantor, jadwalkan juga.

Sering Bawa Mobil
Biar semua serba teratur, buat jadwal perjalanan selama sepekan (buat jadwal/ Home forth)

Berlaku pula untuk weekend. Catat saja ke mana kamu akan pergi saat akhir pekan. Buat semuanya terjadwal dan terorganisir dengan baik sehingga kamu tahu, dalam sepekan berapa KM mobilmu akan beroperasi.

2. Isi bensin sesuai dengan rencana perjalanan

Setelah jadwal perjalananmu dalam sepekan tercatat dengan baik, isi bensinmu di hari Senin pagi sesuai kebutuhan. Catat baik-baik, gak perlu isi penuh jika memang gak dibutuhkan.

Misalkan dalam sepekan kamu hanya akan menempuh perjalanan 185 KM dan itu cukup dengan 12 liter BBM, buat apa diisi penuh? Isi seperlunya saja.

Ini berguna supaya kamu lebih disiplin dalam menggunakan kendaraan. Ikuti jadwal perjalanan yang sudah dibuat dan isi bensin sesuai dengan kebutuhan itu. Dengan demikian, ketika kamu diajak nongkrong atau meeting di luar kantor yang tidak ada dalam agenda sepekan, kamu bisa pakai angkutan umum saja. Bensin pun menjadi lebih irit.

3. Berangkat pagi

Usahakan untuk berangkat lebih pagi guna menghindari kemacetan. Kalau memang jalanan masih sepi dan gak perlu lewat tol, kamu bisa lebih ngirit.

Memacu mobil dalam keadaan konstan 60 km per jam jauh lebih irit ketimbang pelan-pelan tapi start-stop. Mungkin tantangannya ya harus bangun pagi. Tapi gak apa-apa dong, bangun pagi justru bikin kamu makin sehat.

4. Pakai kartu kredit ketika beli BBM

Sering Bawa Mobil
Manfaatin promo cash back BBM yang ada di kartu kredit (Bayar BBM dengan kartu kredit/Tribun Makassar)

Bukan berarti maksudnya biar bisa ngutang beli BBM-nya lho. Tapi lebih kepada memanfaatkan promo yang ada di kartu kredit.

Sebagai contoh, dengan menggunakan kartu kredit Citi Cash Back Card, kamu bisa dapat bonus cashback hingga 5 persen untuk setiap pembelian BBM. Untung kan karena ada potongannya?

Coba cek informasi tentang kartu kredit cashback BBM terbaik lewat situs komparasi. Dan kamu juga bisa langsung mengajukannya dengan cara online. Gak perlu ribet-ribet ke bank pastinya.

5. Pantau Google Maps atau Waze sebelum pulang kantor

Dua aplikasi ini wajib ada di hp-mu ya. Jangan lupa untuk selalu pantau situasi kemacetan di jam pulang kantor lewat dua aplikasi tersebut.

Kalau rute di peta masih berwarna merah, tunda keinginanmu untuk pulang kantor. Stay saja di kantor sambil nonton Youtube atau streaming. Atau mungkin bisa juga nyicil selesaikan kerjaan, agar beban kerjamu esok hari gak terlalu berat.

Gak ada salahnya pulang agak malam demi jalanan yang lancar. Karena kalau macet-macetan di jalan, yang ada boros BBM kan.

6. Ada rencana visit client di siang hari? Jangan bawa mobil

Mau visit client siang hari? Gak usah bawa mobil, parkirin aja di kantor (ojek online/rescueperindo)

Manfaatkan jasa ojek online atau angkutan umum jika kamu berencana untuk menjumpai klien di siang hari dan harus kembali lagi ke kantor. Sebaiknya mobilmu ditinggal di kantor saja.

Jika kamu bolak-balik bawa mobil pribadi, rugi bensin dan belum lagi harus bayar parkir. Kecuali kamu mau langsung pulang, terpaksalah harus membawa mobil ke tempat klien.

Pada dasarnya, gak salah untuk bawa mobil setiap hari asal kamu tahu aturannya. Bawa mobil jelas lebih aman dan nyaman, namun risikonya ya biaya BBM jelas gak murah.

Pokoknya, selalu ingat dengan 6 tips ini sebelum kamu memulai aktivitasmu di awal pekan. Selamat mencoba ya!

 

sering bawa mobil

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Sering Keluar Kota Pakai Mobil Pribadi? Begini Caranya Melindungi Diri]

[Baca: Pilih Asuransi Mobil Terbaik Ini untuk Mobil Kesayanganmu]

[Baca: Gaji di Bawah Dua Digit Jangan Jiper Mau Kredit Mobil, Coba Cara Ini Nih]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan