Sering Hambur-Hamburkan Uang Gak Jelas, Terapkan 5 Mindset Ini Agar Bisa Hidup Hemat

3 menit
Hidup hemat jauh lebih sehat ketimbang boros (Ilustrasi).

Hidup hemat saat merupakan angan-angan yang sulit diwujudkan. Kenapa? Terkadang, buruknya perencanaan keuangan membuat hidup kamu menjadi boros. Entah tergiur pada diskon, atau tak disiplin terhadap perencanaan yang telah dibuat.

Kalau ini terus dibiarkan, kamu tentu akan merugi. Keuangan menjadi tidak sehat, kamu juga tidak bisa menabung atau investasi. Ujung-ujungnya, kamu bakalan jatuh miskin jika hal ini terjadi berlarut-larut.

Agar keuangan kamu lebih baik, menjadi pribadi yang mempunyai mindset untuk tidak boros terhadap uang perlu diterapkan sejak dini. Apa saja mindset yang perlu kamu terapkan agar bisa hidup hemat? Yuk simak di bawah ini!

1. Hidup sesuai kemampuan dan kebutuhan

Hidup sederhana (Ilustrasi)

Melihat hidup orang lain bergelimang harta memang selalu bikin iri. Kamu bisa seperti itu, asal mulai saat ini membiasakan diri untuk hidup sesuai kemampuan dan kebutuhan. Jangan melenceng dari perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.

Kalau kamu merasa belum perlu memiliki kendaraan roda empat seperti mobil, motor pun tak jadi masalah kan? Selama kendaraan roda dua tersebut bisa menjadi kaki kamu untuk mengantar ke kantor dan mencari uang lainnya. Kalau berfikir seperti ini, kamu sudah bisa dijauhkan dari kata boros.

2. Saldo yang gemuk jauh lebih baik daripada memamerkan barang di medsos

Tabungan (Ilustrasi by Shutterstock).

Terkadang, kamu merasa ingin membeli sesuatu yang sedang tren karena ingin dipamerkan ke media sosial. Atau merasa tak ingin kalah dari tetangga sebelah rumah, kamu membeli barang yang tidak diperlukan.

Hentikan kebiasaan tersebut jika ingin keuanganmu sehat. Sebaiknya kamu mulai menanamkan mindset untuk tidak terbawa arus selalu ingin memamerkan sesuatu ke orang lain. Percaya deh, saldo yang gemuk lebih baik ketimbang memamerkan barang di medsos tapi ternyata hidup kamu memprihatinkan.

3. Jauhkan rasa ingin mengesankan orang lain

Pamer di Sosmed (Ilustrasi).

Jangan pernah merasa selalu ingin membuat orang terkesan dengan apa yang kamu bawa. Ubah mindset tersebut. Lebih baik hidup sederhana berkecukupan ketimbang terkesan kaya raya tetapi sebetulnya untuk makan saja kamu harus berutang.

4. Tetap hemat, tapi jangan pelit

Berbagi dengan sesama (Ilustrasi).

Meski kamu sedang berhemat, bukan berarti kamu pelit. Berbagi dengan sesama juga diperlukan. Ada pepatah yang mengatakan tangan di bawah jauh lebih baik dari tangan di atas. Kamu gak bakalan miskin kalau berbagi dengan seseorang yang membutuhkan dan hidup jauh di bawah keuanganmu.

5. Hasilkan pemasukan dari barang yang dimiliki

Penulis lepas (ilustrasi).

Kamu punya kendaraan baru, ada baiknya jika digunakan untuk mencari penghasilan tambahan. Atau kamu punya laptop baru, bisa juga digunakan untuk bekerja sebagai penulis lepas. Jangan biarkan barang-barang di dalam rumah menumpuk. Pergunakan mereka sebaik mungkin untuk menambah saldo keuanganmu.

Nah, 5 hal tadi merupakan pola pikir yang perlu kamu tanamkan mulai hari ini. Hal itu berguna untuk menghindari hidup boros dan tak punya tabungan di masa depan. Jadi, jangan lagi hambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang gak perlu yah! (Editor: Winda Destiana).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong