Sering Merasa Gagal Fokus Saat Bekerja, Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kantor

3 menit
Melakukan kesalahan di kantor membuat karier kamu bermasalah (Ilustrasi).

Sering merasa pekerjaan selesai tidak tepat waktu? Wah pasti kamu banyak melakukan hal gak penting di kantor selama jam kerja sehingga pekerjaanmu tidak selesai. Pekerjaan yang tidak diselesaikan tepat waktu bukan hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Apalagi jika pekerjaanmu itu berhubungan dengan kerja tim. gak pengin dong kamu dikucilkan gara-gara gak becus kerja?

Seberat apapun pekerjaanmu, atau kondisi mood hari itu sedang tidak baik, usahakan profesional. Kamu dibayar untuk menyelesaikan pekerjaan, bukan menambahnya. Hindari hal-hal gak penting yang bikin konsentrasi kamu terpecah belah. Berikut beberapa hal yang bikin pekerjaanmu terganggu.

1. Ketagihan cek media sosial

gaya-hidup-konsumtif
Terpengaruh media sosial (thejakartapost)

Kecepatan internet di kantor terkadang bikin kamu melihat akun sosial media. Entah sekedar kepo, atau mencari inspirasi. Sah-sah saja sebetulnya asal tidak mengganggu pekerjaan.

Tapi kalau frekuensi kamu melihat medsos terlalu banyak, udahin deh. Itu gak baik buat kelancaran pekerjaanmu lho! Bisa-bisa seharian itu hanya habis kamu gunakan untuk mantengin Facebook atau Instagram.

2. Nonton youtube

Nonton youtube saat bekerja (Ilustrasi).

Boleh-boleh aja kamu melihat youtube di kantor, asal jangan di jam kerja ya. Apalagi di saat teman-temanmu sedang stres dengan pekerjaan mereka, kamu asyik sendiri nonton channel di youtube. Kalau sekedar mencari inspirasi mungkin 30 menit cukup ya, jika lebih dari itu lebih baik hentikan deh.

Jika masih ingin melihat, pada jam istirahat atau setelah pekerjaan selesai. Gak heran banyak perusahaan yang membatasi akses internet karyawannya karena tidak ingin mereka cenderung lebih sibuk dengan urusan pribadi.

3. Menjawab panggilan telepon

Menjawab panggilan telepon saat jam kerja (Ilustrasi).

Merasa terganggu dengan panggilan telepon dari rekan kerja dan membuat kamu sibuk menjawabnya, mulai sekarang lebih baik batasi hal itu sebelum menghambat kinerjamu. Ada baiknya beritahu klien atau kolega untuk menghubungimu di jam istirahat.

Atau lebih baik mengirim email sebelum menghubungi ponselmu. Di saat orang lain sibuk bekerja, suara kamu di telepon justru memecah konsentrasi tersebut. Gak mau kan jadi pusat perhatian dadakan?

4. Area kerja berantakan

Meja kerja berantakan (Ilustrasi).

Kebersihan dan kerapihan meja kerja juga membantu kamu untuk lebih konsentrasi lho. Meja yang kotor dan berantakan oleh kertas-kertas membuat energi bekerja hilang seketika.

Ada baiknya kamu tidak meletakkan sembarang barang di atas meja. Buang kertas tak terpakai setelah selesai meeting, usahakan juga jangan makan di atas meja kerja.

Dan ketika sudah selesai bekerja, ada baiknya kamu rapihkan lagi, bawa gelas kotor bekas kamu pakai ke pantry. Selain bisa membuat suasana meja kerja lebih bersih, kamu juga sudah membantu meringankan pekerjaan office boy kantor.

5. Membantu teman kerja

Membantu teman bekerja (Ilustrasi).

Membantu teman menyelesaikan pekerjaannya sah-sah saja sih. Tetapi jika ini menjadi candu, wah jangan deh. Pekerjaan kamu saja masih banyak, kalau membantu orang lain, yang ada kamu akan ditegur atasan! Sekadar membantu menjelaskan apa yang tidak dimengerti teman kerjamu tidak masalah, asal setelah itu dia mampu mengerjakannya sendiri dan tidak mengusikmu.

Lima hal tersebut umum kamu temukan di tempat bekerja. Kalau kamu mengalami semuanya, coba mulai ubah kebiasaan tersebut dari sekarang. Jika kamu masih ingin meniti karier hingga sukses, bekerja lah sesuai aturan. Jangan lakukan hal-hal yang bukan prioritas selama di kantor. Ini demi kelangsungan kamu bekerja di perusahaan tersebut. (Editor Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be