Bosan dengan Kolak Pisang? Cobain Setup Buah yang Segar Saat Berbuka Puasa

3 menit
Bosan dengan Kolak Pisang? Cobain Setup Buah yang Segar Saat Berbuka Puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, satu lagi nih menu paling pas buat berbuka puasa, setup buah. Ya, kalau kamu jarang mendengar dan mencicipinya, setup buah ini hampir mirip dengan es buah lho.

Kalau kamu emang belum pernah mencicipi yang namanya setup buah, jadi hidangan ini sebenarnya gak kalah terkenal dengan menu lainnya. Kalau di bulan Ramadan kebanyakan dari kamu pasti mencari bukaan berupa kolak pisang atau biji salak, betul gak?

Nah, kalau kamu bosan dengan menu berbuka puasa, bisa nih mencoba bikin atau membelu setup ini. Yang paling populer emang setup jambu biji. Makanan ini emang begitu legendaris nih.

Cara bikin setup sangatlah mudah lho dan gak mahal-mahal banget buat bahan utamanya. Kamu cuma memerlukan air buat direbus, lalu cengkih dan kayu manis serta gula pasir.

Rebus semua bahan-bahan di atas lalu masukan irisan buah jambu atau buah sesuai selera kamu. Nah, biasanya orang zaman dahulu atau nenek dan kakek kita lebih senang menyantap setup ini dalam keadaan hangat ya.

Aroma cengkih dan kayu manis pas banget buat menghangatkan suhu tubuh saat musim hujan tiba. Nah, kalau sekarang gak tahu ya, mungkin kamu lebih senang menyantapnya dalam keadaan dingin.

Setup buah ini bisa kamu jadikan menu berbuka puasa lho. Emang agak sulit rasanya mencari setup buah di pedagang yang menjajakan menu takjil saat bulan Ramadan.

Nah, aneka setup buah macam-macam lho. Penasaran apa aja? Yuk, kita simak di bawah ini bareng-bareng, kira-kira setup apa aja ya yang enak buat berbuka puasa.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Jambu biji

Setup buah
Jambu biji merupakan bahan paling banyak digunakan buat setup, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, kalau yang satu ini setup jambu biji paling populer nih. Setup jambu biji biasanya paling banyak digemari oleh orangtua kita, mereka senang menyantapnya dalam keadaan hangat.

Aroma kayu manis dan cengkih serta rebusan buah jambu biji sangat menggugah selera banget. Udah gitu jambu biji kaya akan vitamin c.

Baca juga: Aneka Resep Kolak Pisang yang Menggoyang Lidah buat Berbuka Puasa

2. Pepaya

Setup buah
Pepaya bisa jadi bahan utama setup, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pepaya juga sering banget dijadikan bahan setup lho. Pilih pepaya yang gak begitu terlalu masak alias matang saat pengin dibikin setup.

Kalau kamu pilih pepaya yang tertalu matang nanti ketika direbus buah tersebut akan terasa lembek dan gak enak.

Baca juga: 6 Restoran Timur Tengah yang Pas buat Buka Puasa Bareng, Harganya?

3. Nanas

setup buah
Buah nanas bisa dijadikan bahan utama setup, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nanas juga merupakan salah satu buah yang sering banget dipakai buat bikin setup. Setup nanas ini emang enak disajikan dalam keadaan dingin lho.

Rasa buahnya yang masam dan aroma cengkih serta kayu manis bakal terasa menggugah selera banget nih. Buat berbuka puasa sih enak banget ini setup nanas.

4. Salak

Setup buah
Buah salak jadi bahan utama buat setup juga bisa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ya, siapa bilang buah salak gak bisa diolah jadi makanan? Salak enak lho dibikin menjadi setup. Tekstur buahnya yang renyah dan padat bakal menambah rasa setup bikinan mu semakin enak.

Udah gitu rasa masam dan manis buah salak juga khas banget ya. Coba deh kamu bikin setup buah salak dan sajikan dalam keadaan dingin.

Nah, itu dia beberapa aneka setup buah yang terbuat dari buah-buah tropis. Udah gitu gampang banget bikinnya, kamu cukup merebus air bersama cengkih, kayu manis dan gula. Lalu masukan irisan buah yang kamu suka. Jika buah udah kelihatan layu, itu artinya setup buah udah jadi. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan