Karier dan Kekayaan Komjen Setyo Wasisto yang Miliki Mobil Mitsubishi dan Harta Rp 3 M

3 menit
setyo wasisto
Komjen Setyo Wasisto. (Instagram/@wasistosetyo)

Nama perwira tinggi Polisi Setyo Wasisto mungkin sempat familiar dengan masyarakat Indonesia beberapa waktu yang lalu. Selain karena pangkatnya yang udah menjadi Komisaris Jenderal di tubuh kepolisian, ia juga sempat menjabat sebagai Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri dari tahun 2017 sampai 2018.  

Penampilannya yang unik dan khas bikin sebagian orang sangat mudah mengingat sosok jenderal di kepolisian ini. Itu bisa terlihat dari kacamata bulat yang digunakan setiap kali bertugas memberikan keterangan kepada wartawan.

Namun memasuki tahun 2019 wajahnya kini mulai jarang terlihat di media. Salah satu penyebabnya karena ia telah ditugaskan menduduki jabatan Irjen Kemenperin di Kementerian Perindustrian semenjak akhir 2018 lalu. Di saat yang hampir bersamaan ia juga mendapat kenaikan pangkat. 

“Mutasi dalam rangka penyegaran, tour of duty dan tour of area, serta promosi jabatan,” jelas pria yang lahir pada 19 November 1961 tersebut, dikutip dari CNN.

Kalau dilihat dari perjalanan kariernya, Setyo Wasisto emang pernah menduduki berbagai jabatan yang strategis. Contohnya seperti Kapolsek Tomohon pada tahun 1988, Waka Polresta Manado tahun 1995, Kapolresta Bogor tahun 2001 hingga akhirnya menjadi Kadiv Humas Polri tahun 2017.

Selama bertugas lebih dari 34 tahun, Setyo Wasisto memiliki aset kekayaan yang mencapai Rp 3 miliaran. Berikut ini adalah daftar lengkapnya menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2017.

Baca juga: Tangkap Tommy Soeharto hingga Tumpas Teroris, Ini Perjalanan Karier Tito Karnavian

Aset tanah dan bangunan Setyo Wasisto bernilai Rp 2,1 miliaran

setyo wasisto
Komjen Setyo W. (Instagram/@wasistosetyo)

Yang menjadi penyumbang terbesar harta kekayaan pria asal Semarang, Jawa Tengah, ini adalah berupa aset tanah dan bangunan. Ada 2 unit tanah dan bangunan yang dimilikinya sampai tahun 2017 lalu.

  • Tanah dan bangunan seluas 543 meter persegi / 210 meter persegi di Bandung yang diperoleh dari hasil sendiri senilai Rp 1.818.450.0002.
  • Tanah  dan bangunan  seluas 212 meter persegi / 86  meter persegi di Bogor yang diperoleh dari hasil sendiri senilai Rp 353.336.000.

Total nilai 2 unit tanah serta bangunan yang berada di kawasan Jawa Barat tersebut adalah Rp 2.171.786.000.

Baca juga: Punya 2 Motor Yamaha, Harta Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Capai Rp 17,1 M!

Memiliki 3 buah kendaraan di garasi rumahnya senilai total Rp 760 jutaan

setyo wasisto
Komjen Setyo W. (Instagram/@wasistosetyo)

 Aneh rasanya kalau udah menjadi pejabat di institusi pemerintahan tetapi gak punya aset kendaraan. Komjen polisi Setyo Wasisto memiliki 3 unit kendaraan yang terdiri dari 2 unit mobil dan 1 unit motor.

Mitsubishi Jeep

Yang pertama adalah sebuah Mitsubishi Jeep. Gak disebutkan secara spesifik jenis dan tipe apa yang dibeli olehnya. Bisa jadi jenisnya Pajero Sport atau Strada Triton. 

Kendaraan roda 4 ini dibelinya pada tahun 2009 lalu dengan hasil sendiri. Pada saat pelaporan harta tahun 2017, nilainya sekitar Rp 250 juta.

Honda Sedan

Selanjutnya lagi-lagi ada dari pabrikan asal Jepang yakni Honda sedan. Layaknya merek Mitsubishi, mobil berjenis sedan ini juga gak disebutkan secara spesifik tipenya. Bisa jadi Honda Accord, Honda City atau Honda Civic.

Kendaraan roda empat ini dibelinya pada tahun 2013 dengan hasil usaha sendiri dan bernilai Rp 500 juta.

Honda Verza

Untuk kendaraan roda duanya ada Honda Verza yang mempunyai gaya street fighter dan kapasitas mesin 150cc. Motor ini dibeli pada tahun 2013 dengan hasil usaha sendiri senilai Rp 12,5 juta. 

Jika dijumlahkan semua aset kendaraan milik Setyo Wasisto mencapai Rp 762.500.000.

Baca juga: Harta Basaria Panjaitan, Jenderal Polisi dan Pimpinan KPK yang Cuma Punya 1 Mobil Toyota

Harta bergerak lainnya dan kas atau setara kas mencapai Rp 164 jutaan

setyo wasisto
Komjen Setyo W. (Instagram/@wasistosetyo)

Selain tanah, bangunan dan kendaraan bermotor, ada jenis aset lain yang dimiliki oleh Komjen Setyo Wasisto, yakni berupa harta bergerak lainnya dan kas atau setara kas. 

Untuk harta bergerak sendiri bisa berupa barang elektronik, furnitur rumah ataupun peralatan lainnya. Nilai yang dimiliki harta tersebut adalah Rp 34.230.000 pada saat pelaporan 

Sedangkan untuk uang kas atau setara kasnya yang bisa berupa uang elektronik nominalnya mencapai Rp 130 juta. Bila dijumlahkan dengan nilai harta bergeraknya, maka totalnya adalah Rp 164.230.000.

Dengan demikian total seluruh kekayaan yang berhasil dikumpulkan adalah Rp 3.098.516.000. 

Nah itulah total harta yang dimiliki oleh Komisaris Jenderal Polisi Setyo Wasisto. Dari aset yang dimilikinya, bisa dibilang Setyo sosok yang sederhana. Mobil-mobil yang dimiliki aja bukan tergolong mobil mewah. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1