Ini 3 E-Commerce Paling Populer di Indonesia

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Meningkatnya pertumbuhan pengguna ponsel pintar di Indonesia berdampak pada perkembangan e-commerce, termasuk fenomena belanja online.

Dengan koneksi internet dan tren konsumsi belanja online yang terus meningkat, Indonesia jadi pangsa pasar yang besar bagi pertarungan e-commerce. Tak hanya bagi yang besar tapi juga yang kecil, yang lokal hingga asing.

Tak pelak masyarakat banyak dijejali beragam fitur dan keunggulannya. Akan tetapi, saat ini industri belanja online Tanah Air mulai menunjukkan perubahan wajah dari beberapa tahun lalu.

Sebab saat ini telah terdapat online shop yang menempati posisi teratas paling dikenal dan sering digunakan masyarakat atau top of mind.

Baru-baru ini, Markplus. Inc selaku perusahaan konsultan marketing di Indonesia melakukan riset terkait e-commerce mana saja yang menarik perhatian konsumen. Serta mana saja yang menjadi pilihan mereka dalam berbelanja online.

Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus Irfan Setiawan mengatakan, pihaknya melakukan riset terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan dengan rentang usia 19 hingga 35 tahun, dan diambil dari kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar dengan penetrasi internet terbesar di Indonesia.

E-commerce Paling Populer di Indonesia

Shutterstock
Tokopedia (Shutterstock)

Adapun dari hasil riset yang dilaksanakan MarkPlus.Inc terdapat e-commerce paling populer di Indonesia adalah Shopee, Lazada, dan Tokopedia.

“Yang menjadi top of mind adalah Shopee dengan 31 persen, Lazada 20,3 persen dan Tokopedia 17,9 persen. Sementara yang paling banyak digunakan adalah Shopee dengan 37 persen, Lazada 20,2 persen, Tokopedia 20 persen,” ungkap Irfan di Jakarta.

Kemudian, jika dilihat per wilayah kota besar, Shoppe menempati posisi teratas e-commerce paling populer di masyarakat. Shoppe unggul di kota-kota besar yakni Bandung, Surabaya, Semarang dan Makassar.

“Sedangkan Tokopedia menjadi top of mind di Jakarta dan Lazada di Medan, namun uniknya walaupun responden di Jakarta paling mengingat Tokopedia dalam benak mereka, tapi paling sering melakukan pembelian pada Shoppe,” ungkapnya.

Sementara itu, dari sisi akses kepada situs belanja online, masyarakat juga paling sering menggunakan gadget miliknya atau smartphone untuk belanja online.

“Gadget paling populer dalam mengakses e-commerce, dari sebanyak 91,3%, sebanyak 49,8% akses e-commerce membukanya lewat aplikasi mobile,” kata Irfan.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong