Boros Gak Karuan? Lakukan Hal Ini agar Selalu Banyak Uang di Dompet

4 menit
Boros Gak Karuan? Lakukan Hal Ini agar Selalu Banyak Uang di Dompet, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sifat boros dan hemat emang selalu bertolak belakang banget nih bagi orang yang sering melakukan kedua hal ini. Tapi kamu tahu gak sih kalau sifat boros itu sebenarnya bisa kamu hindari.

Sifat boros dalam mengelola uang biasanya kerap terjadi saat kamu atau siapa selalu laper mata. Nah, saat laper mata datang mau gak mau sifat boros orang kebanyakan bakal keluar nih.

Kalau udah begitu mau gak mau, ada aja yang bakal dibeli walaupun sebenarnya barangnya gak penting-penting banget lho. Atau jangan-jangan barang yang dibeli karena laper mata itu udah ada di rumah.

Boros dalam mengeluarkan uang emang kadang bikin pusing sih. Penyesalan karena boros mengeluarkan uang beli ini itu yang gak penting akhirnya kadang bikin kamu juga cepat banget kehabisan uang.

Sebenarnya ada lho cara-cara agar kamu gak memiliki sifat boros saat mengeluarkan uang. Pengin tahu apa aja yang mesti kamu lakukan biar sifat ini gak selalu muncul di setiap bulannya? Yuk, kita simak bareng-bareng apa aja yang bisa dilakukan buat menghindari sifat boros.

Baca juga: Dompet Milenial Cepat Tipis? Bisa Jadi Karena 6 Hal yang Bikin Boros Ini

1. Membawa uang secukupnya di dompet

Bawa uang secukupnya di dompet kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, ini penting sih kamu lakukan bagi yang kerap boros mengeluarkan uang. Biasakan membawa uang secukup di dalam dompet jangan terlalu berlebihan atau juga terlalu pas-pasan.

Perhitungkan berapa banyak jumlah uang yang perlu kamu bawa di dalam dompet. Biasanya kalau kamu terlalu banyak membawa uang tunai di dalam dompet yang namanya nafsu buat belanja ada aja dan ini sering banget bikin kamu terlalu boros dalam mengeluarkan uang.

Baca juga: Mau Rajin Menabung? Ini 6 Trik Menghilangkan Sifat Boros

2. Ambil uang di ATM sesuai kebutuhan

Ambil uang secukupnya di ATM ya jangan terlalu banyak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini sama halnya dengan menyimpan uang tunai di dalam dompet. Sebisa mungkin mengambil uang di ATM itu jangan terlalu berlebihan juga ya.

Ajakan buat belanja karena terlalu banyak mengambil uang di ATM bikin kamu bakal boros nih. Maka dari itu perhitungkan jumlah pengeluaran kamu per harinya.

Baca juga: Biar Gak Boros, Begini 6 Trik Belanja Hemat Buat Kamu Para Wanita Sibuk

3. Hindari toko yang menjual barang kesukaan kamu

Salah satu caranya menghindari toko yang menjual barang kesukaan kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sering kali kamu melirik-lirik toko barang kesukaan kamu. Misalkan toko sepatu, nah ini biasanya buat kamu yang suka membeli sepatu ada baiknya nih menghindari toko sepatu.

Padahal di rak penyimpanan sepatu kamu masih banyak item-item yang masih bisa digunakan. Kalau sampai kamu membeli sepatu baru padahal model lainnya yang di rumah masih bagus mau gak mau bikin mubazir nih.

4. Pilah-pilih baju atau pakaian yang masih bagus dan jadikan uang

Pilah-pilih baju atau pakaian yang masih bagus dan jadikan uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, poin ini maksudnya apa ya? Buat kamu yang suka tampil stylish setiap harinya ada baiknya kamu pilah-pilih baju yang udah gak terpakai.

Manfaatkan garage sale buat menjual baju-baju kamu yang udah gak terpakai kalau udah begini bisa mendapatkan uang tambahan ya kan. Kalau udah gini kamu bisa melihat baju mana yang udah gak terpakai dan bisa membeli baju baru sesuai kebutuhan.

5. Punya tabungan

Punya tabungan setidaknya kamu punya uang cadangan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu yang kerap merasakan boros dalam mengeluarkan uang ada baiknya menyisihkan beberapa persen dari penghasilan mu. Bikin tabungan maupun rekening terpisah ini perlu banget lho buat kamu yang sering banget bablas dan boros mengeluarkan uang.

Gunanya memiliki tabungan di rekening terpisah, agar uang yang kamu sisihkan bisa digunakan buat kebutuhan lainnya diluar rencana. Misalkan kamu mesti berobat atau  melakukan servis kendaraan secara berkala.

6. Punya rencana dalam pengeluaran uang

Punya rencana dalam pengeluaran uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini juga penting banget sih buat kamu yang kerap boros mengeluarkan uang dengan membikin rencana keuangan. Misalkan di akhir bulan, kamu bikin daftar barang-barang yang bakal kamu beli apa aja.

Sesuaikan bujet yang ada dengan cara udah menetapkan besar kecilnya bujet. Hal ini sangat penting banget lho buat kamu dalam pengelolaan uang agar gak boros-boros terus.

7. Membawa makanan dan minuman dari rumah

Membawa makanan dan minuman dari rumah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Poin ini juga penting sih buat kamu yang kerja kantoran atau kuliah. Pasalnya yang namanya makan di luar baik itu di restoran cepat saji atau restoran lainnya mau gak mau kamu bakal mengeluarkan uang ekstra buat bayar.

Ada baiknya nih kamu membawa makanan dan minuman dari rumah. Hal ini bisa sih meminimalisir pengeluaran kamu setiap harinya.

Nah, gimana nih dengan tips di atas tadi? Semoga berguna dan bermanfaat ya buat kamu yang sering boros banget dalam mengeluarkan uang. Terkadang sifat ini susah banget dikontrol, namun dengan adanya tips di atas semoga bisa membantu mu mengatur keuangan kamu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan