Sigale Gale Carnival 2019 Promosikan Keunikan Budaya Samosir Kepada Wisatawan

3 menit
Sigale Gale Carnival 2019 Promosikan Keunikan Budaya Samosir Kepada Wisatawan (Dok Kemenpar).
Sigale Gale Carnival 2019 Promosikan Keunikan Budaya Samosir Kepada Wisatawan (Dok: Kemenpar).

Sigale Gale Carnival 2019 di Samosir, Sumatera Utara (Sumut), menjadi ajang untuk mempromosikan keunikan budaya masyarakat Batak kepada wisatawan.

Carnival yang mengangkat tema The BeaSamosiruty of Ulos parade tersebut diharapkan bisa memperkaya atraksi wisata di wilayah Danau Toba Sumut dan sekitarnya.

Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuti di Jakarta, Minggu (9/6/2016) mengatakan, selama ini sigale-gale menjadi identitas budaya masyarakat Samosir.

“Kemasyuran namanya patut menjadi sebuah simbol kebesaran budaya Batak Samosir,” katanya.

Terlebih karnaval ini juga selalu mengangkat kain ulos yang juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya Batak. Karnaval ini pun menampilkan patung sigale-gale raksasa.

Meski berukuran besar, patung ini pun mampu menari mengikuti irama gondang. Puluhan peserta fashion show juga ikut meramaikan karnival tersebut.

“Kekayaan budaya menjadi sebuah atraksi yang mampu menarik wisatawan. Apalagi karnaval ini dikemas bersamaan saat momen libur Lebaran. Dengan itu nuansa libur Lebaran makin luar biasa di Samosir,” kata Esthy.

Hal ini menjadi penting untuk semakin mengangkat pariwisata Danau Toba. Karena atraksi merupakan cara efektif untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

“Konsepnya selalu sama 3A. Aksesnya baik, amenitasnya baik lalu didukung dengan atraksi yang berstandar global untuk mengundang wisatawan datang. Danau Toba ini telah didukung dengan akses yang sangat baik dengan adanya Bandara Internasional Silangit. Amenitasnya juga mumpuni. Tinggal terus digenjot atraksi wisata seperti Sigale Gale Carnival ini,” katanya.

Baca juga: Gak Cuma Punya Bunaken, Ini Alasan Sulawesi Utara Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Momentum mengangkat kekuatan budaya Samosir

Sigale Gale
Wisata ke Samosir lihat budaya Batak (Dok: Kemenpar).

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menambahkan Sigale Gale Carnival menjadi momentum mengangkat kekuatan budaya Samosir. Karena jelas atraksi budaya menjadi magnet yang sangat luar biasa bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

“Tadi banyak wisatawan mancanegara yang juga hadir di karnaval ini. Ada dari Malaysia, Taiwan, Swiss, Jerman, dan sebagainya. Ini momentum untuk memanjakan mereka dan menjadi sebuah cerita berkesan sekembali mereka ke negaranya masing-masing,” ujarnya.

Direktur Pemasaran Pariwisata Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Basar Simanjuntak mengatakan Sigale Gale Carnival merupakan bentuk penguatan pariwisata Kabupaten Samosir di bidang seni budaya.

“Sebagaimana kita tahu yang sering diutarakan Menpar Arief Yahya, budaya yang merupakan magnet pariwisata itu semakin dilestarikan semakin mensejahterakan,” katanya.

Baca juga: Lombok Terpilih Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik di Indonesia, Ini Alasannya!

Objek wisata di Samosir

Sigale gale
Turis asing berwisata di Samosir (Dok: Kemenpar)

Mengutip laman IDN Times, selain Danau Toba, ada beberapa objek wisata di Samosir yang wajib kamu kunjungi. Kalau ada kesempatan pelesiran kesana, jangan lupa mampir ke destinasi wisata berikut ya!

Baca juga: Visit the Heart of Borneo Menjadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Kalimantan

1. Desa Tomok

Desa Tomok merupakan desa wisata yang menjadi salah satu pintu masuk ke Pulau Samosir. Kalau kamu masuk dari Pelabuhan Wisata Parapat di Sumatera Utara, akan menemukan kawasan ini gak jauh dari pelabuhan.

Di desa ini, kamu bakalan melihat kawasan kampung nuansa khas Batak lengkap dengan rumah adatnya. Gak ketinggalan pula sigale-gale. Jika beruntung, kamu akan disambut tarian tor-tor dari penduduk setempat dan tarian sigale-gale. Kamu juga bisa mendatangi pemakaman raja kuno serta masuk ke Museum Batak.

2. Pusuk Buhit

Dari atas perbukitan ini, kamu bisa memandangi keindahan Danau Toba. Pusuk Buhit merupakan lokasi asal muasal orang batak. Bahkan, sejarah mengatakan lokasi ini adalah salah satu rangkaian gunung supervolcano Toba yang berada di daerah Pangururan Pulau Samosir, Sumatera Utara. Tingginya sekitar 1.980 meter di atas permukaan laut.

3. Bukit Holbung

Mengutip laman Pegi-Pegi, kawasan ini mendapat julukan Bukit Teletubbies. Bukit Holbung menawarkan pesona padang sabana yang luas, suasana yang menyegarkan dipadukan dengan angin bukit yang sepoi-sepoi siap memanjakanmu.

Potret alam pun terhampar megah saat berada di atas puncak. Kamu bisa puas memandang Danau Toba yang memiliki air biru tua sambil mencari inspirasi baru buat rencana hidup ke depan.

Nah itu tadi tiga objek wisata yang patut kamu kunjungi ketika berada di Samosir. Jadi, gak hanya memandangi keindahan Danau Toba saja, ada hal lain yang dapat kamu temukan saat berwisata ke pulau ini. Jangan lupa juga ya berfoto dengan patung Sigale Gale sebagai bukti kamu pernah datang ke Samosir. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan