Telat Hingga Pura-Pura Sakit! Ini 8 Kebiasaan Buruk yang Nyusahin Teman Kantor

4 menit
Dunia kerja
Sikap buruk karyawan di dunia kerja yang mengacaukan teman sekantor (Shutterstock)

Di dunia kerja, macam-macam perilaku karyawan bisa kita temui. Ada yang baik hati suka menolong dan rajin bekerja, tapi ada juga yang pemalas, tukang bohong, hingga selalu berpikiran negatif.

Untuk yang baik hati, kita gak bakal ngebahasnya lebih lanjut. Tapi, kalau yang berperilaku buruk, tidak bisa didiamkan begitu saja. 

Kadang perilaku yang mereka lakukan suka menghambat pekerjaan orang lain.  Jadi, ada baiknya untuk orang-orang seperti ini mendapatkan sanksi yang tegas dari atasan. 

Sebagai karyawan tentu kamu mau dong mendapatkan lingkungan kerja yang selalu positif, biar segala pekerjaan menjadi lancar. Untuk mewujudkan hal itu, lebih baik kamu juga ikut berkontribusi. 

Caranya dengan tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk di dunia kerja berikut ini yang dinilai bisa mengganggu kerjaan orang lain. 

1. Datang telat ke kantor 

Dunia kerja
Sikap buruk di dunia kerja, salah satunya datang telat ke kantor

Keburukan di dunia kerja yang satu ini kayaknya paling sering terjadi deh. Sebaiknya kamu menghindari kebiasaan ini, karena pasti bakal menghambat tugas rekan kerja lainnya. 

Misalnya kamu ada janji meeting di jam-jam awal masuk kerja, tapi kamu telat, secara tidak langsung kamu juga telah membuang-buang waktu berharga rekan kerjamu hanya buat menunggumu yang datang. 

Jika telat dengan alasan tertentu yang jelas, lebih baik melapor ke atasan atau ke rekan kerjamu agar mereka juga bisa melakukan tindakan antisipasi. 

Baca juga: Pengin Sukses di Usia Muda? Begini Cara Efektif Meniti Karier yang Patut Kamu Coba

2. Pura-pura sakit 

dunia kerja
Pura-pura sakit salah satu sikap buruk di dunia kerja

Pura-pura sakit adalah cara yang paling sering dilakukan karyawan agar tidak masuk ke kantor. Padahal, aslinya hanya malas mengerjakan tugas-tugas yang setiap hari selalu bermunculan. 

Ingat, sebagai karyawan kamu bekerja dalam sebuah tim. Kalau kamu tidak masuk kerja karena alasan pura-pura sakit, kasihan rekan timmu yang harus menanggung beban kerjamu. 

Kalau perilaku buruk ini terus-terusan dilakukan, jangan harap bisa naik jabatan, lebih parah lagi, kamu berpotensi untuk dipecat! 

3. Makan-makanan yang berbau menyengat di meja kerja 

dunia kerja
Makan makanan berbau menyengat salah satu sikap buruk di dunia kerja

Kalau kamu punya ruangan sendiri, perilaku yang ini sepertinya gak ada masalah. Tapi, kalau kamu berada di sebuah ruangan dengan rekan-rekan kerja lainnya, lebih baik untuk dihindari. 

Tidak semua orang senang dengan beberapa bau yang menyengat, misalnya duren, terasi, ikan asin. Kalau mereka mencium bau-bau tersebut saat kerja, pasi pekerjaannya bakal terganggu dan gak konsentrasi bekerja. 

Tindakan paling bijak adalah, makan di dapur umum kantormu. Biar gak ada yang terganggu!

4. Mengganggu konsentrasi saat meeting

dunia kerja
Mengganggu konsentrasi saat meeting salah satu sikap buruk di dunia kerja

Dalam dunia kerja, meeting merupakan momen yang sakral untuk menyampaikan, mendiskusikan, dan memutuskan hal-hal penting perusahaan. Jadi bayangkan kalau ada yang ‘bertingkah’ saat momen ini, betapa jengkelnya peserta lainnya. 

Tingkah buruk saat meeting di antaranya, bermain ponsel, mengobrol sendiri, dan masih banyak lagi. Kalau tahap jengkelnya sudah kelewatan, bisa-bisa kamu diusir ke luar ruangan. 

5. Terlalu berisik saat bekerja 

dunia kerja
Terlalu berisik saat kerja salah satu sikap buruk di dunia kerja

Tidak ada yang lebih mengganggu kerjaan selain rekan kerja yang berisik. Misalnya menyetel lagu dengan speaker keras di saat jam-jam sibuk, atau telepon-teleponan dengan suara lantang. Duh, pasti yang lainnya bakal keganggu! 

Kasihan bakal banyak karyawan yang fokus kerja dan produktivitasnya terhambat dengan gangguan seperti itu. 

Cobalah menikmati musikmu sendirian dengan menggunakan headphone. Kalau telepon-teleponan, bisa pergi ke luar kantor atau ke ruangan yang tidak ada orangnya. 

6. Berpikiran negatif terus-terusan 

dunia kerja
Selalu berpikir negatif salah satu sikap buruk di dunia kerja

Sebagai rekan kerja, sikap yang harus dimiliki adalah saling menguatkan dan positif dalam melakukan pekerjaan tim. Hal yang harus dihindari adalah terlalu sering berpikiran negatif. 

Misalnya saja, ketika rekan kerjamu memiliki ide atau saran, lantas kamu mengeluarkan komentar dengan nada pesimistis. Perilaku seperti itu tentu sangat tidak bagus bagi kemajuan perusahaan.

Tindakan bijak yang harus dilakukan ketika teman memberi saran adalah dengan mengapresiasi, lalu memberikan tambahan jika ada yang dirasa kurang. 

Sikap pesimistis tidak akan mampu membuat perusahaan semakin baik. Bahkan, sebanyak 62 persen atasan enggan menaikkan jabatan bawahannya yang selalu berpikiran negatif dan pesimistis.

7. Berkelakuan jorok 

dunia kerja
Berkelakuan jorok sikap buruk di dunia kerja

Bertingkah jorok dan kotor di kantor merupakan salah satu hal yang paling gak bisa ditolerir dalam dunia kerja. Penghuni kantor bukan cuma kamu doang, tapi juga ada orang lain yang tentu menginginkan tempat mereka mencari nafkah selalu dalam keadaan bersih. 

Perilaku yang masuk dalam kategori jorok, misalnya, membuang puntung rokok sembarangan, meninggalkan piring kotor di sembarang tempat, atau menggunakan toilet dalam keadaan basah.

Meski ada office boy, kebersihan kantor adalah tanggung jawab bersama semua termasuk pimpinan perusahaan. Karena kantor yang kotor bisa mengganggu kondusivitas dan produktivitas kegiatan bekerja. 

8. Ngomongin politik 

dunia kerja
Ngomongin politik sikap buruk di dunia kerja

Kegiatan ini sebenarnya tidak masuk ke dalam kategori buruk sih. Tapi dalam kondisi saat ini, kayaknya lebih baik untuk gak ngomongin politik di tempat kerja. 

Seperti diketahui, politik di Indonesia sendiri terpecah jadi dua, koalisi pemerintah dan oposisi, setiap orang pasti punya pandangan yang berbeda-beda, ada yang ke Jokowi ada juga yang ke Prabowo. 

Meski pemilu udah usai, perdebatan itu gak pernah usai, masing-masing pendukung saling mendewakan idolanya sendiri.

Bahayanya adalah, kalau sampai perdebatan itu berakhir dengan konflik. Duh, kalau sesama rekan kerja sudah bertengkar, gimana nanti urusan pekerjaannya?

Itulah delapan kebiasaan buruk di dunia kerja yang harus kamu hindarkan. Ingat, jangan bersikap egois di tempat kerja, karena segala perilakumu pasti bakal berdampak ke proses bisnis perusahaan. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!