Simak Nih Daftar Modus Penipuan Kartu Kredit Agar Kita Waspada

4 menit
modus penipuan kartu kredit

Finansialku

Punya kartu kredit memang bisa menguntungkan karena banyak manfaatnya. Tapi hati-hati, ternyata banyak modus penipuan dalam penggunaan kartu kredit lho!

Berbeda dengan penipuan pada kartu debit atau ATM yang memerlukan nomor PIN dan perlu mengakali mesin ATM, penipuan pada kartu kredit cenderung lebih mudah. Penipuan dapat dilakukan cukup dengan mengetahui beberapa data nasabah.

Penipuan kartu kredit pun sulit dideteksi karena data penipu terkadang gak perlu digunakan sama sekali. Hal tersebut menyebabkan tingginya risiko penipuan pada penggunaan kartu kredit.

Biar gak lengah, berikut ini beberapa info modus penipuan kartu kredit yang harus diwaspadai:

1. Phising

Phising merupakan metode penipuan dengan cara mengelabui target dan bermaksud untuk mencuri akun target dengan tujuan tertentu. Phising dapat dilakukan via telepon atau email dengan berbagai macam modus.

modus penipuan kartu kredit
Walau memberi banyak kemudahan dan informasi, hati-hati sama dunia maya ya! (Phising / s3.z9x9.com)

Contohnya, menawarkan pengajuan kartu kredit baru dan pihak penipu biasanya akan meminta data-data seperti nama, alamat, nomor handphone, hingga nomor kartu kredit beserta PIN-nya. Dalihnya adalah untuk kebutuhan data dalam pengajuan kartu kredit, yang malah akan disalahgunakan.

Modus lainnya adalah dengan menawarkan limit kartu kredit tinggi untuk kartu kredit kita saat ini. Biasanya sang penipu akan kembali meminta data-data lengkap kita dan menggunakannya untuk menguras uang kita.

2. Mengunduh aplikasi atau software

Jenis penipuan terbaru adalah dengan meminta kita untuk mengunduh suatu aplikasi atau software palsu. Jika kita setuju untuk mengunduhnya, maka yang kita peroleh adalah virus. Biasanya virus Trojan yang akan menginfeksi gadget dan memungkinkan pihak lain untuk mengakses data-data rahasia kita di dalam gadget tersebut.

3. Meng-klik link palsu

Saat kita membuka situs atau email, terkadang disertakan link yang memudahkan kita mengakses situs lainnya, seperti survei atau undian. Namun, banyak link palsu yang justru akan mengarahkan kita untuk mengunduh virus.

4. Penyadap data kartu kredit dan kartu debit

Modus penipuan lain adalah dengan alat penyadap data yang dapat digunakan untuk mengambil data-data rahasia, seperti PIN ATM. Alat tersebut biasanya dipasang pada ATM atau mesin EDC di toko atau restoran.

modus penipuan kartu kredit
Harus waspada sama penipuan melalui mesin edc ya! (Mesin EDC / detik)

Kita harus memastikan mesin ATM dan EDC gak ditempeli sesuatu saat kita menggunakannya. Hindari juga mempercayakan kartu kredit kita pada karyawan toko atau restoran, ikutlah ke mesin pembayaran, dan hindari penggesekan kartu kredit sebanyak 2 kali jika diminta oleh karyawan toko.

5. Mesin EDC palsu

Hindari membeli barang dengan tawaran menggiurkan pada gerai yang gak terpercaya atau online shop yang gak memiliki testimonial yang bisa dipercaya. Kini banyak beredar penjual yang menawarkan barang murah dengan kepemilikan mesin EDC palsu. Mesin ini akan menyalin data kita mirip dengan alat penyadap yang dijelaskan di nomor 4 tadi.

6. Jasa pengajuan kartu kredit palsu

Kini pengajuan kartu kredit cenderung mudah, namun satu hal yang perlu diingat adalah pihak bank gak pernah meminta kita untuk membayar sejumlah uang agar pengajuan kartu kredit diterima.

Banyak oknum yang menggunakan modus tersebut karena pengajuan kartu kredit sering kali ditolak oleh pihak bank. Mereka akan menawarkan bantuan untuk mengajukannya dengan meminta sejumlah uang.

7. Hadiah palsu

Bentuk penipuan lainnya adalah pihak penipu akan berpura-pura menjadi telemarketing yang menghubungi kita via telepon atau email. Mereka akan berusaha meyakinkan kita untuk menerima hadiah palsu berupa voucher belanja atau menginap. Setelah itu mereka akan meminta data-data diri.

modus penipuan kartu kredit
Jangan langsung terbuai sama janji manis tapi palsu ya hehehe (Penipuan / lazada)

Pihak penipu akan mengiming-imingi kita dengan hadiah tersebut dan meminta kita mendaftar sebagai anggota. Untuk mendaftarkan keanggotaan, kita akan diminta untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Ujung-ujungnya kita hanya akan terus menunggu karena hadiah gak kunjung datang alias PHP.

Nah, sekarang sudah tahu kan jenis-jenis penipuan yang bisa dilakukan pada kartu kredit kita? Untuk itu selalu waspada dan hindari memberi data apa pun terhadap pihak-pihak yang mengaku sebagai pihak bank atau agen tertentu. Kenapa? Ya untuk mencegah penyalahgunaan data dan kartu kredit kita.  

Namun jika kita sudah telanjur memberikan data-data rahasia dan terkena tagihan yang bukan milik kita, ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mengatasinya:

1. Hubungi call center bank terkait dengan melihat nomor yang tertera di belakang kartu kredit. Minta customer service untuk mengecek beberapa transaksi terakhir dan lakukan pemblokiran langsung bila ada transaksi yang mencurigakan. Ganti kartu kredit dengan kartu dan nomor baru.

2. Jika terlanjur ada transaksi yang bukan milik kita, segera blokir kartu kredit dan lakukan penyanggahan transaksi. Buatlah surat penyanggahan transaksi beserta seluruh kronologinya. Kita juga dapat meminta surat kronologi kejadian jika melaporkannya ke kantor polisi.

Punya kartu kredit memang menguntungkan, tapi harus cermat juga dalam pemakaiannya, termasuk soal keamanan transaksi. Jadilah pengguna kartu kredit yang smart, jangan cuma bisa gesek doang ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Diskon Kartu Kredit Malah Menjebak Ah Masak Sih]

[Baca: Jangan Cuma Asal Gesek Tapi Melek Soal Keamanan Kartu Kredit]

[Baca: Awas Keliru Beda Kartu Kredit Mastercard dan Visa]

Tifanny
Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan