Berapa Gaji Ideal Buat Kredit Mitsubishi Pajero Sport? Ini Hitungannya

4 menit
mobil suv

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa Mitsubishi Pajero Sport sukses merajai segmen mobil SUV dari Januari hingga April 2018. Mobil ini terjual 7.353 unit dalam rentang waktu tersebut.

Jumlah itu lebih besar ketimbang penjualan kompetitornya seperti Toyota Fortuner yang cuma 6.383 unit, atau Honda CR-V yang laris 3.976 unit pada periode yang sama.

Bicara soal mobil SUV terlaris ini, tentu kamu semua paham kalau harga Mitsubishi Pajero Sport gak murah. Yang paling murah aja, yang tipe Exceed 4×2 MT, dibanderol Rp 452 juta.

Tertarik beli mobil SUV yang keren ini? Ada banyak tahap yang harus dilalui biar gak menyesal nantinya. Dari mulai gaji ideal, sampai seluk beluk mobil ini sendiri. Simak yuk.

Simulasi kredit Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 MT

Bila kamu bergaji Rp 10 juta per bulan, nabung buat mengumpulkan uang sebanyak Rp 452 juta tentu bakal memakan waktu empat tahunan. Itu juga belum tentu harga mobilnya masih sama. Bisa jadi juga udah muncul versi facelift atau terbaru yang harganya lebih mahal.

Itulah mengapa gak sedikit orang yang memutuskan buat beli mobil ini secara kredit.

Tapi kredit juga gak boleh sembarangan. Ketika cicilannya udah lewat dari 30 persen penghasilan, yang ada kamu susah mengalokasikan buat pos belanja lain.

Kurang lebih, seperti inilah simulasi kredit mobil SUV terlaris ini dari Astrido Finance.

Harga mobil: Rp 452 juta

DP: Rp 452 juta x 20 persen = Rp 90,4 juta

Jumlah pinjaman: Rp 452 juta – Rp 90,4 juta = Rp 361,6 juta

Tenor: 48 bulan (empat tahun)

Bunga: 8,55 persen per tahun

Jelas banget kan, selain cicilan perbulannya harus Rp 10.109.733, uang yang harus kamu keluarin pertama kali adalah Rp 100.509.733. Itu adalah uang muka ditambah cicilan pertama, belum termasuk biaya embel-embel lainnya dari multifinance.

Gaji ideal buat mengkredit Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 MT

Kalau cicilannya aja udah ada di angka Rp 10.109.733, maka paling gak minimal gajimu udah ada di angka Rp 34 jutaan per bulan. Soalnya, besar cicilan atau utang bulanan itu idealnya gak lebih dari 30 persen gaji.

Kalau gajimu masih di bawah Rp 34 juta, ya baiknya nanti-nanti dulu deh kreditnya. Mending cari mobil lain yang kiranya masih oke dan sesuai dengan kantong.

Gaji sebesar itu biasanya sih punya para manajer senior atau division head di perusahaan besar.

Enam Fakta mobil SUV Terlaris

Setelah tahu soal gaji ideal, maka mari kita kupas fakta-fakta menarik soal Pajero Sport Exceed 4×2 ini. Varian ini emang bukan yang terlaris sih, tapi versi termurahnya.

Ini dia fakta-fakta yang harus kamu ketahui soal Pajero seri Exceed.

1. Masih bisa minum Pertamina Dexlite

Mobil SUV ini menggendong mesin Pajero Sport lawas yang berkode 4D56 dan berkapasitas 2.500 cc. Meskipun mesinnya adalah diesel commonrail, tampaknya sah-sah aja kok bagi mobil ini buat menenggak BBM Pertamina Dexlite alias Pertalite-nya Diesel.

Tapi patut dicatat, walaupun emang penggunaan Dexlite masih bisa ditoleransi, tenaga dan performa mobil ini bakal sedikit berkurang dibanding pakai bensin yang emang dianjurkan pabrikan.

Menurut uji coba yang dilakukan oleh Kompas, konsumsi BBM Pajero Sport yang satu ini jika menenggak Dexlite kurang lebih di angka 12,6 kilometer per liter. Lumayan deh, gak boros-boros banget. Tapi tentunya bisa lebih irit lagi kalau kamu pakai Pertamina Dex.

2. Versi terbaru udah dilengkapi velg alloy dengan diameter 18 inci

Velg alloy terbuat dari campuran besi dan alumunium. Harga velg ini jelas lebih mahal ketimbang velg kaleng seperti yang ada pada mobil MPV seharga Rp 200 jutaan. Kualitasnya aja udah beda jauh, masa iya harganya sama atau lebih murah.

Karena bobotnya ringan, mobil SUV ini dipastikan bisa melakukan manuver dengan maksimal. Konsumsi BBM-nya jadi gak boros.

3. Punya jok fabric yang nyaman

Meski pakai jok fabric, tapi varian ini tetap nyaman kok waktu diduduki. Apalagi kalau kamu menjaga kebersihan mobilmu dengan baik.

Paling kalau gak pengin mobil cepat kotor ya tinggal beli aja jok semi kulit atau kulit asli. Tapi tentu aja itu gak murah, apalagi mobilnya Pajero Sport.

Kalau dari awal pengin Pajero Sport yang pakai jok kulit, maka kamu bisa pilih versi Dakar yang harganya tentu aja lebih mahal.

4. Head Unit Double Din

Walaupun gak dilengkapi panoramic roof, tapi buat urusan audio mobil ini cukup mumpuni. Versi termurah dari mobil SUV terlaris ini udah menggunakan head unit double din.

Head unit itu dilengkapi layar sentuh berukuran 6,5 inci. Udah ada CD, DVD, MP3, dan bisa terhubung dengan Bluetooth. Gimana? Cukup asyik, kan?

Speaker Exceed ada empat buah yang punya kualitas suara cukup jernih. Dentuman basnya benar-benar terasa mantap deh.

5. Ada sistem navigasi

Gak usah repot-repot juga beli dudukan ponsel biar gampang lihat Waze atau Google Maps. Soalnya, di head unit kamu udah bisa langsung mengaktifkan fitur navigasi.

Dan tentunya, rute perjalananmu bisa diatur langsung di sana.

6. Ada kamera belakang

Buat memudahkan parkir mundur, mobil SUV terlaris ini dilengkapi kamera belakang yang terintegrasi dengan head unit. Jadi ketika masuk gigi mundur, otomatis layar di tape double din akan menampilkan rekaman di kamera belakang mobil secara langsung.

Gak bakalan nabrak deh pas parkir mundur. Kecuali kamu emang gak peduli sama apa yang ada di belakangnya.

Seperti itulah wujud mobil SUV terlaris di Indonesia dari Januari sampai April 2018. So, makin tertarik buat beli gak nih? Atau malah jadi berubah pikiran?

Intinya, ketika bicara soal spesifikasi, Pajero Sport Exceed ini emang gak terlalu wah. Tetapi, fiturnya bisa dikatakan cukup, apalagi buat mobil seharga Rp 400 jutaan.

Oiya, satu lagi, maksudnya 4×2 itu adalah tenaga dari mesin mobil disalurkan ke dua roda aja. Kalau 4×4 artinya semua roda dialiri tenaga langsung dari mesin.

Meski demikian, tarikannya dijamin tetap enak dan bertenaga, apalagi kalau dibandingkan dengan mobil keluarga biasa.

Mobil SUV gitu lho…

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.