Menelisik Gurita Bisnis Tersangka Korupsi BLBI Sjamsul Nursalim

4 menit
Sjamsul Nursalim
Menelisik Gurita Bisnis Tersangka Korupsi BLBI Sjamsul Nursalim, (Instagram/@seputarinewsrcti).

Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan Sjamsul Nursalim sebagai tersangka kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Sjamsul dan istrinya dinyatakan terlibat dalam kasus korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) untuk Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) bank yang juga milik pengusaha asal Lampung itu.

Diduga Sjamsul dan terpidana kasus BLBI, yaitu Syafruddin Arsyad Mantan Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) telah melakukan kesepakatan jahat. Saat itu BPPN telah mengucurkan dana BLBI ke BDNI yang tujuannya buat menalangi operasional bank pascakrisis moneter.

Dana bantuan tersebut justru diselewengkan, sampai-sampai BDNI saat itu disebut melakukan sejumlah pelanggaran. Sjamsul pun tak kunjung mengembalikan dana pinjaman tersebut ke negara.

Hingga BPPN memiliki ketua baru yaitu Syafruddin Arsyad yang kini telah menjadi terpidana, kewajiban pengembalian dana BDNI pun tak kunjung dilakukan. Justru Syafruddin Arsyad mengeluarkan Surat Keterangan Lunas (SKL) ke BDNI yang artinya bank milik Sjamsul itu tidak perlu mengembalikan uang pinjaman tersebut ke negara. Total kerugian yang diterima negara mencapai Rp 4,58 triliun.

KPK sendiri akan melakukan pengembalian aset kerugian negara yang disebabkan oleh tindakan korup yang diduga dilakukan oleh Sjamsul Nursalim dan istrinya. Salah satu cara tercepatnya adalah dengan menyita aset berharga milik Sjamsul, misalnya saja, kerajaan bisnisnya.

Sjamsul diketahui merupakan konglomerat yang memilki banyak usaha, bahkan gak cuma di Indonesia, tapi juga di negeri tetangga seperti Singapura. Kira-kira apa saja sih gurita bisnisnya?

Baca juga: Gak Muda atau Tua! Ini 4 Orang Terkaya di Indonesia yang Usianya 40 Tahun

1. GT Radial

Sjamsul Nursalim
Sebagai salah satu tersangka KKP, Sjamsul memiliki gurita bisnis yang gede banget salah satunya GT Radial, (Instagram/@gtradial).

Semua orang sudah mengetahui kalau ban GT Radial itu memiliki kualitas terbaik, saking bagusnya banyak yang mengira kalau produk ini buatan luar. Padahal, GT Radial murni buatan produk dalam negeri.

Bahkan GT Radial sudah menjadi produsen ban terbesar di Asia Tenggara. Produk-produknya telah dikirimkan ke berbagai negara termasuk ke Eropa, Afrika, hingga Amerika Serikat. Siapa sangka kalau bisnis ini merupakan milik Sjamsul Nursalim, di bawah induk perusahaan PT Gajah Tunggal yang telah berdiri sejak tahun 1951.

Dulunya hanya memproduksi ban dalam dan ban luar untuk sepedah, tetapi kini sudah merambah ke ban mobil dan motor. Kalau ban mobil dengan merek GT Radial, sementara ban motor dengan merek IRC.

Baca juga: Negara Rugi Sampai Rp 490 Triliun Lebih, Ini 5 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia

2. Softex

Sjamsul Nursalim
Softex juga merupakan salah satu perusahaan milik tersangka KPK ini, (Instagram/@@womanhealthypedia).

Gajah Tunggal memiliki anak perusahaan yang banyak, selain GT Radial, ada juga PT Softex Indonesia. Kalau kamu tahu PT Softex Indonesia telah berdiri lama sejak tahun 1976 dengan produk andalannya Softex.

Perusahaan ini menjadi salah satu produsen pembalut wanita tersohor di Tanah Air. Maka gak heran deh kalau banyak orang yang menyebut pembalut wanita dengan nama Softex gak peduli apa mereknya.

Dikutip dari Tirto, perusahaan ini diurus langsung oleh istri dari Sjamsul, Itjih Nursalim. Selama bertahun-tahun bahkan hingga kini Softex telah menjadi raja di pasar pembalut wanita tanpa ada produk saingan yang bisa mengalahkan kepopuleran mereka.

Baca juga: Masih Jadi Buronan Kasus Korupsi, Mantan Pejabat Nikahkan Putrinya bak Royal Wedding

3. Mitra Adiperkasa

Sjamsul Nursalim
Starbucks merupakan salah satu merek minuman yang ada di bawah naungan perusahaan reatil milik Sjamsul, MAP, (Instagram/@starbucksindonesia).

Sjamsul Nursalim juga terjun ke dunia ritel dan fesyen dengan mendirikan PT Mitra Adiperkasa. Kalau kamu tahu PT Mitra Adiperkasa atau disingkap MAP ini telah banyak berkontribusi besar memasukkan produk-produk luar negeri ke pasar Indonesia. Di dunia ritel mereka punya kategori makanan dan minuman seperti Starbucks, Burger King, Domino’s Pizza, Cold Stone Creamery, dan Pizza Marzano.

Sementara di dunia fesyen ada Zara, Sogo, Planet Sports, Lacoste, Dr. Martens, dan masih banyak lagi.

Sejak didirikan pada tahun 1995 silam, MAP terus menorehkan pendapatan yang cemerlang dan cukup pesat. Hingga akhirnya pada tahun 2004 mereka sudah melantai di bursa efek.

4. Tambak udang dan persewaan gudang PT Dipasena Citra Darmaja

Sjamsul Nursalim
Sjamsul juga memiliki tambak udang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sjamsul memiliki perusahaan PT Dipasena Citra Darmaja. Perusahaan ini menyediakan lahan tambak udang sekaligus persewaan gudang penyimpanan. Tapi sayangnya operasional tambak udang ini tersendat lantaran terseret dalam kasus BLBI yang melibatkan Bank Dagang Nasional Indonesia milik Sjamsul.

5. Perusahaan properti di Singapura

Sjamsul Nursalim
Gak cuma di dalam negeri, tersangka KPK ini juga memiliki perusahaan properti di Singapura, (Instagram/@visit_singapore).

Pundi-pundi Sjamsul lainya juga didapat dari perusahaan properti di Singapura bernama Tuan Sing Holdings. Sjamsul memiliki kepemilikan saham sekaligus meminta putranya menjadi CEO dan Executive Director.

Perusahaan yang bergerak dibidang pembangunan kompleks real estate, properti komersial, dan juga area industri itu gak cuma eksis di Singapura, tetapi juga di China. Tuan Sing Honldings telah memiliki 60 anak perusahaan yang tersebar di Asia Tenggara, China, dan Australia.

Nah, itu tadi lima gurita bisnis yang bikin Sjamsul Nursalim yang tajir melintir. Tapi tetap aja, kalau misalnya kekayaannya didapat dari hasil korupsi mah merugikan orang lain namanya. Menurut kamu perlu disita KPK gak? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!