Biar Kinclong! Segini Bujet yang Dibutuhkan Pria untuk Membeli Skincare

4 menit
Skincare

Skincare seperti halnya fesyen, kini bukan hanya dominasi untuk kaum wanita saja. Selain untuk kaum hawa, pria juga membutuhkan produk kecantikan ini.

Pasalnya, kini pria juga udah banyak yang aware dengan penampilan mereka, termasuk soal perawatan wajah yang bikin mereka terlihat kinclong.

Lagipula siapa sih yang gak pengin wajahnya terlihat bersih dan segar? Bukan cuma wanita, pria juga pasti juga ingin terlihat seperti itu.

Gak heran kalau kini pria rela merogoh kocek yang banyak untuk membeli produk kecantikan yang digunakan di pagi hingga malam hari.

Bahkan, demi menunjang penampilan mereka, kaum adam juga udah gak sungkan lagi belanja skincare ke mal. Jadi gak usah heran, kalau ada segelintiran pria di toko skincare di tengah kerumunan wanita.

Meski begitu, bisa dibilang produk kecantikan yang dimiliki pria memang gak selengkap wanita. Tahu kan kalau untuk urusan perawatan wajah malam hari aja, mungkin ada lebih dari tiga item skincare yang dibutuhkan wanita.

Lalu, berapa sih kira-kira bujet yang harus disiapkan pria untuk membeli skincare, dan apa aja produk yang mereka butuhkan?

Nah, buat kamu yang ingin mengetahuinya, simak yuk seluk beluk kebutuhan skincare pria menurut survei yang sudah dilakukan MoneySmart berikut:

Mengapa butuh skincare?

Skincare
Skincare

Pria dan skincare meski banyak yang sudah menerimanya, masih banyak juga yang menganggapnya cukup tabu. Pasalnya, gak sedikit pria yang menganggap mereka tidak membutuhkannya.

Mereka adalah kaum pria yang tidak peduli dengan penampilan wajah, mau kusam, banyak komedo dan masalah wajah lainnya.

Tapi, untuk sebagian pria lainnya, mereka butuh produk tersebut untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih bersih dan enak dipandang. Dengan begitu, bisa menambah rasa kepercayaan diri.

“Butuh skincare biar wajah lebih segar aja. Lagipula enak aja dilihatnya wajah kalau gak ada jerawat maupun masalah wajah lain. Jadi, lebih percaya diri,” kata Bagus saat ditemui MoneySmart sedang belanja skincare di salah satu mal di kawasan Senayan, Jakarta.

Bagus juga mengungkapkan, pekerjaannya sebagai Marketing Communication di salah satu stasiun TV menuntutnya selalu terlihat rapi dan bersih.

“Apalagi kan pekerjaan saya sering pergi meeting, gak enak aja kalau pas meeting sama klien penampilannya gak rapi dan kucel,” ungkapnya.

Baca juga:

Skincare Korea di Bawah Rp 100 Ribu Ini Dijamin Bikin Wajahmu Mulus

Bagaimana cara menentukan brand skincare?

Produk skincare pria
Produk skincare pria

Berbeda dengan wanita yang memang tahu betul tentang seluk beluk skincare, pria umumnya asal membeli tanpa memerhatikan beberapa hal. Salah satunya, apakah produk ini cocok untuk jenis kulit wajah saya?

Padahal, kamu gak bisa lho sembarang menggunakan skincare. Kalau salah memilih, yang ada justru semakin memperparah masalah kulit wajahmu.

Karena itu, kamu harus membeli produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah, dan jenis wajahmu.

Misalnya, jika kondisi kulitmu sensitif dan berminyak, pilihlah produk skincare yang memang khusus untuk kulit sensitif dan berminyak. Kalau salah membeli dan diaplikasikan di wajah, jangan heran kalau kamu mengalami masalah wajah, salah satunya jerawat.

“Awalnya emang carinya produk skincare khusus buat pria, tanpa tahu harus beli produk yang kayak gimana. Jadi, main asal beli dan pakai. Tapi mukanya malah makin kering dan jadi kasar. Maklumlah, cowok mana ngerti skincare-skincare-an,” ujar Andri, salah satu pria yang terlihat sedang berbelanja skincare.

Setelah berkonsultasi dengan kekasihnya, Andri pun akhirnya bisa menentukan produk skincare yang cocok untuk jenis dan permasalahan kulitnya,” imbuh dia.

“Akhirnya saya cerita sama pacar saya. Beli produk skincare ini dan ternyata gak cocok buat jenis kulit saya. Kulit saya kan kering, tapi malah beli yang buat kulit berminyak.

“Pantes aja, kulit saya makin kering jadinya. Jadinya sekarang kalau mau beli skincare tanya dulu deh sama pacar biar gak salah. Gak cuma muka yang hancur tapi jadinya kan buang-buang duit,” sambungnya.

Baca juga:

Biaya Perawatan Tubuh Sandiaga Uno dari Ujung Kaki Sampai Rambut

Produk skincare yang biasa digunakan?

Skincare pria
Skincare pria

Berbeda dengan wanita, pria hanya membeli produk perawatan wajah yang mereka butuhkan. Jadi, jangan harap tuh pria bakal menggunakan serangkaian skincare di pagi atau malam hari seperti wanita.

“Tadinya sih cuma beli facial wash sama krim buat cukur jenggot aja, tapi katanya butuh pelembap juga sama beli body lotion. Jadi, ya sudah beli aja, dan ternyata memang berguna banget sih,” papar Bagus.

Berapa bujet yang harus dipersiapkan untuk membelinya?

Skincare pria
Skincare pria

Bicara soal bujet, sebenarnya gak sedikit pria yang akan memikirkan puluhan kali jika harus merogoh kocek banyak untuk membeli produk skincare.

Tapi, coba kalau buat beli barang yang disukai. Misalnya, ganti knalpot motor. Pasti rela banget tuh mengeluarkan uang gede.

Karena itu, umumnya pria hanya akan membeli produk skincare yang harganya ramah di kantong. Pasalnya, mereka rata-rata beranggapan yang penting wajahnya tetap dirawat.

“Biasanya beli di drugstore aja tuh, dan gak mahal-mahal banget sih. Kalau ditotal-total gak sampai Rp 250 ribu buat beli semua produk skincare. Lagipula, gak keluar duit setiap bulan kok, kecuali pembersih muka ya. Jadi, termasuk iritlah,” ucap Bagus.

Setelah dihitung-hitung, berikut kisaran bujet yang biasa dikeluarkan pria untuk membeli produk perawatan wajah:

 

  • Facial wash Pond’s Men: Rp 30 ribu
  • Krim cukur jenggot Body Shop: Rp 80 ribu
  • Pelembap Nivea Men: Rp 60 ribu
  • Body lotion Vaseline Men: Rp 40 ribu

 

 

 

 

Kalau ditotal, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 210 ribu saja kok untuk membeli produk perawatan wajah.

Nah, itu dia seluk beluk tentang skincare yang perlu diketahui. Jadi, biar wajah semakin kinclong, kamu perlu cari tahu dulu kondisi dan jenis kulit wajahmu. Tujuannya untuk mencegah masalah wajah, dan gak buang-buang uang juga.

Sayang kan kalau udah beli produk perawatan wajah mahal-mahal, tapi ternyata gak cocok buat jenis kulitnya. Jadi, gak perlu sungkan bertanya ke pihak penjual jenis produk apa yang cocok untuk kamu.

Selain itu, kini udah banyak sekali produk perawatan wajah yang ramah di kantong dan banyak dijual di pasaran.

Jadi, jangan pernah terpatok brand tertentu ya. Ingat! Murah bukan berarti murahan. Lagipula kalau ada produk perawatan wajah yang murah dan bagus, ngapain juga harus nyekek kantong buat beli skincare yang mahal. Setuju? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.