Skor Kredit Bisa Ditingkatkan dengan 5 Cara Mudah Ini

3 menit
Memiliki skor kredit yang baik adalah keuntungan besar buatmu (Shutterstock).

Memiliki skor kredit yang baik adalah keuntungan besar buatmu. Pasalnya skor kredit adalah gambaran dari kemampuan kamu membayar utang kredit.

Definisi skor kredit itu sendiri adalah nilai yang diberikan kepada setiap debitur atau individu, dengan tujuan agar digunakan oleh pihak kreditur dalam menentukan kemampuan para debiturnya atau calon debitur guna melaksanakan tanggung jawab serta menentukan kredit yang mereka ajukan.

Skor kredit yang rendah, memberikan indikasi jika kamu beresiko tinggi, sehingga tingkat suku bunga pinjaman yang diberikan akan menjadi lebih tinggi, atau besar kemungkinan ditolaknya pengajuan kredit yang telah diajukan. Untuk menutup resiko kreditur, seandainya kamu gagal melakukan pembayaran atau tidak dapat melunasi kredit.

Namun jika kamu memiliki skor kredit yang tinggi, maka kredit yang diinginkan akan didapat dengan mudah. Skor tersebut berkisar Antara 300 – 850. Nilai diatas 720 menunjukan zona aman, sedangkan nilai dibawah 640 akan membuat kamu kesulitan untuk mendapatkan kredit.

Nah bagaimana sih cara meningkatkan skor kredit kamu? Berikut trik mudah yang perlu kamu simak.

Baca juga: Pengin Hemat Biaya Internet Saat Liburan ke Luar Negeri, Begini Caranya

1. Perbaiki kesalahan yang ada

Jangan lakuin 7 hal ini sama pacar
Buku rekening (Ilustrasi).

Sebelum berkeinginan meningkatkan skor kredit, pastikan dulu informasi yang ada benar dan akurat. Cek penulisan alamat atau rekening yang tertera, jika bukan tertera atas namamu wajib perbaiki segera.

Lakukan pemeriksaan ini setidaknya setiap enam bulan sekali untuk menghindari masalah berlarut-larut. Jangan sampai skor kredit kamu berantakan hanya karena hal sepele.

2. Jangan tergiur kartu kredit baru

Kartu kredit BNI (Instagram).

Usahakan untuk tidak tergiur pada tawaran kartu kredit yang baru. Memang tidak bisa dipungkiri semakin tinggi kartu kreditmu, banyak pula tawaran yang akan datang. Batasi diri pada 1 sampai 3 jenis kartu kredit saja ya.

Jika kamu berani memiliki lebih dari empat kartu kredit, itu akan memengaruhi skor mu. Fokus untuk bertahan pada kartu kredit yang kamu gunakan saja. Jangan jatuh pada jebakan bonus yang ditawarkan sales perusahaan kartu kredit ya.

Baca juga: Mitos dan Fakta Tentang Uang dalam Hidup, Kamu Percaya yang Mana Nih?

3. Buat pembayaran otomatis

Cek tagihan lewat SMS Banking.

Jika kamu termasuk orang pelupa akut, ada baiknya gunakan pembayaran otomatis untuk setiap tagihan. Itu adalah salah satu cara untuk menghindari keterlambatan pembayaran cicilan.

Saat ini setiap bank memiliki fitur pembayaran tagihan otomatis yang memudahkan kamu. Tinjau riwayat tagihan kartu kredit dan tulis informasi kapan jatuh tempo tagihannya. Pastikan kamu memiliki pemahaman akan arus kas keuanganmu. Berapa banyak uang tersisa setiap bulan, gunakan itu untuk melakukan cicilan lain.

4. Sesuaikan tanggal tagihan

Tagihan kartu kredit (Shutterstock0.

Siklus pembayaran cicilan tagihan kartu kredit setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu ada baiknya kamu sesuaikan jatuh tempo dengan tanggal gajian kamu. Jika jatuh tempo sebelum tanggal gajian, segera lakukan perubahan ya.

Hal ini untuk memudahkan kamu juga ke depannya, meski mengubah tanggal jatuh tempo itu memerlukan waktu dan proses yang rumit.

Baca juga: Gak Pengin Hidup Kamu Boros, Ikuti 5 Cara Menghemat Kuota Internet Ini

5. Jangan gunakan kartu kredit di luar batas

Belanja online (Ilustrasi).

Idealnya menggunakan kartu kredit adalah 30 persen. Diatas itu jangan! Dibawah itu jauh lebih baik. Kontrol pemakaianmu setiap bulan ya. Jangan sampai kamu menggunakan lebih dari 30 persen karena bakal dianggap kesulitan finansial.

Jangan juga bergantung pada kartu kredit untuk melakukan pembelanjaan sehari-hari. Gunakan hanya untuk hal mendesak, bukan kebutuhan setiap bulan.

Meningkatkan skor kartu kredit memang tidak instan. Tetapi jika kamu konsisten membayar tagihan setiap bulan, tidak menggunakan banyak kartu kredit dan sebagainya memungkinkan kamu dapat meningkatkan skor dengan mudah. Mendapatkan skor kredit baik tidaklah sulit selama kamu sendiri disiplin. Selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan