Pertama di Dunia, Canggih dan Murah Smartphone Mara X dan Z Buatan Afrika

3 menit
Pertama di Dunia, Canggih dan Murah Smartphone Mara X dan Z Buatan Afrika, (Ilustrasi/Shutterstock).

Smartphone saat ini didominasi oleh pabrikan buatan Amerika, Korea Selatan hingga China. Nah, kali ini datang dari Rwanda ya pertama kalinya smartphone Afrika dibuat dan akhirnya dirilis. 

Merek smartphone seperti Samsung, iPhone, Huawei, Oppo, Xiaomi, Vivo, Asus hingga Nokia emang udah gak asing lagi bagi penggemar gadget. Tapi gimana kalau pasar gadget di dunia diramaikan dengan kehadiran Mara X dan Z yang gak lain smartphone buatan Afrika. 

Hampir semua brand tersebut memanfaatkan pabriknya berada di Asia untuk memangkas ongkos produksi yang banyak. Namun seakan pengin mematahkan stigma kalau produsen hp itu hanya berasal dari benua Eropa, Asia dan Amerika doang, Afrika unjuk gigi nih.

Perusahaan Mara Group asal Rwanda, Afrika memutuskan buat memproduksi langsung smartphone di negerinya. Bahkan peresmian pabriknya yang berlangsung pada tanggal 7 Oktober 2019 tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Rwanda yakni Paul Kagame seperti yang dilansir dari Forbes.

Dua produk smartphone utama yang disiapkan itu adalah Mara X dan Mara Z. Yuk simak lengkap spesifikasinya berikut ini:

Baca juga: Ada yang Harganya Ratusan Miliar, Ini 5 HP Termahal di Dunia

Smartphone Afrika Mara X menggunakan chipset Mediatek MT6739

Smartphone Afrika
Ini lho wujud smartphone pertama buatan Afrika, (maraphones.com).

Masuk dalam jajaran kelas low-end ada Mara X yang disenjatai dengan layar sebesar 5,5 inch beresolusi HD+ dan udah dilindungi dengan proteksi pelindung Corning Gorilla Glass bikin tahan goresan benda tajam.

Sedangkan untuk bagian dapur pacunya dibekali dengan chipset Mediatek MT6739, RAM 1 GB, Media penyimpanan 16 GB, kamera belakang sebanyak 1 unit dengan resolusi 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. 

Buat kapasitas baterainya berkapasitas 3.500 mAh. Nah, buat softwarenya disematkan Android Oreo versi 9 Go Edition. Buat harganya dipatok kisaran Rp 1,8 jutaan atau setara dengan 120 Euro.  

Baca juga: Harganya Rp 221 Miliar, Kediaman Baru Chris Pratt Belum Seutuhnya Jadi!

Smartphone Mara Z memiliki RAM 3GB dan media penyimpanan 32GB

smartphone afrika
Ini lho ponsel pintar buatan Afrika, (maraphones.com).

Untuk Mara Z bisa dikatakan masuk ke kelas mengahnya dengan ukuran layar sekitar 5,7 inch beresolusi HD+ dan udah dilindungi dengan kaca Corning Gorilla Glass layaknya Mara X.

Masuk ke sektor mesinnya sendiri disematkan chipset Snapdragon 435, RAM 3GB, media penyimpanan 32GB, kamera belakang beresolusi 13 megapiksel dan kamera depan 13 megapiksel juga. Gak ketinggalan fitur sensor sidik jari serta kapaistas baterai sebesar 3.075 mAh.

Selain itu dari sisi piranti lunak, Mara Z dipersenjatai dengan sistem operasi Andriod Oreo versi 9. Harganya sendiri berkisar di angka 170 Euro atau setara Rp 2,6 juta. Kamu tertarik buat membelinya?

Baca juga: Bukan lagi ke Dealer atau Pemeran, Kini Beli Mobil Bisa via Smartphone

Siapa sih Mara Group itu?

Smartphone Afrika
Mara Group memulai kiprahnya di pasar gadget dengan melepas Mara X dan Mara Z, (ytimg.com).

Sebagian dari kamu mungkin belum mengenal tentang perusahaan yang bermarkas di Dubai, Uni Emirat Arab ini. Mara Group sendiri berdiri pada tahun 1996 lalu oleh Ashish Takkar yang sekaligus menjabat sebagai CEO.

Ia merupakan seorang pebisnis berdarah Inggris-Rwanda yang lahir pada tanggal 5 Agustus 1981 di London, Inggris. Mara Group sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan udah merambah di 22 negara dan memiliki lebih dari 11 ribu pegawai di seluruh dunia.

Pada tahun 2010, Mara Group sempat terpilih sebagai Global Growth Company oleh World Economic Forum. Mereka juga aktif dalam melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat Afrika yang mengalami kesulitan ekonomi.

Nah itulah sedikit informasi tentang smartphone Afrika pertama Mara X dan Mara Z. Sebagai pemain baru di pasar gadget kita tunggu aja kiprah Mara X dan Mara Z di dunia. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1