Kehadiran Smartphone Black Market Ganggu Banget Penjualan Pasar Resmi Lho!

2 menit
Kehadiran Smartphone Black Market Ganggu Banget Penjualan Pasar Resmi Lho!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kehadiran penjualan smartphone black market emang udah lama banget nih. Dari segi kehadiran smartphone black market emang ada plus minusnya nih. Dari sisi penjualnya diuntungkan, buat pembeli terkadang malah dirugikan. 

Tapi juga ada beberapa sih pembeli yang masih suka membeli smartphone black market. Nah, kehadiran barang-barang black market justru juga sangat menganggu penjualan pasar smartphone lokal lho. 

Seperti dikutip dari Okezone.com, Rabu, (10/7/2019), peredaran smartphone BM alias black market emang bakal semakin ditekan nih dengan adanya implementasi aturan soal nomor IMEI yang rencananya bakal dimulai pada Agustus mendatang. Kalau udah ada peraturan dari pemerintah ini, seharusnya sih diharapkan bisa menciptakan persaingan penjualan smartphone secara sehat di Tanah Air. 

Salah satu merek smartphone lokal, Advan sangat antusias nih dengan adanya peraturan di atas tadi. Andy Gusena, Brand Director Advan mengungkapkan bahwa penerapan aturan IMEI bakal menciptakan pasar smartphone yang jelas. 

Baca juga: Ada yang Harganya Ratusan Miliar, Ini 5 HP Termahal di Dunia

Kehadiran smartphone black market bakal merusak penjualan barang resmi

black market
Kehadiran smartphone BM sangat menganggu penjualan resmi nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

“Saya yakin setiap brand ada pasar masing-masing. Nah, dengan adanya (aturan IMEI) ini, akan tercipta pasar-pasar yang jelas. Pasar yang mana, itu memang dia pengguna brand apa, akan seperti itu,” ujar Andy seperti dikutip Okezone.com.

Adanya peraturan IMEI ini juga diharapkan mendukung penjualan smartphone lokal yang selama ini emang morat-marit. Kalau udah begini artinya pemerintah mendukung nih dengan adanya penjualan merek-merek lokal buat bersaing oleh merek asing. 

Tanpa adanya peraturan IMEI ini, merek-merek smartphone yang udah banyak mengalami kerugian nih, apalagi dari segi penjualan. Sebelumnya penjualan merek smartphone lokal Advan sempat berada di posisi ketiga nih namun sata ini berada di posisi kelima di Tanah Air. 

Emang sih saat ini kehadiran pasar smartphone BM sangat banyak digandrungi oleh banyak orang. Gimana gak, orang banyak memilih buat membeli barang-barang BM ya meskipun kadang kualitasnya mengecewakan banget. 

Nah, kamu gimana nih salah satu orang yang mendukung dengan adanya penjualan smartphone black market? Nah, kalau emang pernah dikecewakan ya jangan pernah membeli barang-barang BM lagi. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!