Gak Cuma Jual Smartphone, Huawei Bakal Rambah Produksi Mobil Pintar!

2 menit
Smartphone Huawei
Gak Cuma Jual Smartphone, Huawei Bakal Rambah Produksi Mobil Pintar!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa yang gak mengenal dengan produsen smartphone Huawei yang kini pamornya tengah naik daun. Pabrikan smartphone asal China ini dikabarkan merambah dunia otomotif nih.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Minggu, (21/4/2019), pabrikan smartphone Huawei bakal memproduksi mobil lho. Hal ini dilakukan demi merambah sektor bisnis pabrikan asal China ini.

Nama Huawei kini emang tengah naik daun nih, selain gencar tengah mempromosikan gadget terbarunya, perusahaan terbesar asal China ini baru aja menandatangani kerja sama perusahaan mobil, Dongfeng.

Ya, Dongfeng merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar Negeri Tirai Bambu. Nah, awal bulan lalu, Huawei dan Dongfeng menandatangani perjanjian dengan otoritas Xiangyang senilai kisaran 3 miliar yuan atau setara dengan Rp 6,3 triliun.

Pabrikan ponsel pintar asal China ini merupakan bukan yang pertama kali berencana membuat sebuah mobil. Sebelumnya rival Huawei, Xiaomi juga udah melakukan pengembangan mobil dengan menggandeng produsen otomotif, Bestune.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

Huawei bakal merambah dunia otomotif dengan membuat mobil otonom

Smartphone Huawei
Huawei bakal merambah dunia otomotif dengan membuat mobil otonom, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kita belum tahu nih kedua perusahaan besar asal Negeri Panda ini bakal memproduksinya massal dan menjualnya ke luar negeri atau cuma di China aja. Pasalnya, Xiaomi yang menggandeng Bestune bakal mengeluarkan mobil model SUV yang memiliki tenaga mencapai 143 hp.

Mobil keluaran Xiaomi dan Bestune ini juga diberi nama Bestune 177 dan bakal dipasarkan cuma di China aja lho. Nah, gak tahu nih kalau Huawei, mereka bakal memproduksi dan menjualnya cuma di China aja atau bakal dilepas ke pasar luar negeri.

Mobil yang diproduksi dan akan diproduksi oleh pabrikan smartphone asal China ini bakal menyematkan teknologi otonom. Hal ini udah dilakukan di SUV Bestune 177.

Gimana ya kalau kiprah smartphone Huawei dalam merambah dunia otomotif? Hal ini bakal menjadi persaingan ketat nih bagi perusahaan-perusahaan mobil yang tengah gencar bikin mobil pintar.

Pasalnya kini banyak negara yang tengah gencar buat memproduksi mobil listrik demi menjaka ekosistem lingkungan. Bahkan di Indonesia tengah ramai bakal banyaknya mobil listrik di negara yang saat ini baru aja menyelesaikan Pemilu 2019. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!