Apple Dikalahkan Samsung dan Huawei sebagai Smartphone Terlaris di Q1 2019

2 menit
Apple Dikalahkan Samsung dan Huawei sebagai Smartphone Terlaris di Q1 2019, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di Q1 tahun 2019 kali ini tercatat beberapa nama pabrikan smartphone terlaris. Data terbaru bahwa Huawei menungguli Apple yang biasanya mejadi primadona di pasar smartphone dunia.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Kamis, (2/5/2019), Apple merosot posisinya sebagai smartphone terlaris di kuartal pertama tahun ini. Huawei dan Samsung merupakan dua merek ponsel pintar yang berhasil menggeser takhta Apple sebagai smartphone terlaris.

Lembaga International Data Coporation (IDC) mengumumkan bahwa Huawei mengapalkan 310,8 juta smartphone secara global dalam tiga bula pertama di tahun 2019. Nah, tahun ini emang Huawei tengah gencar dengan mengeluarkan produk-produk terbarunya di seri P30.

Ya, pasti kamu udah tahu dengan Huawei P30 dan P30 Pro yang kini menjadi andalan Huawei di pasar ponsel pintar global. Meskipun besar, jumlah tersebut turun 6,6 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Ada yang Harganya Ratusan Miliar, Ini 5 HP Termahal di Dunia

Samsung dan Huawei mengungguli Apple di kuartal pertama sebagai smartphone terlaris

Smartphone terlaris
Apple digeser sebagai ponsel pintar terlaris oleh Samsung dan Huawei, (ilustrasi/Shutterstock).

“Semakin jelas Huawei fokus ke pertumbuhan mereka dalam perangkat mobile, dengan ponsel pintar sebagai yang utama,” ujar Direktur Bagian Perangkat Mobile IDC, Ryan Ryeith seperti dikutip dari Okezone.com.

Versi IDC, nama Samsung masih mengapal sebagai ponsel terbanyak secara global. Berbeda dengan Huawei yang tumbuh banget nih dari segi pengiriman sebanyak 50 persen atau setara dengan 59,1 juta unit di kuartal pertama ini.

Sementara nih, Apple di kuartal pertama 2019 merupakan periode yang menantang bagi perusahaan besutan Steve Jobs ini. iPhone 30,2 persen dari tahun lalu, sebanyak 36,4 juta unit.

Ya, bergesernya smartphone besutan Apple ini lantaran harga jualnya yang selangit. Banyak konsumen yang akhirnya memutuskan buat lari ke pasar Android, apalagi dengan keluarnya model terbaru dari Samsung dan Huawei cukup menggoda bagi pengguna ponsel pintar.

Nah, itu dia secuil informasi perihal smartphone terlaris di kuartal pertama tahun 2019. Huawei sebagai merek China berhasil menggeser Apple sebagai smartphone terlaris. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan