Smartwatch Ini Lebih Murah dan Lebih Canggih Ketimbang Apple Watch

3 menit
Smartwatch Fitbit Versa 2 (Instagram).
Smartwatch Fitbit Versa 2 (Instagram).

Smartwatch telah menjadi aksesori andalan masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, meski bentuknya jam, tapi fungsinya gak kalah canggih dari ponsel, bisa membalas pesan dan digunakan untuk telepon. 

Brand elektronik ternama pun sudah mengeluarkan produk jam pintar mereka masing-masing, tentunya dengan karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lain. Sebut saja seperti Samsung, Apple, hingga Xiaomi. 

Di antara produk-produk itu, tetap yang paling laris adalah Apple Watch. Bentuknya yang simpel dengan beragam fitur canggih menjadi keunggulannya dibanding produk serupa dari brand lainnya. 

Tapi bukan produk Apple namanya kalau harganya gak mahal. Dikutip dari situs Ibox, harga yang generasi ke-3 saja Rp 5 jutaan, sementara yang generasi 4 Rp 7 jutaan.

Buat orang yang berduit sih mungkin harga segitu masih oke-oke saja, tapi bagaimana dengan orang yang berduit pas-pasan, namun pengin gaya? Tenang saja, ada produk yang lebih murah dan bahkan lebih canggih dari Apple Watch, yaitu Fitbit. 

Jam pintar satu ini juga berasal dari Amerika Serikat, dan pertama kali dikembangkan pada tahun 2007 silam. Fitbit dan Apple sebenarnya saling bersaing secara ketat di dalam pasar smartwatch. Produk keduanya termasuk yang paling laris bila dibandingkan dengan Samsung maupun Xiaomi. 

Meski bersaing, kalau soal harga tetap jauh berbeda. Kalau Apple dijual mulai dari Rp 5 juta, Fitbit lebih bisa dijangkau banyak orang, dengan Rp 2 – 4 jutaan! 

Meski murah, smartwatch Fitbit Versa 2 ternyata memiliki tiga fitur andalan yang gak dimiliki Apple lho. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari Business Insider

Baca juga: 12 Case Iphone Terbaik Tahun 2019, Dijual dari Rp 500 Ribu sampai Rp 5 Juta

1. Always-on display 

Smartwatch
Jam pintar Fitbit Versa 2 (Instagram).

Smartwatch Fitbit Versa 2 dibekali dengan layar AMOLED yang bisa disetting selalu aktif, untuk menampilkan informasi penting seperti penunjuk waktu, tanggal, dan baterai, meskipun jam pintar ini sedang tidak digunakan. Jadi kamu tinggal nunduk saja, tanpa harus mengetuk layar atau menggerakkan pergerakan tangan. 

Sedangkan di Apple Watch kamu diharuskan untuk menggerakkan tangan atau menyentuh layarnya untuk bisa mengaktifkan layar. Tapi itu juga nanti bakal mati sendiri setelah 15-60 detik. 

2.  Baterai yang bisa tahan selama 5 hari

Smartwatch
Baterai FitBit Bisa Tahan 5 Hari (Instagram).

Bila dilihat dari situs resminya Fitbit Versa 2 dilengkapi dengan baterai lithium-polymer. Baterai ini mampu aktif selama 5 hari lebih hanya dalam waktu pengisian sekitar 2 jam. Sedangkan Apple Watch hanya mampu bertahan dalam waktu 1,5-2 hari sebelum akhirnya perlu diisi dayanya. Wah jauh banget ya perbedaannya!

Bahkan, ketika mode always-on display di smartwatch Fitbit diaktifkan, daya tahan baterainya masih lebih unggul dari Apple Watch, yaitu 2 hari!

3. Mengukur kualitas tidur 

Smartwatch
FitBit Warna Ungu (Instagram).

Fitbit Versa 2 dilengkapi dengan fitur canggih yang bisa mengukur kualitas tidur pengguna. Penghitungan itu didasarkan pada waktu tidur, berapa lama tidur di ruangan yang terang, sampai kondisi detak jantung selama tidur. 

Di Apple Watch sebenarnya juga bisa digunakan untuk mengukur kualitas tidur. Tapi sayangnya, kamu harus mengunduh aplikasi tambahan dan itu gak gratis. 

Itulah tiga keunggulan smartwatch Fitbit Versa 2 bila dibandingkan dengan Apple Watch. Selain lebih canggih, penggunaan Fitbit juga dinilai lebih hemat, karena daya tahan baterai yang lama dan fitur yang gratisan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.