Soal Finansial, Ini Persiapan Pernikahan Wajib Buat Para Wanita

Pandangan umum masyarakat sering kali mengaitkan persiapan pernikahan untuk wanita “hanya” seputar perawatan tubuh dan persiapan pestanya. Sementara terkait urusan finansial adalah tanggung jawab pria.

Padahal, pernikahan bakal berhasil bila kedua mempelai bekerja sama, termasuk urusan keuangan rumah tangga. Oleh karena itu, ada baiknya wanita pun menyiapkan beberapa hal berikut jelang hari pernikahan.

[Baca: Pengantin Baru, Pahami 5 Hal Ini Agar Keuangan Rumah Tangga Sehat]

1. Apik mengelola uang

Persiapan Menikah untuk Wanita - 1
Wanita itu biasanya apik, termasuk soal mengelola uang (WordPress)

Meskipun nantinya kamu memilih atau diminta suami buat gak bekerja lagi, itu bukan berarti kamu gak tahu-menahu soal keuangan keluarga. Justru di situlah kemampuan kamu buat mengelola uang bakal tertantang.

Jadi, supaya gak shock banget pas menikah, coba deh mulai sekarang latihan buat apik mengelola uang yang kamu miliki.

Salah satu caranya adalah belajar buat mengatur gaji yang kamu terima saat bekerja saat ini.

Agar makin kompak hingga berumah tangga, kamu dan calon suami bisa mulai dengan punya rekening bersama. Dengan begitu, kamu udah melakukan persiapan buat terbiasa mengelola uang bersama.

[Baca: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah]

2. Punya tabungan dan dana darurat

Persiapan Menikah untuk Wanita
Punya tabungan gak cuma tugas pria (GetItOnline)

Gak cuma calon suami aja dong yang harus punya tabungan dan dana darurat. Kamu pun bisa lakukan persiapan pernikahan ini seorang diri.

Gak ada salahnya berbagi tugas buat menyisihkan dana pernikahan, kan? Toh yang menikah kan kalian berdua, bukan seorang aja.

Caranya, kamu bisa sisihkan masing-masing 10 persen dari gaji buat tabungan dan dana darurat.

Tabungan bisa kamu gunakan buat bantu meringankan biaya pernikahan. Sementara dana darurat buat kebutuhan setelah pernikahan ataupun disimpan terus hingga benar-benar dibutuhkan.

3. Siapkan target keuangan

Persiapan Menikah untuk Wanita - 2
Punya target jangka pendek dan jangka panjang (Lgfcu)

Di balik pria sukses, terdapat wanita yang hebat. Kamu pasti sering dengar pepatah tersebut dong.

Calon suami kamu nantinya bisa mencapai beberapa goal-nya bila kamu ikut mendukung. Gak cuma sekadar support, kamu pun bahkan juga bisa turut berkontribusi. Hal ini bisa kamu latih semenjak belum menikah.

Sewaktu masih single, kamu selalu bikin target-target keuangan tertentu. Misalnya, target buat punya investasi dengan jumlah sekian, punya kendaraan sendiri ataupun goal lainnya.

Nah, persiapan pernikahan untuk wanita pun demikian. Kamu udah punya target keuangan tertentu saat menikah nanti. Misalnya, punya rumah dalam waktu lima tahun, udah mulai siapkan dana pendidikan anak setelah dua tahun menikah, dan lainnya.

Percaya deh, suami kamu bakal makin cinta karena punya istri yang punya visi-misi yang sama dengan dia.

[Baca: Ini 8 Cara Jadi Wanita Mandiri Finansial Tanpa Harus Jadi Pelakor]

4. Kemampuan mengurus rumah

Persiapan Menikah untuk Wanita - 3
Ini cuma sekadar berbagi tugas, kok (GoodHouseKeeping)

Satu lagi persiapan menikah untuk wanita yang harus kamu latih adalah kemampuan mengurus rumah.

Emang sih ini gak berkaitan langsung dengan urusan keuangan. Tapi, rumah yang nyaman bakal bikin calon suami kamu lebih produktif buat bekerja.

Jadi, mulai sekarang, kamu bisa berlatih buat beres-beres rumah, ya. Gak perlu yang ribet, yang terpenting bikin rumah senyaman mungkin buat ditinggalin.

Sebenarnya, soal mengurus rumah bukan harus jadi tanggung jawab wanita. Namun, ini cuma soal pembagian tugas aja. Suami dan istri tetap saling kerja sama namun dengan peran masing-masing.

5. Punya asuransi kesehatan

Persiapan Menikah untuk Wanita - 4
Punya asuransi kesehatan sedini mungkin (YourStory)

Siapa bilang punya asuransi kesehatan hanya disarankan buat mereka yang sudah tua? Justru sebenarnya, daftar asuransi kesehatan disarankan sedini mungkin.

Ini karena premi asuransi jauh lebih rendah saat usia produktif. Dana dari asuransi tersebut bermanfaat buat masa depan pula.

Jadi ladies, sudah siap dengan segala persiapan ini sebelum menikah?

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560