Jadi Komisaris Semen Indonesia dan Digaji Rp 60 Jutaan, Ini 3 Mobil Pakde Karwo!

3 menit
Jadi Komisaris Semen Indonesia dan Digaji Rp 60 Jutaan, Ini 3 Mobil Pakde Karwo!, (Instagram/@pakdekarwo.gubernurjatim).

Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo alias Pakde Karwo resmi menduduki kursi Komisaris Utama PT Semen Indonesia (SMGR). Pengangkatan itu dilakukan pada (22/5) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2019.

Berhubung udah gak aktif di kursi pemerintahan, kini Soekarwo meneruskan kariernya di BUMN. Fungsi jabatannya pun menjadi pengawas dari dewan direksi perusahaan tersebut.

Bicara soal penghasilan perbulannya, jelas sekali luar biasa besar. Menurut laporan keuangan Semen Indonesia  2018 halaman 12. Tercantum bahwa Dewan Komisaris perusahaan ini jumlahnya ada sembilan orang, besaran gaji sembilan orang dalam setahun mencapai Rp 7.329.000.000.

itu artinya dalam setahun satu orang bisa menerima Rp 814 jutaan! Kalau dihitung perbulan, maka gaji mereka kurang lebih Rp 67 jutaan. Itu belum termasuk tunjangan-tunjangan lain lho ya.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan tahun 2014 lalu, Soekarwo mengantongi total kekayaan senilai Rp 19 jutaan. Bisa jadi jumlah itu sudah bertambah besar lho.

Dan di tahun 2014, Pakde Karwo sendiri memiliki sejumlah kendaraan mewah di garasinya. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah sini mobil apa aja ya.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

1. Toyota Fortuner 2006

Soekarwo
Toyota Fortuner emang udah jadi idola kebanyakan orang di Indonesia, (cargurus.com).

Mobil SUV andalan Toyota ini merupakan saingan berat dari Mitsubishi Pajero. Gak heran kalau Pakde Karwo menjatuhkan pilihannya ke SUV ini. Brand Toyota memang cukup kuat di mata orang Indonesia, diiringi dengan ketersediaan sparepart-nya yang cukup baik.

Sayangnya, gak tertulis informasi seputar varian dari Toyota Fortuner milik Pakde Karwo ini. Apakah yang bermesin bensin atau diesel. Hanya saja, tertulis bahwa di tahun 2006, valuasi mobil ini mencapai Rp 243 juta. Bisa jadi masih ada, bisa jadi sudah dijual.

Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 2.393 cc. Untuk yang berbahan bakar solar, tenaga maksimal yang bisa dimuntahkan SUV ini mencapai 149,6 tk di 3.400 RPM. Sementara itu, torsinya cukup berlimpah alias mencapai 400 nm di 1.200 RPM.

Baca juga: Dibanderol Rp 400 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkap Crossover Premium Mazda CX-3

2. Honda CR-V 2008

Soekarwo
Honda CR-V juga andalan mantan Gubernur Jatim ini lho, (otosite.net).

SUV yang satu ini juga jadi andalannya Honda Prospect Motor. Dan kerap dipandang sebagai mobil keluarga yang paling nyaman udah gitu desainnya pun cukup keren.

Honda CR-V merupakan mobil suv yang ada di pasar Indonesia dari waktu ke waktu memiliki penjualan yang begitu bagus. Gak heran kalau mobil ini memang banyak yang disukai oleh banyak orang termasuk mantan Gubernur Jatim ini.

CRV tahun 2007 hingga 2012 kerap kali disebut sebagai CRV generasi ke-empat. performa mobil ini, jelas cukup gahar karena kapasitas mesinnya yang mencapai 2,0 L dan 2,4 L, CRV pun mampu menyemburkan tenaga maksimal.

Kelebihan Mobil Honda CR-V yang selanjutnya yaitu ruang penyimpanan pada kabin cukup banyak, begitu pula dengan fitur keamanannya yang mumpuni.

Baca juga: Dilelang Rp 668 Juta, Mobil Koruptor Mantan Wali Kota Batu Ini Jadi yang Termahal

3. Toyota Alphard 2011

soekarwo
Toyota Alphard keluaran tahin 2011 juga nangkring di rumah Pakde Karwo, (autowini.com).

MPV premium milik Toyota ini ternyata juga jadi salah satu koleksi mobil di garasi Soekarwo. Alphard menggendong mesin berkode 2AR-FE dengan 4 silinder 16 katup berteknologi DOHC Dual VVT-I.

Kapasitasnya mencapai 2.494 cc. Mesin Toyota Alphard 2011 ini sanggup memberikan semburan tenaga hingga 180 tk per 6000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi pada 23.9 nm per 4100 rpm.

Bagian interiornya pun sangat berkelas dan mewah. Pas buat mobil keluarga, dan pas juga buat dijadikan mobil operasional sehari-hari, asal kuat beli bahan bakarnya ya.

Itulah tiga mobil di garasi Soekarwo yang dilaporkan pada tahun 2014. Sejatinya, ini semua adalah mobil yang sudah cukup berumur. Dipastikan Pakde Karwo sudah ganti dengan versi terbarunya. Tapi jika dirawat dengan baik, mobil-mobil ini pasti oke kok buat dipakai dalam jangka waktu lama. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!