Ditangkap KPK! Gurita Bisnis Soetikno Soedarjo dari Hotel Mewah Sampai Ferarri

4 menit
soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo (TEMPO/Muhammad Hidayat)

Soetikno Soedarjo, pendiri PT Mugi Rekso Abadi alias MRA Group telah resmi ditahan oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus suap mesin pesawat Rolls Royce dan pencucian uang. Sekadar diketahui, Soetikno merupakan ayah artis Dita Soedarjo.

MRA Group merupakan sebuah perusahaan induk dari beberapa perusahaan media besar. Mereka juga merupakan pengelola sebuah hotel mewah di Bali yang jadi langganan selebriti Hollywood, dan kafe mewah yang ikonik.

Dulu, MRA Group menjadi agen Harley Davidson hingga mobil mewah Maserati. Meski dua brand otomotif ini udah gak lagi dipegang MRA, mereka masih menjadi distributor sebuah mobil mewah berlogo kuda jingkrak. Kamu pasti tahu deh apa mereknya.

Penasaran sama anak-anak usaha milik MRA Group? Yuk, simak ulasannya di sini:

1. Media

Soetikno Soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis media (Instagram/@cosmoindonesia)

Gak cuma media cetak, radio pun dimiliki perusahaan milik Soetikno Soedarjo ini. Apa saja sih media milik MRA Group?

Ada Cosmopolitan, Harper’s BazaarMother & Baby, Herworld, dan Casa. Sementara itu, di segmen radio, mereka ada Hard Rock FM, Cosmopolitan FM, Trax FM, I-Radio, MNI, dan Brava FM.

MRA Group memang menyebut dirinya sebagai perusahaan media dan lifestyle. Karena itu, pas kalau produknya seperti yang disebutkan di atas.

MRA dulu juga memiliki satu media otomotif bernama Autocar. Sayangnya, media itu sudah tutup.

Baca juga: Berawal Dari Bisnis Kecil-Kecilan, 5 Anak Muda Indonesia Ini Jadi Tajir

2. Hard Rock Cafe

soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis Hard Rock Cafe (Instagram/@hardrockcafejakarta)

Siapa yang gak tahu Hard Rock Cafe. Kafe satu ini menyajikan live band dengan memainkan lagu Rock dan top 40s yang bisa kamu request.

Lokasinya ada di Jakarta dan Kuta, Bali. Kafe ini memang terkenal dengan interiornya yang penuh dengan pajangan gitar-gitar mahal.

3. Haagen Dazs

soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis Haagen Daas (Instagram/@haagendazid)

Es krim premium asal Paman Sam ini juga punya banyak outlet di kota-kota besar Indonesia, termasuk Jakarta. Gerainya pun berbentuk kafe, kurang lebih mirip dengan Cold Stone yang asyik dimanfaatkan sebagai tempat hangout.

Soal cita rasanya, sudah pasti enak. Teksturnya padat dan lembut dan pastinya mereka menggunakan Bourbon Vanilla dari Madagaskar, Strawberry dari Polandia, dan cokelat Belgia yang berkualitas tinggi.

4. Lalla Jakarta

soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis Lalla Jakarta (Instagram/@ditasoedarjo)

Restoran satu ini juga berada di bawah perusahaan milik Soetikno Soedarjo. Intinya, ini adalah restoran fusion yang letaknya di Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Restoran ini bisa dibilang resto menengah ke atas juga. Harga hidangannya diprediksi di kisaran RP 500 ribu untuk dua orang. Untuk satu botol bir, kurang lebih dihargai Rp 50 ribuan di restoran ini. 

5. RTL

soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis RTL (Instagram/@rtljkt)

Sama seperti Lalla, mereka juga punya resto bercita rasa Amerika Latin. Namanya RTL dan letaknya pun sama, yaitu di Gatot Subroto. 

Resto ini juga menargetkan pasar menengah ke atas. Dan, tampaknya cukup pas didatangi untuk menghindari kemacetan di Jakarta.

6. Bvlgari

soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis bvlgari (Instagram/@bulgariofficial)

Familiar dong sama brand barang mewah satu ini. Di Indonesia, MRA Group lah yang menjadi pemegang lisensi merek brand satu ini.

Di tahun 1995, perusahaan perhiasan asal Italia ini masuk ke Indonesia lewat PT Mogems Putri International. Butiknya pun gak cuma ada di Jakarta saja, tapi juga di Bali.

7. Bang & Olufsen

soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis Bangolufsen (Instagram/@bangolufsen)

Tahu merek apa ini? Ini adalah merek speaker, headphone, dan televisi. Tentu saja gak semua familiar dengan merek ini karena segmentasi pasarnya menengah ke atas.

PT Sarana Elektrindo yang berada di bawah MRA Group menjadi distributor utama brand ini sejak tahun 2011. Selain di Pasific Place, mereka juga punya outlet di Bali.

8. Ferrari

soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis Ferrari (Instagram/@ferrarijakarta)

Nah ini dia, mobil mewah yang berada di bawah naungan perusahaan Soetikno Soedarjo. Ferrari didistribusikan oleh PT Surya Sejahtera Otomotif yang markasnya di Jl. Tb Simatupang, Jakarta Selatan.

Supercar berlogo kuda jingkrak ini juga difavoritkan banyak crazy rich Tanah Air. Beberapa di antaranya Hotman Paris, Basrizal Koto, dan lainnya.

9. The Bvlgari Resort

soetikno soedarjo
Soetikno Soedarjo memiliki bisnis Hotel Bvlgari (Instagram/@bulgarihotels)

Sebagai hotel di Bali, Bvlgari Resort yang terletak di Uluwatu juga merupakan hotel langganan selebriti Hollywood. Hotel ini gak jauh dari Pantai Nyang Nyang, Karma Kandara, dan OMNIA Day Club.

Harga kamar di sini mulai dari Rp 11 jutaan hingga Rp 80 jutaan. Dan rata-rata kamar di sini pemandangannya sama, lautan biru!

Resor ini memang punya pemandangan sangat cantik. Selain  itu, pelayanannya juga benar-benar patut diacungi jempol.

Gak heran, Justin Bieber akhirnya memilih resor ini untuk menjadi tempat bermalam ketika menyambangi Pulau Dewata.

Itulah deretan bisnis di yang berada di bawah MRA Group, perusahaan yang didirikan Soetikno Soedarjo. Saat ini, Soetikno memang masih menjabat sebagai Presiden Komisaris di perusahaan tersebut.

Namun, MRA Group dipimpin suami Dian Sastro, Maulana Indraguna Soetowo yang bertindak sebagai CEO. Kira-kira terobosan apalagi ya yang bakal diluncurkan oleh MRA? (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.