5 Soft Skill yang Harus Dimiliki Pengusaha, Kamu Sudah Punya?

4 menit
Soft skill
5 soft skill yang harus dimiliki pengusaha (Pixabay)

Semua orang di dunia profesional sepertinya harus memiliki soft skill. Tujuannya tentu untuk menunjang karier dan agar sukses ke depannya.

Pasalnya, kemampuan teknis saja gak cukup buat mendongkrak kesuksesan, termasuk buat kamu para pengusaha. Membangun sebuah bisnis atau menjadi pengusaha sama saja bertugas sebagai pemimpin.

Segala arah bisnis serta keputusan-keputusan ada di tangan kamu. Karena itu, jangan sampai salah mengambil keputusan demi masa depan bisnis.

Soft skill merupakan seperti sebuah bakat yang bisa dikembangkan secara pribadi. Keahlian ini berjalan seiringan dengan kemampuan teknis atau hard skill. Salah satu yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja misalnya berkomunikasi dalam bahasa asing.

Kini, dunia profesional seolah sudah tidak ada sekat antara pegawai asing dan asli Indonesia. Gak sedikit pula proses bisnis yang bersinggungan dengan negara-negara lain yang karena itu perlu sekali meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Tapi, kini masih banyak juga yang menganggap remeh kemampuan satu ini. Dengan dalih, bahasa asing bukanlah bahasa ibu sehingga gak perlu dipelajari dengan sungguh-sungguh.

Kalau pengusaha berpikiran seperti itu, gimana mereka mau memasarkan ke pasar internasional. Memangnya apa saja sih soft skill yang harus dimiliki para pengusaha agar sukses ke depannya?

1. Soft skill berpikir analisis

Soft skill
Soft skill berpikir analisis (Pixabay)

Sebagai seorang pengusaha, salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah berpikir secara analisis. Kamu harus pintar-pintar membaca situasi yang sedang terjadi dan memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Gak harus menjadi orang sakti untuk memiliki kemampuan ini, kalau kamu sering berkutat dengan beragam kesalahan, lama-lama kemampuan berpikir analisismu bakal semakin terasah kok.

Karena untuk bisa berpikir kritis kamu hanya perlu menggunakan logika juga kepekaan terhadap masalah.

Dengan soft skill ini, segala kebijakan yang kamu keluarkan akan lebih terstruktur dan lebih terencana. Jadi gak ada lagi deh kebijakan yang sia-sia saja.

Baca juga: Enak Banget Deh! Ini 5 Keuntungan Kerja di Perusahaan Besar di Indonesia

2. Menyelesaikan masalah dengan tepat

Soft skill
Soft skill menyelesaikan masalah dengan tepat (Pixabay)

Sebagai pengusaha, tentu kamu bakalan diterpa beragam masalah. Gak mungkin dong bisnismu berjalan mulus-mulus saja, pasti bakal ada jatuhnya.

Tapi jangan lama-lama terjatuh, kamu harus siap untuk bangkit kembali dan mengejar target-target yang telah ditentukan. Karena itu, sangat perlu memiliki soft skill menyelesaikan masalah dengan tepat.

Keahlian yang satu ini mungkin akan berjalan seiringan dengan kemampuan berpikir analisis. Berpikir analisis memungkinkan kamu mendapatkan beragam ide-ide terbaik.

Nah, ketika mendapatkan masalah, kemampuan tersebut membantumu mencarikan solusi-solusi mana yang paling tepat dan memiliki dampak baik untuk kemajuan bisnis.

Setelah itu, kamu bakal bisa menyelesaikan masalah dengan tepat berdasarkan pemikiran-pemikiran yang matang tersebut.

Baca juga: Siapkan Diri Hadapi Perubahan Zaman dengan Pelajari Kemampuan-Kemampuan Ini

3. Komunikasi

Soft skill
Soft skill berkomunikasi (Pixabay)

Kemampuan berkomunikasi adalah hal yang paling penting di setiap dunia profesional, termasuk dunia usaha. Pasalnya, komunikasi adalah sarana terpenting untuk mencapai tujuan-tujuan berbisnis.

Lobi-lobi bisnis tentu hanya bisa dilakukan melalui komunikasi. Jadi kalau mau sukses ya harus bisa berkomunikasi dengan baik.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa menyampaikan informasi tentang produk atau bisnis yang tengah kamu bangun saat ini ke para calon klien.

Kalau penjelasanmu enak dan bisa meyakinkan, tentu kesempatan para klien untuk bekerja sama denganmu akan semakin besar. Soft skill ini gak terbatas verbal saja, tapi juga non-verbal, kamu juga harus pandai bercakap melalui email atau pesan singkat.

Kemudian, jangan terbatas pada satu bahasa saja, alias Bahasa Indonesia. Latih kemampuan berbicara dalam bahasa asingmu.

Pasalnya, siapa tahu klienmu ada yang dari negara lain dan kesempatan untuk berekspansi juga akan semakin mudah.

4. Kemampuan bernegosiasi

Soft skill
Soft skill kemampuan berkomunikasi (Pixabay)

Sudah pandai berkomunikasi tapi gak jago negosiasi sih sama saja bohong. Ketika etika kamu dalam berbicara sudah mumpuni sebagai seorang pengusaha, ada baiknya diimbangi dengan kemampuan bernegosiasi yang baik.

Sebagai pengusaha, kamu harus dituntut mahir bernegosiasi yang tentunya bisa memberikan keuntungan bagi bisnismu ke depannya.

Jangan berpikiran ‘asal dapat untung’ untuk menghasilkan kesepakatan dengan klien. Coba pikirkan baik-baik dan matang-matang, meski untung, apakah keuntungan tersebut sebanding atau tidak untuk keberlangsungan bisnis ke depannya.

Cobalah melakukan negosiasi terbaik, yang tentunya saling menguntungkan antara pengusaha dengan klien.

5. Manajemen waktu

Soft skill
Soft skill manajemen waktu (Pixabay)

Bukan rahasia umum kalau pengusaha adalah orang paling sibuk. Mungkin banyak yang berpikiran kalau pengusaha enak berangkat siang atau pulang lebih cepat, padahal sebenarnya banyak hal-hal yang harus mereka lakukan.

Kehidupan para pengusaha gak selamanya berada di kantor atau lokasi usaha, karena mereka harus menjalin hubungan dengan calon klien atau mengurusi tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan proses bisnis.

Karena itu, sangat penting bagi pengusaha untuk memiliki soft skill manajemen waktu yang baik. Harus mahir memrpioritaskan mana yang paling penting lebih dulu agar tidak keteteran nantinya.

Selain itu, pengusaha juga dituntut untuk menepati janji yang telah dibuat terhadap kliennya. Kalau sampai telat, bisa-bisa hilang kepercayaan klien.

Itulah setidaknya lima soft skill yang harus dimiliki oleh pengusaha. Kemampuan tambahan ini sangat penting dalam menunjang kesuksesanmu.

Paling tidak, levelmu akan jauh berada di atas kandidat pengusaha lainnya jika memiliki lima kemampuan tersebut. Gak cuma untuk pengusaha, buat karyawan biasa kemampuan seperti ini juga perlu. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!