Bosan Hidup Miskin dan Pengin Mapan? Ini 4 Rahasia Sukses dari Soimah

4 menit
Bosan Hidup Miskin dan Pengin Mapan Ini 4 Rahasia Sukses dari Soimah, (Instagram/@showimah).

Semua tentu tahu dong siapa itu Soimah Pancawati. Sinden sekaligus pelawak yang kocak ini memang terkenal dengan kehidupannya yang sederhana meskipun udah punya nama di dunia hiburan.

Soimah sendiri punya cerita yang cukup mengharukan dalam perjalanan hidupnya buat menjadi seorang entertainer yang sukses seperti sekarang ini. Sekarang siapa sih yang gak kenal dengan perempuan yang pandai nyinden ini?

Lewat video yang diunggah chanel Youtube Rans Entertainment, Perempuan yang lahir di Desa Banyutowo, Pati, ini sejak SD dan SMP udah bekerja sebagai pengasap hasil tangkapan nelayan. Bukan cuma ikan lho ya, melainkan cumi-cumi, udang, dan lainnya.

Beranjak dewasa Soimah begitu sapaan akrabnya, yang akhirnya dinikahi oleh seorang juragan bis di kampungnya. Kala itu emang ia bukan berasal dari keluarga yang kaya atau serba kecukupan. Anak ke lima dari tujuh bersaudara ini hidup serba pas-pasan saat masih kecil.

Namun sekarang, ia pun jadi salah satu selebriti top Tanah Air yang kaya raya. Mau tahu apa resepnya? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Ini Cara-Cara yang Kalau Dilakukan Bisa Bikin Akhir Pekan Kamu Makin Produktif

1. Selalu percaya apa kata ibu

Jadi pelawak dan sinden, ia pun selalu menuruti apa kata orangtuanya, (Instagram/@showimah).

Dalam video tersebut, Soimah Pancawati mengutarakan pengakuannya pada Raffi Ahmad bahwasannya dia sempat gak punya cita-cita. Namun ibunya lah yang menggembleng Soimah hingga jadi sukses.

“Pas nonton (televisi) dulu ada Krisdayanti misalnya, (dia bilang) ‘wih kui lho nang tv koyo ngono kui lho… koe iso nganti koyo ngono’,” ujar Soimah mengutip pernyataan ibundanya.

Intinya kalau diartikan dengan Bahasa Indonesia, sang ibu pede bahwa suatu saat anaknya bisa masuk televisi seperti diva-diva top lainnya. Dan ketika dia nyetel cd dagelan, dia pun mengatakan pada Soimah bahwa Soimah juga bisa jadi pelawak.

Dulu, Soimah justru gak yakin bahwa dirinya bisa tapi akhirnya ia pun sadar, apa yang dikatakan ibunya bisa jadi kenyataan. Soimah juga merupakan anak yang nurut dengan orangtua dan sangat ingin bisa membalas budi orangtua.

Dan sampai saat ini, Soimah bisa dibilang merupakan salah satu seleb multitalenta. Bisa ngelawak dan bisa nyanyi juga.

Baca juga: Lariskan Strongbow, Produsen Bir Bintang MLBI Gandeng Desainer Jeffry Tan

2. Soimah Pancawati enggan bersikap manja

Bersikap manja enggan ia terapkan dalam kehidupannya, (Instagram/@showimah).

Pesan kedua yang diutarakan orangtua Soimah Pancawati adalah, “jadi wanita itu jangan manja, harus mandiri, harus bisa masak, harus mau kerja keras jangan hanya bisa mengandalkan suami.”

Soimah juga mengatakan, semua kakak dan adiknya adalah sosok yang mandiri. Semuanya bisa masak sendiri lho. Intinya semuanya harus bisa.

Kalau manja, mungkin Soimah gak bisa seperti sekarang lho.

Kondisi perekonomian dirinya juga sempat naik turun semenjak ia baru merintis karier di dunia hiburan. Saat sudah menikah, ia juga harus melakukan penyesuaian terhadap keuangannya.

Awalnya memang ditawari tinggal di apartemen Nicholas Saputra tapi tahun berikutnya apartemennya dijual. Mau cari hunian di dekat lokasi shooting waktunya mepet, akhirnya ia memutuskan buat tinggal di garasi posko Cagur. Dia bahkan harus tidur bertiga dengan dengan asisten, gak ada privasi sama sekali.

Baca juga: Mewah, 5 Jam Tangan Bos Wong Hang Tailor Ini Senilai Rp 1 Miliaran

3. Nikmatin aja proses perjuanganmu jangan mengeluh

Nikmatin aja proses perjuanganmu jangan mengeluh, (Instagram/@showimah).

Di saat meniti kariernya, orang mungkin berpikiran bahwa dirinya juga tajir melintir. Tapi pada faktanya, perempuan yang kerap mengeluarkan suaranya yang melengking saat nyinden kerap kali gali lubang tutup lubang.

Kadang terpaksa berutang demi mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Maklum saja, dirinya gak cuma menghidupi diri sendiri dan suami melainkan keluarganya di kampung.

Soimah cuma bilang, intinya jangan pernah mengeluh dan nikmati saja perjuangan hidupmu.

Dirinya bisa mengatakan hal itu karena ia sudah pernah hidup sulit di masa kecil. Semua orang yang sudah pernah melewati masa sulit pasti hatinya lebih tegar dalam menghadapi masalah.Soimah kecil memang sudah terbiasa kerja.

Meski dirinya adalah anak perempuan, ia terbiasa macul, angkat es balok berukuran besar, kayu dan lainnya. Tangannya yang kasar memang sengaja gak dirawat karena itu bakal menjadi bukti ke anak-anaknya, bahwa dirinya merupakan pekerja keras.

Intinya, Soimah gak pernah respect deh sama orang yang mengeluh. Dia telah melewati masa yang lebih sulit dari kamu.

4. Jangan neko-neko harta gak dibawa mati

Jangan neko-neko harta gak dibawa mati, (Instagram/@showimah)

Ini mungkin jadi salah satu penyemangat Soimah Pancawati dalam mengais rezeki. Dirinya gak masalah untuk kerja di mana saja di Jakarta boleh di kampung juga boleh.Karena ia emang bekerja buat menghidupi keluarganya. Hidupnya pun gak neko-neko dan dengan kondisi perekonomian saat ini, ia merasa sudah cukup.

Gak butuhlah beli supercar, jet pribadi, kapal pesiar, atau rumah mewah. Buat apa kaya raya kalau gak bisa nikmati hidup. Bahagia itu sifatnya lahir batin saja.

Jika ada orang beranggapan Soimah hartanya segunung, dia mengatakan bahwa orang-orang gak akan tahu pengeluarannya. Tapi “aminin” saja deh, anggap itu adalah sebuah do’a.

Itulah empat cara Soimah Pancawati untuk menggapai kesuksesan. Mungkin hal ini bisa bermanfaat buat kamu yang mau sukses di masa depan.

Intinya, selalu ingat saja deh apa kata Bill Gates. “Terlahir miskin itu bukan salahmu, tapi mati dalam keadaan miskin sudah pasti kesalahanmu.” (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.