Utang Membengkak Gara-gara Tagihan yang Menumpuk? Ini Solusi Membereskannya

3 menit
Solusi terlilit utang
Utang Membengkak Gara-gara Tagihan yang Menumpuk? Ini Solusi Membereskannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Utang yang menumpuk bisa bikin siapa aja bangkrut dalam waktu singkat. Itulah kenapa perlunya solusi terlilit utang yang tepat buat mengatasinya.

Utang sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Asalkan tujuan dan penggunaannya sendiri jelas, utang menjadi hal yang membantu banget. Malahan tujuan-tujuan finansial bisa tercapai karenanya.

Salahnya adalah pertimbangan yang gak matang dan perhitungan keliru mengubah utang menjadi hal yang membawa petaka terhadap keuangan. Ujung-ujungnya tagihan gak terbayar kemudian menumpuk dan menjerat kamu.

Dalam kondisi yang gak mengenakkan tersebut, solusi saat terlilit utang diperlukan banget buat melepaskan diri dari tagihan yang menumpuk. Dikutip dari Lifehack, berikut ini adalah solusi-solusi yang bisa kamu jalankan.

Baca juga: Tiga Orang Terkaya Ini Bisa Lunasi Utang Indonesia, Lho! Siapa Aja?

1. Berhenti ciptakan utang baru jadi solusi terlilit utang yang wajib dilakukan pertama-tama

Solusi terlilit utang
Berhenti ciptakan utang baru jadi solusi terlilit utang yang wajib dilakukan pertama-tama, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masih ada aja orang yang melunasi utang dengan uang pinjaman alias ambil utang baru. Emang sih utang yang lama jadi lunas, tapi utang yang baru gimana? Apakah mesti pinjam uang lagi di lain tempat buat melunasinya?

Kata orang-orang ini sih sama aja gali lubang tutup lubang. Bisa dibilang hal tersebut sia-sia dilakukan. Sebab masalah gak selesai-selesai selama utang masih ada.

Makanya berhenti deh ciptakan utang baru. Fokus sama penyelesaian tagihan yang ada. Begitu pun dengan tagihan kartu kredit. Selama tagihan yang lama belum beres, jangan transaksi dulu dengan kartu kredit.

Baca juga: Pasang Panel Surya dan Jual Listrik ke PLN Modal Terima Beres? Gini Caranya

2. Punya banyak utang? Lunasi yang berbunga tinggi lebih dahulu

Solusi terlilit utang
Punya banyak utang? Lunasi yang berbunga tinggi lebih dahulu, (Ilustrasi/Shutterstock)

Pusing kepala jadinya kalau punya banyak utang. Sebab bingung mana dulu yang mesti dilunasi. Kalau kebetulan uang yang dimiliki lagi banyak, lunasinya sih gak bakal bikin bingung.

Terus gimana solusi terlilit utang yang tepat buat tagihan yang banyak dan menumpuk? Simpel kok solusinya. Kamu cuma perlu bikin daftar utang yang diurutkan dari bunga yang tertinggi ke bunga yang rendah.

Dengan kata lain, utang yang bunganya tinggi harus dilunasi lebih dulu. Baru kemudian membereskan utang yang bunganya kecil. Sebab membiarkan utang berbunga besar gak dibayar dalam waktu yang lama bisa bikin jumlah tagihan membengkak nantinya.

Baca juga: Sony Smartphone Bakal Batasi Bisnis Ponsel Pintarnya pada 2020, Gak Untung?

3. Ajukan restrukturisasi utang ataupun penjadwalan ulang

Solusi terlilit utang
Ajukan restrukturisasi utang ataupun penjadwalan ulang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara ini bisa dipakai sebagai solusi terlilit utang. Apalagi cara ini dianjurkan Lembaga Bantuan Hukum atau LBH yang bermasalah dengan pinjaman online alias pinjol.

Restrukturisasi utang ataupun penjadwalan ulang merupakan salah satu hak yang boleh diambil debitur buat menyelesaikan permasalahan utang. Restrukturisasi utang sendiri merupakan pembaruan perjanjian utang piutang antara debitur dan kreditur karena kesulitan keuangan.

Cara restrukturisasi utang ini mudah kok. Kamu cukup buat surat permohonan restrukturisasi dan penjadwalan ulang ke tempat kamu mengajukan pinjaman. Jangan lupa menjadikan surat tersebut tembusan surat ke anggota Dewan Komisioner OJK.

4. Ubah susunan bujet pengeluaran

Solusi terlilit utang
Ubah susunan bujet pengeluaran saat terlilit utang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Solusi terlilit utang yang satu ini ada kaitannya dengan solusi yang pertama. Asal tahu aja nih, sukses atau gagalnya pelunasan utang tergantung dari bujet pengeluaran yang disusun.

Selama berutang, kamu harus rela menyetop sementara waktu beberapa alokasi pengeluaran. Kamu bisa mencari tahu mana pengeluaran yang perlu di setop dan mana yang gak dengan mengurutkan terlebih dahulu pengeluarannya dari yang prioritas.

Dari situ, kamu bisa ketahui pengeluaran mana yang sebaiknya di setop dahulu. Dengan begitu, pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya penting gak terganggu jadinya.

Nah, itu tadi beberapa solusi terlilit utang yang bisa diterapkan buat menyelesaikan utang yang menumpuk. Hal terpenting yang harus kamu ingat adalah jalankan solusi-solusi tersebut dengan benar-benar dan disiplin. Niscaya utang bakal beres deh nantinya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan