Rangkap Jabatan, Ini Profil Bos Standard Chartered ASEAN Asal Indonesia

2 menit
Rino “Donny” Donosepoetro Jadi Petinggi Standard Chartered ASEAN (Grant Thornton Indonesia )
Rino “Donny” Donosepoetro Jadi Petinggi Standard Chartered ASEAN (Grant Thornton Indonesia )

Standard Chartered Bank hari ini mengumumkan penunjukan dua posisi senior di ASEAN, termasuk Indonesia. Setelah tiga tahun menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) untuk Indonesia, Rino “Donny” Donosepoetro akan menjabat posisi ganda. 

Diantaranya sebagai Vice Chairman untuk ASEAN dan Presiden Komisaris untuk Indonesia. Untuk selanjutnya, posisi CEO Indonesia akan dijabat oleh Andrew Chia.

Donny dan Andrew akan bertanggung jawab kepada Judy Hsu, Regional CEO for ASEAN and South Asia. Dalam kurun waktu tiga tahun sebagai CEO Indonesia, Donny memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan Bank dengan memimpin transformasi bisnis Standard Chartered Indonesia.

Dirinya menumbuhkan keuntungan bersih dari Rp 172 miliar di 2016 menjadi Rp 536 miliar di 2018. Selain juga meningkatkan sistem kontrol dan tata kelola Bank.

Mengingat makin pentingnya kawasan ASEAN bagi Standard Chartered. Juga seiring dengan perkembangan 10 negara di ASEAN tempat Bank beroperasi. Peran baru Donny menjadi penting untuk mendukung eksekusi strategi Standard Chartered di ASEAN.

Hal ini untuk terus menjaga serta memperdalam hubungan dengan para pemangku kepentingan di Indonesia. Donny juga akan terus memegang peranan dalam pengawasan tata kelola usaha.

Juga kepatuhan terhadap peraturan, serta manajemen risiko dan pengimplementasian kode etik untuk Indonesia dan ASEAN. Donny telah bergabung bersama Bank selama 22 tahun.

Pengganti Donny Sudah Ditunjuk

Ia memiliki rekam jejak yang kuat dalam bidang audit dan bisnis yang merupakan buah hasil penempatannya di enam lokasi Standard Chartered. Sebelum menjabat sebagai CEO Indonesia, Donny menjabat sebagai CEO Standard Chartered Brunei dan Kepulauan Falkland.

Donny akan tetap berdomisili di Indonesia. Sementara sebelum menempati posisi barunya, Andrew menjabat sebagai Head of Retail Banking di Singapura dan telah menjadi bagian dari Bank selama 25 tahun.

Sebagai seorang bankir kawakan dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di bidang pasar finansial, dan wealth management serta perbankan ritel, Andrew memiliki rekam jejak retail banking di Singapura dan Taiwan.

Andrew juga pernah dinobatkan sebagai Trailblazer of the Year in Asia oleh Retail Banking International di 2017 dan Distinguished Fellow Award in Consumer Banking dari Institute of Banking and Finance Singapore di 2019.

Di posisi barunya Andrew akan bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengeksekusi strategi untuk Standard Chartered Indonesia. Ia akan berfokus pada klien dan bisnis lokal, serta bottom line dan profitabilitas. Andrew juga akan merangkap sebagai Head of Retail Banking untuk Indonesia. 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati