Modal Uang Sendiri! Begini Cerita Dewa Eka Prayoga Cs Dirikan Startup KETIX

4 menit
startup baru
Modal Uang Sendiri! Begini Cerita Dewa Eka Prayoga Cs Dirikan Startup KETIX , (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Jadi penulis tenar bak pengarang Harry Potter, J.K. Rowling atau pengarang cerita Games of Throne, George R.R. Martin tentu bisa kamu realisasikan dengan mudah. Agar memiliki karier menulis cemerlang dan mulus yuk gabung aja di startup KETIX.

Berterima kasihlah dengan adanya startup baru bernama KETIX! Di sini nantinya kamu bisa menuangkan kreatifitas dalam hal menulis. Jadi jangan khawatir, bakat kamu bakal tersalurkan dengan baik nih di aplikasi KETIX.

Aplikasi ini didirikan oleh penulis kawakan dan pendiri Komunitas Menulis Online, Tendi Murti lalu motivator handal Dewa Eka Prayoga dan King Bagus pada bulan April bari-baru ini. Intinya, sudah ada 2.400 buku yang beredar di aplikasi ini dari para penulis baru di Tanah Air. 

Penasaran dengan latar belakang cerita berdirinya startup yang masih dalam tahap bootstraping ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini yang udah MoneySmart.id rangkum dalam satu informasi yang sangat informatif. 

Baca juga: Bernilai Rp 102 Triliun, Ini Startup Terbesar Indonesia Pesaing Alibaba

1. “Penulis gak akan sukses kalau yang baca bukunya cuma sedikit”

Startup baru
Para Founder dan Co-Founder saat berbincang di hadapan awak media, (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Kamu yang hobi nulis pasti tahu dong siapa itu J.K. Rowling. Penulis Harry Potter ini bahkan sudah berkali-kali ditolak oleh penerbit sebelum akhirnya dirinya berhasil mempublikasikan karyanya ke publik dan jadi crazy rich. 

Dalam acara Media Introduction dari startup baru  KETIX yang diselenggarakan di Go Work, FX Sudirman, 9 Juli 2019. Dewa Eka Prayoga yang bukunya selalu laris blak-blakan mengatakan bahwa jadi penulis itu bukan perkara gampang. 

“Yang diinginkan penulis adalah bisa membuat tulisan atau karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Gimana mau bermanfaat kalau yang membaca karyanya cuma tiga orang?” ujar Dewa.

“Mereka juga ingin memiliki sebuah legacy atau passive income dengan karyanya. Tapi gimana kalau karya mereka juga gak ada yang baca?”

Dewa menegaskan, masalah penerbitan buku para penulis memang jadi kendala. Belum lagi, masalah penerbitan buku juga pajaknya lumayan besar.

Oleh karena itulah, Dewa cs akhirnya melahirkan startup bernama KETIX. KETIX pun bercita-cita melahirkan 1 juta penulis baru di Indonesia nantinya, gimana nih kamu berminat jadi penulis yang sukses dalam karier?

Baca juga: Dengan Nilai hingga Ribuan Triliun, Ini 5 Perusahaan Gas Terbesar di Dunia

2. Menciptakan ekosistem penerbit, penulis dan pembaca yang sehat

startup baru
Gini nih aksi para pendiri KETIX saat memperkenalkan aplikasi bagi para penulis baru, (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Intinya, startup ini mempertemukan mereka yang hobi menulis dan hobi membaca agar hasilnya bisa diterbitkan dalam bentuk sebuah buku. 

Bagi para penulis, KETIX tentu bisa menjadi ajang promosi bagi kamu yang ingin mempublikasikan tulisannya dalam bentuk buku. Sementara itu, pembaca pun bisa mengunduh aplikasi ini untuk mencari karya-karya tulis terbaik.

Walaupun aplikasi ini baru didirikan pada April 2019, ternyata udah diunduh 5 ribu kali oleh user. Dan saat ini mereka memiliki pembaca aktif sebanyak 3.500 orang, wow! Banyak banget!

Baca juga: Aneh Tapi Nyata! 5 Hal Baik Ini Justru Bisa Bikin Bisnis Startup Cepat Bangkrut

3. KETIX memiliki visi dan misi meningkatkan literasi serta memberantas buta aksara di Indonesia

startup baru
Para pendirinya memiliki visi dan misi yang mulia banget yakni memberantas buta aksara di Indonesia, (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Hadirnya startup baru ini sejatinya gak cuma membantu mereka yang ingin jadi penulis saja lho. Para co-founder dari startup ini mempunyai misi membantu pemerintah Indonesia dalam memberantas buta aksara, sekaligus meningkatkan minat baca di Indonesia. Ya, saat ini emang minat membaca masyarakat Indonesia masih jauh dari rata-rata dibandingkan dengan negara berkembang maupun maju. 

“Minat baca di Indonesia memang membaik tapi belum signifikan. Dengan adanya KETIX, kami harap minat baca ini menjadi lebih baik. Rata-rata pembeli buku di Indonesia dalam satu tahun cuma membeli satu atau dua buku, itupun gak dibaca sampai selesai,” ujar Tendi Murti.

Sementara itu, Tendi pun menyoroti isu seputar banyaknya masyarakat Indonesia yang masih buta huruf. 

Berbekal data yang menunjukkan bahwa penggunaan media sosial di Indonesia mencapai 3 jam sehari, maka mereka pun menciptakan KETIX. Dengan KETIX, ebook dari penulis-penulis top sekalipun bisa dibeli lho. 

4. Pendapatannya startup baru ini dari mana ya?

startup baru
Kira-kira dari mana ya pendapatan mereka demi kelangsungan bernapas startup baru ini?, (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Kelihatannya poin-poin di atas sifatnya memang membantu penulis banget ya. Terus dari mana startup baru ini mendapatkan keuntungan?

Dewa mengatakan bahwa, pendanaan alias financing memang penting namun KETIX gak bisa bergantung dari pendapatan yang sifatnya cuma financing aja. Startup ini harus mandiri dan bisa menghasilan uang dari operasionalnya.

Hal senada pun dikatakan oleh King Bagus ketika berbincang dengan MoneySmart dalam kesempatan yang sama.

“Cara kita monetize (menghasilkan revenue) adalah dari sistem bagi hasil dari penjualan buku milik penulis 80 persen royalti ke penulis dan 20 persen ke KETIX. Di samping itu kita juga akan membuat e-commerce (marketplace) dalam aplikasi ini,” ujarnya.

Bicara soal marketplace, bukan cuma buku lho yang bakal dijual di sini. King mengatakan bahwa marketplace yang bakal dibuat oleh KETIX dan tujuannya juga membangun dan membantu UKM. 

Ke depannya, mereka pun merencanakan sebuah proyek pembuatan platform pembayaran bernama Tixpay. 

Itulah cerita dibalik berdirinya startup baru bernama KETIX. Kira-kira seberapa nguntungin sih aplikasi ini bagi para penulis di Indonesia? Nantikan artikel selanjutnya ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.