4 Trik Gampang Dapatkan Dana Bank Buat Modal Startup

2 menit
Ilustrasi Permodalan Startup Lewat Bank (Shutterstock)
Ilustrasi Permodalan Startup Lewat Bank (Shutterstock)

Jika kamu mau mendirikan startup, pendanaan menjadi salah satu aspek penting. Perolehan dana untuk startup ada dari berbagai macam sumber, salah satunya melalui pinjaman dari bank.

Namun pengajuan pendanaan startup ke bank memerlukan beberapa syarat, dan di dalamnya adalah rencana bisnis. Keterangan yang disertakan dalam rencana bisnis tersebut harus detil dan menjawab segala pertanyaan yang perlu diketahui pihak bank.

Bagi startup pemula, keterangan itu pun diperlukan karena mereka belum memiliki track record keuangan untuk diperiksa oleh bank. Memiliki rencana bisnis bukan hanya bagian dari daftar periksa birokratis untuk mendapatkan pinjaman.

Sebaliknya, rencana bisnis dapat menjadi dokumen panduan untuk perusahaan yang mengomunikasikan fakta dan ide yang sangat penting kepada tim manajemen dan karyawan.

Ada beberapa elemen inti yang harus dimiliki oleh rencana bisnis yang kuat. Mereka berlaku sama untuk aplikasi pinjaman yang didukung oleh Small Business Administration (SBA) dan untuk pinjaman komersial reguler:

1. Proyeksi Terperinci

Untuk mendapatkan persetujuan dari bank, mereka perlu cukup detil untuk memastikan bahwa bisnis Kamu akan memiliki cukup laba dan arus kas untuk melayani utang. Rencana tersebut harus menyempurnakan dengan tepat bagaimana suatu perusahaan akan mencapai sasaran pendapatan dan estimasi pengeluarannya.

Lalu bagaimana perusahaan itu berharap untuk berhasil dalam jangka panjang, bukan hanya beberapa tahun ke depan.

2. Strategi Pemasaran

Rencana tersebut juga harus menguraikan strategi pemasaran perusahaan sedetil mungkin. Sebelum memberikan modal, bank ingin tahu bagaimana bisnisnya mengusulkan untuk memasarkan produk atau layanannya dan peluang spesifik yang ingin diisi.

Rencana tersebut harus menjawab pertanyaan: Apa perlunya produk atau layanan perusahaan di daerah tersebut, dan bagaimana perusahaan akan mengeluarkan pesannya?

3. Pengalaman Manajemen dan Kepemilikan

Untuk menyetujui pinjaman, bank ingin mengetahui bahwa pemilik memiliki latar belakang dan pengalaman yang tepat untuk membuat bisnis berjalan. Itu membantu meyakinkan bank bahwa proyeksi telah dipikirkan dan dapat berhasil dilaksanakan.

Berbagai jenis bisnis membutuhkan keterampilan yang berbeda. Seorang pemilik dengan resume panjang sebagai manajer di sebuah perusahaan besar mungkin tidak memiliki pengalaman ideal untuk memulai sebuah restoran.

Jika bisnis berada dalam industri volume tinggi, margin rendah, bank akan merasa lebih nyaman dengan pemilik yang telah membuktikan pengalaman dalam mengelola biaya.

4. Lokasi

Tergantung pada jenis bisnisnya, detil kecil tentang lokasi fisiknya dapat menjadi sangat penting. Jika Kamu membuka kafe atau kedai kopi, Kamu ingin berada di sisi jalan yang digunakan orang untuk perjalanan pagi mereka. Jika bisnisnya adalah restoran pinggir jalan yang mengandalkan pengemudi yang lewat, ia harus mudah diakses oleh mobil.

Rencana tersebut harus mengidentifikasi lokasi dan mengapa Kamu yakin lokasi ini mendukung model bisnis Kamu.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan