Mau Tajir dari Nulis? Ini 8 Alasan Kenapa Harus Install KETIX di Ponselmu

4 menit
jadi penulis di ketix
Para founder KETIX. (MoneySmart.id/Aulia Akbar)

Sebelumnya, kita udah membahas latar belakang dan seluk-beluk bisnis dari KETIX. Aplikasi ini diklaim bakal mempermudah orang-orang yang bercita-cita jadi penulis untuk mendapatkan penghasilan pasif. Nah, pada kesempatan kali ini, kita bakal mengupas beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat jika kamu menggunakan aplikasi ini. 

Sejatinya, KETIX memang bakal mempermudahmu untuk bisa sukses seperti penulis-penulis kawakan di dunia ini. Selain membantu proses penerbitan, kamu juga bisa mendapat motivasi baru agar kian produktif dalam aktivitasmu ini.

Ingin tahu apa manfaat KETIX buat mereka yang bercita-cita jadi penulis? Berikut ulasannya.

Baca juga: Modal Uang Sendiri! Begini Cerita Dewa Eka Prayoga Cs Dirikan Startup KETIX

1. Bisa ngobrol sama pembaca 

jadi penulis di ketix
Bisa ngobrol sama pembaca. (Instagram/@ketix.id)

Darimana kamu tahu bahwa karya tulismu ini memang jempolan? Tentunya, jempolan atau tidaknya karya kita ya ditentukan sama pembaca.

Gimana kalau ada fitur chat room (TixRoom) yang bisa memungkinkan para pembaca dan penulis untuk berinteraksi? Tentu saja ini bisa mempererat hubunganmu dengan pembaca atau calon-calon fans beratmu nanti!

Selain itu, yang paling penting adalah, segala bentuk kritik dari pembaca juga bisa langsung disampaikan ke kamu. Jangan baper kalau dikritik ya, bisa jadi itu masukan paling berharga. 

Baca juga: Dibayar Rp 1,6 jutaan per Jam, Ini 7 Pekerjaan Freelance Upah Tertinggi yang Bisa Dicoba

2. Bisa belajar nulis hingga berbisnis!

jadi penulis di ketix
Para founder KETIX. (MoneySmart.id/Aulia Akbar)

Di samping itu, KETIX juga membuat kelas penulisan buat para penulis pemula. Mentor-mentornya pun sangat berpengalaman. Ya iyalah, wong startup ini didirikan oleh Tendi Murti yang merupakan seorang penulis senior juga. 

Jangankan belajar nulis, belajar entrepreneurship juga bisa lho. Berhubung startup ini juga didirikan oleh motivator sekaligus penulis Dewa Eka Prayoga, maka ada kemungkinan besar dia bakal mengisi kelas-kelas di sana. 

Dijamin deh metode sharing ilmu di aplikasi ini gak kalah dari startup Ruang Guru yang berbasis di Tebet, Jakarta Selatan. 

Baca juga: Gak Asal Cas Cis Cus! 6 Profesi Ini Diwajibkan Lancar dan Mahir Berbahasa Asing

3. Jadi penulis yang aktif berpotensi terkenal

jadi penulis di ketix
Makin aktif, makin berpotensi terkenal. (Instagram/@ketix.id)

Semakin aktif kamu menulis di KETIX maka semakin besar peluangmu untuk jadi penulis terkenal. Jika karyamu memang disukai banyak orang, maka KETIX bakal menyarankan para pembaca untuk menuju menu Best Seller dan Editor Choice!

Gak ada salahnya dicoba kan untuk nulis di sana. Barangkali satu karyamu bisa langsung masuk ke kolom itu.

Selain dua menu tersebut, ada pula menu Recommended Stories dan Popular Stories. Dua menu itu digunakan buat memberitahu pembaca akan adanya buku-buku gratis yang bisa mereka baca.

Setiap penulis di sana punya ranking sendiri lho yang dilihat dari tingkat badge-nya. Ketika followersnya makin banyak, maka badge-nya pun berubah. Ada TixBee, TixAstro, TixGold, dan lainnya. 

Makin tinggi badge si penulis, maka makin banyak manfaat yang bisa dikeruk dari startup ini.

4. Karya apapun bisa kamu publikasikan di KETIX, asal…

jadi penulis di ketix
Para founder KETIX. (MoneySmart.id/Aulia Akbar)

Kamu penulis novel horor kayak Stephen Kings, atau mungkin cerita-cerita konyol seperti Raditya Dika? Publikasikan saja karya tulismu di KETIX. Barangkali banyak orang yang bakal tertarik membaca ceritamu.

Begitu pula dengan kamu yang gemar menulis buku-buku literatur non-fiksi. Semua bisa dipublikasikan di sana.

Intinya, semua genre buku memang bisa, tapi KETIX gak menerima buku-buku yang bersifat pornografi ya. 

Semua yang berkaitan dengan konten buku tentunya bakal diperiksa oleh tim KETIX. 

5. Gak bisa desain cover buku? Bisa dibantu

jadi penulis di ketix
Bisa bikin cover. (Instagram/@ketix.id)

Don’t judge the book by it’s cover,” ungkapan ini memang benar. Tapi pada kenyataannya, kadang cover buku juga bisa menentukan daya beli atau minat baca dari orang lain juga.

Gak sedikit penulis yang gak bisa mendesain cover bukunya sendiri. Itu sebabnya kenapa ada KETIX. 

“KETIX punya fitur desain cover. Kami sudah menyediakan beberapa template cover yang bisa digunakan. Ada tema horor, dan lainnya,” ujar Co-founder KETIX, Tendi Murti.

6. Bagi hasilnya lumayan gede

jadi penulis di ketix
Ada sistem bagi hasil. (Instagram/@ketix.id)

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, KETIX cuma bakal mengambil 20 persen dari total penjualan buku yang kamu jual ke pembaca. Tentunya royaltinya lumayan menguntungkan?

Anggap saja 20 persen itu adalah biaya pemasarannya. Kamu gak perlu capek-capek jual di online store yang belum tentu pengunjungnya adalah orang yang mau beli buku.

Mereka yang install KETIX di ponselnya sudah pasti adalah orang yang doyan baca, dan “mau beli buku.” 

7. KETIX bakal membuat film dengan mengadopsi karya tulisanmu

jadi penulis di ketix
Karyamu berpotensi diadopsi jadi film. (Instagram/@ketix.id)

Wuidih, ini merupakan bentuk apresiasi yang luar biasa bagi mereka yang ingin atau sudah jadi penulis! Kapan lagi, karya tulismu di-film kan? 

Chief Marketing Officer KETIX, King Bagus, mengatakan bahwa karya-karya yang difilmkan tentu adalah karya tulis terbaik. 

Film yang digarap sifatnya mini seri. Lumayan asik dong.

8. Karyamu gak bakal diplagiat

jadi penulis di ketix
Karyamu gak bisa di-copy paste. (Instagram/@ketix.id)

Khawatir soal plagiarisme? Tenang saja, semua karya yang sudah publish di KETIX itu aman. Gak bakal bisa di copy paste begitu saja.

Itulah tujuh keuntungan yang bisa kamu dapat bagi mereka yang jadi penulis dan memanfaatkan KETIX. Punya penghasilan pasif dari nulis tentu bukan angan-angan. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.