Stop Borosin Uang untuk Jajan Makanan yang Gampang Dimasak Sendiri Ini Deh!

4 menit
makanan yang gampang dimasak

Manusia hidup pasti butuh makan, jadi gak heran kalau yang namanya dunia kuliner itu selalu hidup. Bahkan perkembangan kuliner dari masa ke masa itu pesat banget bak laju pesawat tempur.

 

Hampir di setiap daerah, di sudut jalanan, bakalan gampang banget nemuin jajanan mulai dari menu berat hingga beraneka camilan. Bisa dalam wujud restoran, cafe, booth makanan sampai gerobak dorong.

 

Orang Indonesia emang sukanya jajan, apalagi menjelang jam-jam istirahat kerja, pulang kantor dan pas weekend ya. Makanan lokal sampai internasional tinggal pilih, semua ada. Tapi kamu sadar gak, kalau sebagian besar uang kita habis untuk yang namanya jajan?

 

Bukan berarti gak boleh jajan sama sekali loh ya. Tapi sebenarnya banyak makanan yang gampang dimasak sendiri di rumah. Biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah dan pastinya lebih terjamin kebersihannya.

 

Yah mungkin kamu berpikir “Ah ribet amat sih pake masak sendiri, beli aja praktis.” Gak apa-apa juga sih kalau kamu males masak karena ribet, sibuk atau emang bener-bener gak bisa masak. Tapi gak ada salahnya kok belajar membuat jajanan sendiri sewaktu-waktu, terutama buat tanggal-tanggal tua atau buat yang ngekost.

 

[Baca: Masak Sendiri atau Beli yang Mana yang Bisa Ngamanin Keuangan Keluarga]

 

Berikut beberapa jajanan yang biasa kita beli dan bisa kita buat sendiri:

 

1. Bakwan Jagung

  • Jagung manis
  • Tepung bakwan
  • Minyak goreng

 makanan yang gampang dimasak

Bakwan jagung hangat plus sambal dan teh panas bakal jadi teman yang pas apalagi saat musim hujan

 

 

Dengan budget kira-kira Rp 20.000 untuk membeli bahan-bahan di atas, kamu sudah bisa menghasilkan sekitar 25 – 30 potong bakwan jagung goreng. Bandingkan kalau jajan bakwan jagung, per buah mungkin sekitar Rp 2.000 – Rp 3.000. Selain lebih hemat, membuat jajanan seperti gorengan sendiri di rumah pasti lebih terjamin kebersihannya.

 

2. Martabak Telur

  • Kulit lumpia
  • Telur 2 buah
  • Daun bawang
  • Minyak goreng
  • Garam, merica dan gula pasir

 

Mau menikmati martabak telur buatan sendiri? Siapkan saja budget sekitar Rp 20.000. Kamu sudah bisa menikmati 10 potong martabak telur sederhana bareng keluarga. Jika ada budget lebih bisa menambah isi martabak dengan cacahan daging sapi sedikit.

 

makanan yang gampang dimasak

Martabak telur jadi camilan favorit di kala malam sambil bercengkarama di depan televisi

 

 

 

Martabak yang biasa dijual di luar berukuran segi empat besar. Sedangkan yang dibuat sendiri di rumah biasanya lebih kecil ya, agar lebih mudah menyantap dan kelihatan lebih manis tampilannya.

 

3. Kue cubit

  • Telur 3 butir
  • Gula pasir
  • Tepung terigu
  • Mentega (dilelehkan)
  • Ekstrak vanilla
  • Soda kue
  • Baking powder

 

Siapa sih yang gak kenal dengan kue yang unyu-unyu satu ini. Jajanan jaman SD di era 80-90an ini kembali naik daun ya. Bahkan saat ini variasi kue cubit jadi banyak banget, ada green tea, nutella dan lainnya. Penjaja kue cubit menjamur di pelosok ibukota dan hampir semua orang selalu nyari camilan manis ini.

 

makanan yang gampang dimasak

Kalau sudah pede sama hasil masakan kue cubit, nggak ada salahnya dijual ke teman kantor atau tetangga

 

 

 

Ternyata kalau mau usaha sedikit, gak susah-susah amat kok membuatnya. Dengan bahan-bahan di atas dan budget sekitar Rp 30.000, kita juga bisa membuat sendiri di rumah. Syukur-syukur kalau emang bisa lebih enak malah bisa jadi peluang bisnis loh.

 

[Baca: Hindari 6 Hal Ini Biar Usaha Sampingan di Rumah Gak Gampang Bangkrut]

 

4. Salad

  • Daun salada segar
  • Tomat
  • Ketimun
  • Kacang Polong
  • Wortel
  • Mayonnaise
  • Thousand island instan

 

Nah, kalau yang satu ini lebih mudah karena gak diperlukan proses memasak. Hanya dengan budget berkisar Rp 15.000 – Rp 20.000 saja kamu udah bisa bikin salad sendiri. Kamu bisa mix and match sendiri isi atau jenis sayurannya loh. Tergantung selera.

makanan yang gampang dimasak

 

Selain sehat, salad juga bisa buat mengganti nasi 

 

 

Bisa juga salad yang isinya buah-buahan atau dicampur sayur dan buah. Pastinya cukup untuk 3 – 4 orang. Seru kan makan bareng-bareng keluarga, jadi lebih akrab dan sehat.

 

Jajan boleh, tapi kalau jajan sampai borosin uang gak banget deh. Selain gak bagus buat kesehatan tubuh, kesehatan rekening kita juga bisa ikutan sakit. Sesekali coba deh berhemat dengan belajar membuat jajanan favorit kamu sendiri di rumah.

 

Alokasikan saja sebagian kecil dari penghasilan kamu setiap bulan khusus buat jajan. Semisal Rp 100.000 per bulan khusus buat jajan camilan. Disesuaikan saja dengan kondisi keuangan kamu. Jangan meremehkan uang yang kita keluarkan buat jajan, walau kelihatannya gak seberapa tapi kalau frekuensinya sering bisa kaget loh dengan nominalnya.

 

Sebut saja Andi, hampir setiap pulang kantor menyempatkan diri untuk jajan gorengan dan kue cubit di pinggir jalan untuk menemaninya melewati kemacetan.

  • Gorengan sekali beli = Rp 10.000
  • Kue cubit sekali beli = Rp 15.000
  • Total = Rp 25.000

 

Nah, kalau Rp 25.000 x 5 hari dalam seminggu saja sudah Rp 125.000, bagaimana kalau sebulan? Rp 125.000 x 4 minggu = Rp 500 ribu  Itu baru untuk camilan loh, belum rutinitas nongkrong bareng teman-teman di cafe kopi.

 

Dengan budget yang kurang lebih hampir sama, porsi jajanan yang kamu buat sendiri pasti lebih banyak dibandingkan dengan kalau beli jadi. Sisa uang bisa kamu tabung atau investasi reksa dana pasar uang yang bisa dimulai dari Rp 100 ribu misalnya, jadi lebih bermanfaat kan.

 

[Baca: Nabung Pangkal Kaya dengan Bunga Tabungan 1% Apalagi Kalau Investasi Reksa Dana Pasar Uang Sampai 8%]

 

Wajar aja, tukang jualan makanan itu kan memang berjualan untuk mencari penghasilan, jadi selain bahan makanan mereka juga harus memperhitungkan jasa pembuatannya. So, selamat belajar memasak!

 

 

 

Image credit:

  • http://dailycookingquest.com/wp-content/uploads/2013/06/bakwan_jagung2.jpg
  • http://www.sbs.com.au/food/sites/sbs.com.au.food/files/Murtabak.jpg
  • http://bisikan.com/images/AnekaKue/kue-cubit.JPG
  • http://www.fajrsseafoodandwings.com/wp-content/uploads/2014/07/salad.jpg

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.