5 Strategi Bisnis Ala Game of Thrones Ini Bikin Kamu Kaya dan Sukses

3 menit
belajar strategi bisnis dari game of thrones
Strategi bisnis ala Game of Thrones. (Instagram/@gameofthrones)

Belajar strategi bisnis sejatinya bisa dari mana saja, termasuk dari serial televisi lho. Buat para pecinta serial Game of Thrones yang sedang menyaksikan keseruan Season 8, kamu tentunya bisa mendapat banyak pelajaran bisnis di serial ini.

Sebelumnya kita sudah membahas hal-hal seputar pelajaran finansial di balik serial yang terinspirasi dari novel karya George RR Martin ini. Sejatinya, pelajaran finansial sifatnya adalah untuk personal, beda halnya dengan bisnis.

Mereka yang terjun ke bisnis tentu bakal menghadapi tantangan yang luar biasa berat. Bahkan lebih berat daripada seorang karyawan kantoran.

Oleh karena itulah, strategi bisnis ala Game of Thrones ini mungkin bisa kamu adopsi agar ke depannya kamu bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Segini Jumlah Kekayaan 8 Artis Pemeran Game of Thrones

1. Tentukan prioritas

belajar strategi bisnis dari game of thrones
Adegan di Game of Thrones. (Instagram/@gameofthrones)

Ketika terjun ke dunia bisnis, kamu tentunya dihadapkan dalam berbagai hal. Ada urusan promosi, penjualan, perekrutan karyawan, pengembangan produk, dan lain sebagainya.

Urusan-urusan itu sejatinya mirip-mirip dengan perang karena butuh biaya dan mengandung risiko. Sementara itu, agak mustahil untuk bisa fokus ke seluruh hal dalam waktu yang sama, apalagi jika bisnismu tergolong baru.

Sama halnya seperti Game of Thrones, gak sedkit orang yang melihat takhta Iron Throne menjadi sesuatu yang menarik. Pasalnya, dia yang duduk di singgasana itu bakal memimpin Tujuh Kerajaan.

Tapi ketika ada serbuan dari White Walker, apakah hal itu tetap jadi prioritas?

Baca juga: Tajir Tapi Naik Mobil Butut dan Hidup Sederhana, Ini Fakta Penulis Game of Thrones

2. Strategi bisnis kedua: kerja sama untuk mengejar satu cita-cita

belajar strategi bisnis dari game of thrones
Adegan di Game of Thrones. (Instagram/@gameofthrones)

Strategi bisnis selanjutnya yang bisa kamu pelajari dari serial ini adalah bagaimana pentingnya kerja sama. Coba perhatikan, setiap kerajaan tentu memiliki sekutu kerajaan lain bukan?

Intinya, kita akan butuh bantuan dari orang lain yang punya tujuan sama dengan kita untuk sukses.

Karena manusia adalah makhluk sosial, maka mereka gak akan bisa hidup tanpa orang lain. Bisnis pun bakal maksimal ketika kita memiliki partner yang tepat.

Baca juga: Ada yang Rp 10 M per Episode, Ini Daftar Gaji Para Pemain Game of Thrones Musim Terbaru

3. Feedback itu penting, tapi…

belajar strategi bisnis dari game of thrones
Adegan di Game of Thrones. (Instagram/@gameofthrones)

Masih ingat bagaimana ketika Jon Snow jadi Lord Commander di Night Watch? Atau saat Daenerys merespons curhatan para warganya? Kalau kita jelaskan di sini, nanti jadi spoiler buat yang belum nonton Game of Thrones dari season pertama.

Intinya, mereka selalu mendengarkan feedback atau masukan atau juga curhatan dari warga atau bawahannya. Akan tetapi gak sedikit orang yang gak setuju dengan keputusan pemimpinnya.

Mendengarkan feedback itu memang jadi strategi bisnis paling penting, namun kamu juga harus tahu bahwasannya segala keputusan yang kamu buat belum tentu bisa diterima oleh pihak lain. Terkadang, kita pun harus membuat kebijakan yang menyakiti perasaan orang lain meski itu adalah yang terbaik.

4. Berpikir dengan positif

belajar strategi bisnis dari game of thrones
Adegan di Game of Thrones. (Instagram/@gameofthrones)

Bisnis itu seperti roda, kadang di atas dan kadang di bawah. Gak sedikit dari kita yang akhirnya terperosok ke dalam sebuah momen yang membuat kita rugi.

Ingat saja bagaimana perjalanan Jon Snow jadi seperti saat ini. Intinya, positive thinking saja deh sampai akhirnya kamu bisa berhasil.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu kerja keras.

5. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang berguna

belajar strategi bisnis dari game of thrones
Adegan di Game of Thrones. (Instagram/@gameofthrones)

Hal ini tentu jadi salah satu strategi bisnis paling efektif ya. Pasalnya, ketika tim kerja kita adalah orang-orang terbaik maka kinerja pun jadi maksimal.

Siapa saja yang berperang di sisi Jon Snow di Episode 3 Season 8? Ada Tyrion yang ahli dalam strategi perang, ada Gendry yang jago dalam urusan menempa senjata, lalu ada Beric Dondarion dengan pedang berapinya, dan ksatria-ksatria lainnya.

Tanpa mereka, mungkin Jon Snow bakal kelimpungan menghadapi serangan Night King dan White Walkers.

Itulah lima strategi bisnis yang bisa dipetik dalam serial Game of Thrones. Buat yang belum nonton, ya nonton saja deh dari Season 1, dijamin ketagihan.

Tapi buat yang puasa, nontonnya jangan pas puasa ya, karena banyak adegan syurnya. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!