Pengin Sukses dalam Berbisnis? Ini Langkah yang Efektif Menghadapi Persaingan

3 menit
Strategi bisnis
Pengin Sukses dalam Berbisnis? Ini Langkah yang Efektif Menghadapi Persaingan, (Ilustrasi/Pixabay).

Di usia yang masih muda dan pengin menjalankan sebuah usaha atau bisnis emang sah-sah aja. Namun, buat sebuah strategi bisnis sangat perlu banget nih agar kamu sukses menghadapi sebuah persaingan.

Sejatinya di era serba digital ini, banyak anak muda yang seumuran kamu buat memutuskan menjadi entrepreneur atau pebisnis. Sebagai pelaku bisnis emang yang mesti dimiliki selain modal yakni keterempilan dan passion dalam berbisnis itu sendiri.

Seiring perkembangan zaman dan berjalannya waktu, saat ini banyak banget pebisnis muda yang berlomba-lomba buat menggaet konsumen. Ketika konsumen udah banyak yang namanya cuan pasti bakal datang dengan sendirinya.

Gak sedikit juga lho, mereka yang memutuskan buat berbisnis namun tersendat dan akhirnya mengalami kerugian alias gulung tikar. Nah, seperti dikutip dari Jurnal.id, Selasa, (30/4/2019), ada lho strategi bisnis yang bikin usaha kamu menang menghadapi persaingan.

Lagian siapa sih yang gak mau bisnisnya sukses dan mendapatkan banyak cuan? Pasti dari kamu berlomba-lomba ya akan berinovasi dalam berbisnis dan akhirnya hasil yang manis juga dinikmati.

Baca juga: Modal Pas-Pasan, tapi Pengin Buka Usaha? Pakai 4 Cara Ini Agar Berjalan Lancar

Mengenal yang namanya istilah strategi bisnis

Strategi Bisnis
Dalam menjalankan sebuah usaha mesti lakukan langkah-langkah ini, (Ilustrasi/Pixabay).

Buat kamu yang pengin memutuskan berbisnis atau udah berada di track ini, mesti tahu nih apa yang dimaksud dengan istilah strategi bisnis. Sebelum mengembangkan usaha kamu, perlu banget nih memiliki strategi agar gak sia-sia nantinya.

Seorang profesor bisnis dari Harvard Business School Micahel Porter menjelaska secara fundamental menjelaskan kalau strategi itu menjadi dua yakni melakukan hal yang pebisnis lain lakukan (red: secara lebih hemat). Udah gitu melakukan hal yang pebisnis lain gak bisa dilakukan.

Baginya kedua hal di atas tadi memiliki peluang buat kamu yang pengin berhasil menjalankan sebuah bisnis dan dua poin tersebut mesti diterapkan nih. Poin satu berarti berasaing di aspek harga dengan kompetitor.

Sementara poin yang kedua, kamu bisa aja nih lebih ekonomis atau gak. Pada intinya nih, menurut Michael strategi adalah ketika sebuah perusahaan hanya bisa meraih kesuksesan ketika memiliki posisi yang unik pada marketplace-nya.

Baca juga: 5 Technopreneur Ini Dipecat dari Perusahaan yang Mereka Dirikan, Kok Bisa?

Cara menghadapi persaingan di bisnis

Strategi bisnis
Lakukan langkah-langkah berikut ini agar usaha mu menang dalam menghadapi persaingan, (Ilustrasi/Pixabay).

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti ada yang namanya sebuah persaingan. Hal ini kerap kali kita temui saat menjalankan sebuah usaha baik dalam skala kecil maupun besar.

Baik itu dari barang yang diperjualkan sampai teknik marketing. Di era serba digital ini, cara marketing buat berjualan pun beraneka ragam nih dan semakin kreatif. Oleh karena itu kamu mesti perhatikan nih gimana langkah-langkah agar kamu menang dalam persaingan bisnis.

a. Menawarkan harga yang kompetitif

Dalam membuka usaha pasti yang kamu temukan adalah berhadapan dengan kompetitor. Kamu dan kompetitor menjual jenis produk yang sama, oleh karen itu memasang harga yang kompetitif sangat diperlukan nih.

Tawarkan harga produk yang kamu jual itu gak jauh dari pesaing usaha mu. Biasanya nih kalau seorang pebisnis memutuskan buat menjual barang dengan harga yang lebih tinggi di pasaran bakal sulit banget buat dijualnya.

Kecuali bisnis kamu emang sengaja menarget orang-orang di kelas menengah ke atas dengan dukungan fasilitas mewah dan sebagainya.

b. Lakukan persaingan sehat dan jangan menjatuhkan kompetitor

Hal ini mesti banget dilakukan oleh pebisnis agar tetap tercipta situasi bisnis yang kondusif. Jangan pernah sekali-sekali mengeluarkan statement yang menjatuhkan kompetitor mu.

Hal ini sangat “haram” sekali bagi kamu yang pengin berbisnis sehat dan kreatif. Dan ketika pelanggan memancing kamu buat mengungkapkan kejelekan kompetitor, usahakan menjawab dengan kalimat yang sopan.

c. Berikan pelayanan yang baik buat menang dalam bisnis

Nah, ini sangat mudah sekali nih buat kamu yang tengah menjalankan sebuah bisnis. Saat kamu menjual atau menawarkan sebuah jasa maupun produk, usahakan berikan pelayanan yang baik buat pelanggan mu. Jangan sampai pelanggan mengeluh dengan jeleknya pelayanan usaha milik mu.

Kalau udah begini yang ada pelanggan bakal lari ke kompetitor mu. Layani konsumen mu dengan baik, mulai dari senyum dan akhiri dengan senyum kembali.

d. Menambah jenis produk dan memiliki target pasar

Saat membuka usaha, strategi bisnis yang satu ini pasti udah diluar kepala kamu ya. Nah, jual produk atau menawarkan jasa mesti sesuai dengan target pasar yang pengin dituju.

Misalkan target kamu adalah remaja maupun milenial nih, coba deh menambah produk dan memproduksi barang yang sering digunakan oleh kalangan eksekutif muda.

e. Lakukan promosi yang tepat

Promosi merupakan bagian terpenting dalam jalannya sebuah usaha. Oleh karena itu yang namanya promosi itu mesti tepat dan kreatif nih buat menarik perhatian calon konsumen demi mendapatkan pelanggan tetap.

Gak ada salahnya nih kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjalankan sebuah promosi. Manfaatkan kekuatan media sosial buat promosi produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

Nah, itu langkah-langkah dalam strategi bisnis agar usaha milik mu itu menang dalam menghadapi sebuah persaingan. Pintar-pintar dalam setiap mengambil keputusan ya buat urusan bisnis yang udah kamu bangun. Selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan