6 Strategi Bisnis Kuliner yang Paling Jitu Nih buat Pengusaha Makanan

4 menit
Strategi Bisnis
6 Strategi Bisnis Kuliner yang Paling Jitu Nih buat Pengusaha Makanan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam menjalani sebuah usaha makanan atau kulineran perlu nih yang namanya strategi bisni. Maka dari itu yang namanya strategi bisnis kulineran perlu banget dilakukan.

Mengingat sekarang ini zamannya banyak orang berlomba-lomba bikin bisnis kulineran. Ya, mulai yang namanya katering sehat, minuman jus segar, kopi kekinian hingga kue maupun roti sehat. Mulai dari pemilihan tempat jualan, kemasan makanan itu sendiri sampai desain ruangan yang nyaman bisa banget buat menarik perhartian pelanggan.

Nah, hal-hal itu udah bisa dibilang salah satu strategi bagi pelaku bisnis kulineran saat ini. Ya, misalnya kamu lihat aja di kawasan Cipete Raya, Jakarta Selatan, saat ini banyak banget deretan kedai kopi hingga makanan.

Lokasi yang strategis dan ramai buat tempat jualan emang udah banyak terbesit nih bagi pengusaha makanan. Tapi gak juga lho, mereka-mereka yang tengah menjalankan bisnis kulineran ternyata kalah saing dengan tetangganya alias kompetitor.

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Kamis, (4/4/2019), dalam menjalankan usaha kulineran perlu nih yang namanya strategi bisnis. Pengin tahu apa aja yang mesti dilakukan oleh pebisnis kulineran atau buat kamu yang berencana buka usaha makanan? Yuk, kita simak aja di bawah ini:

Baca juga: Punya Banyak Bisnis, 5 Artis Muda Indonesia Ini Hidup Bergelimang Harta

Persiapkan dan buat dana cadangan

Strategi bisnis
Bikin dana cadangan saat bikin bisnis kuliner mesti dilakukan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengalami penurunan tiba-tiba saat menjalankan bisni kuliner emang sering terjadi nih bagi yang pemula. Emang di awal saat menjalankan bisnis emang terasa manis, namun juga jangan heran kalau pengunjung atau pelanggan lama-kelamaan berkurang.

Musim seperti di atas tadi emang bisa dihindari dan gak bisa di salahkan juga lho. Oleh karena itu perlu nih kamu melakukan perencanaan pengeluaran modal selama beberapa periode ke depan.

Butuh waktu kisaran sembilan bulan bagi kamu pengusaha kuliner buat mencapai titik breakeven. Siapkan dan lakukan yang namanya dana cadangan nih buat usaha kulineran mu. Sebagai pebisnis makanan kamu perlu banget nih bisa memprediksi kapan masa krisis yang bakal menghabiskan banyak uang atau anggaran.

Baca juga: Punya Bisnis Online? Manfaatkan 6 Instagram Tools Ini Biar Makin Untung

Bikin logo, label semenarik mungkin dan gampang melekat di pelanggan

Strategi bisnis
Bikin logo atau label semenarik mungkin buat menarik perhatian banyak orang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam menjalankan bisnis kulineran pasti penting banget nih yang namanya logo maupun label. Cara ini merupakan salah satu gimana kamu bakal mendapatkan calon pelanggan maupun pelanggan tetap.

Jadi sebisa mungkin bikin logo atau label makanan mu itu semenarik mungkin lho. Kalau udah menarik dan mudah diingat dengan pelanggan, yang namanya usaha makanan mu pasti bakal laku keras.

Tapi jangan lupa ya soal rasa, kamu juga mesti perhatikan nih rasa. Ketika logo maupun label klop dengan rasa, nah bisnis kulineran mu pasti laris manis nih.

Baca juga: Winter Is Coming.. Segini Jumlah Kekayaan 8 Artis Game of Thrones

Bikin daftar menu yang menarik

Strategi bisnis
Bikin daftar menu semenarik mungkin agar pelanggan tetap datang ke bisnis kuliner mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Daftar menu bisa dibilang syarat penting bagi kamu-kamu yang buka bisnis kulineran. Dengan adanya daftar menu bakal mempermudah nih si pembeli melihat jenis makanan dan harganya.

Sebisa mungkin bikin deh, daftar menu makanan yang menarik banget biar pembeli juga enak lihatnya. Bikin desain menu yang simpel, profesional dan unik, dijamin sih calon pembeli bakal mudah melihat jenis-jenis makanan.

Gunakan “The Power of Social Media”

Strategi Bisnis
Media sosial bisa kamu lakukan buat bisnis kuliner kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menggunakan media sosial dalam berbisnis makanan emang salah satu cara yang menarik banget nih. Maka dari itu coba deh kamu manfaatkan kekuatan media sosial dalam menjalan bisnis makanan mu.

Posting foto-foto yang menarik di akun Instagram bisnis kulineran mu dengan angle serta caption menarik. Pasalnya nih, kebanyakan orang bakal tergiur bakal melihat menu makanan sebuah restoran atau kafe di media sosial.

Instagram salah satu media sosial yang paling pas banget nih digunakan buat promosi bisnis kulineran kamu.

Promosi yang agresif

Strategi bisnis
Lakukan promosi agresif buat mendapatkan pelanggan baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Melakukan promosi agresif emang sangat diperlukan nih bagi kamu yang berbisnis makanan. Promosi dengan agresif bisa diyakini nih mendapatkan pengakuan brand oleh pelanggan.

Saat melakukan promosi agresif soal bisnis makanan mu, pasti banyak orang yang belum mengetahuinya. Melakukan promosi kamu bisa manfaatkan yang namanya media sosial, iklan dengan biaya murah dan cara-cara promosi lainnya.

Kerjasama buat dongkrak bisnis makanan

Strategi bisnis
Punya partner bisnis emang penting banget nih buat mengembangkan usaha mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat bisnis kulineran mu mulai memasuki tahap sukses dan tetap konsisten di jalurnya perlu nih yang namanya ide bisnis. Usahakan punya ide bisnis yang segar dan kekinian biar makin laris manis nih usaha mu.

Udah gitu, kamu perlu yang namanya kerjasama bareng teman atau saudara alias partner. Bangun bisnis mu dengan partner yang cocok agar ke depannya  lancar dan semakin banyak menciptakan pundi-pundi.

Nah, itu dia beberapa strategi bisnis kuliner yang bisa kamu lakukan saat ini. Cara-cara di atas tadi siapa tahu bisa membantu perkembangan bisnis kulineran mu agar semakin laris manis.

Saat bisnis kuliner kamu laris manis, yang namanya untung bakal mengiringi sebuah kesuksesan jalannya bisnis mu. Selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...