Agar Bisnis Makin Laris dan Kaya, Ini 7 Strategi Pemasaran yang Kreatif

4 menit
Strategi marketing
Agar Bisnis Makin Laris dan Kaya, Ini 7 Strategi Pemasaran yang Kreatif, (Ilustrasi/Pixabay).

Strategi marketing merupakan langkah terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Tujuannya ya buat mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Tentunya, strategi tersebut mesti tepat menggaet konsumen.

Nah, semakin berkembangnya zaman, strategi tersebut pun bakal semakin berkembang. Wadah buat memasarkan produknya pun juga semakin banyak. Kalau dulu mungkin hanya lewat iklan melalui media cetak, televisi, maupun pamflet-pamflet pinggir jalan, kini para pengusaha bisa memanfaatkan media sosial dan internet sebagai sarana pemasaran.

Tapi perlu diingat, pemasaran bukan hanya memikirkan soal wadahnya aja, tapi juga kreativitas buat menggaet konsumen. Berikut ini ada beberapa strategi pemasaran yang kreatif dan cocok untuk para pebisnis.

Baca juga: Modal Pas-Pasan, tapi Pengin Buka Usaha? Pakai 4 Cara Ini Agar Berjalan Lancar

1. Strategi pemasaran dengan membuat web yang mencantumkan produk mu

Strategi marketing
Coba deh lakukan pemasaran dengan menggunakan web, (Ilustrasi/Pixabay).

Kini udah banyak bisnis-bisnis kreatif yang memiliki web sendiri. Web tersebut biasanya berisi katalog produk-produk yang dijajakan.

Tujuannya tentu buat memudahkan para pelanggan yang hendak membeli barang. Selain itu, biasanya di web juga akan tersedia tata cara pembayaran sehingga lebih mudah dan praktis tinggal klik aja.

Buat lebih memikat, jangan lupa kamu cantumkan informasi promo-promo menarik di dalamnya. Satu lagi, cantumkan testimoni positif para pelanggan yang telah membeli produk mu agar terlihat lebih meyakinkan

Tapi ingat, jangan asal membuat web aja, kamu juga mesti melengkapinya dengan desain yang menarik, simpel, pokoknya enak dilihat.

Baca juga: Mengedepankan Rasa dan Digitalisasi, Fore Coffee Berhasil Memikat Pecinta Kopi

2. Buat tempat usaha mu jadi tempat nongkrong-nongkrong teman dan keluarga

Strategi marketing
Bikin acara kecil di tempat usaha mu agar menggaet banyak pengunjung, (Ilustrasi/Pixabay).

Strategi pemasaran yang satu ini cocok buat jenis usaha kuliner. Misalnya kamu punya kedai kopi, atau warung rumah makan, ajaklah teman-temanmu atau keluarga buat nongkrong di tempat mu. Misalnya acara arisan keluarga setiap bulan, atau nongkrong-nongkrong lucu bareng teman sehabis jam pulang kantor.

Dengan cara ini, usaha kamu bakal terlihat ramai dan menarik perhatian orang. Karena salah satu indikator tempat makan atau kedai yang enak adalah ramai dikunjungi. Jadi paling gak dengan strategi ini kamu bisa memantik orang-orang buat datang.

Baca juga: Donat hingga Irisan Buah Alpukat, Ini Gaya Sarapan Orang Sukses di Dunia

3. Adakan acara open house

Strategi marketing
Lakukan open house sebagai salah satu strategi pemasaran mu, (Ilustrasi/Pixabay).

Strategi marketing yang ini juga cocok buat usaha kuliner yaitu dengan mengadakan open house rutin. Mungkin gak usah setiap minggu, tapi setiap bulan sekali saja biar tidak terlalu rugi.

Agar lebih menarik undanglah tokoh-tokoh terkenal dan media sebagai sarana promosi mu. Biarkan mereka memberikan penilaian yang jujur terhadap hidangan-hidangan yang kamu tawarkan.

Open house juga bisa lebih menarik dengan mengundang penampilan-penampilan band papan atas. Kalau bisnis yang kamu jalani kedai kopi, bisa juga undang band indie buat menggelar akustikan di tempat mu. Dengan cara itu, para penggemar mereka juga akan berbondong-bondong ke tempatmu.

4. Ikut pameran atau acara bazar

Strategi marketing
Ikuti bazar atau pameran buat strategi pemasaran barang kamu, (Ilustrasi/Pixabay).

Kalau kamu memiliki usaha makanan atau fesyen salah satu strategi marketing yang ampuh adalah dengan mengikuti pameran atau bazar. Dengan cara ini, kemungkinan bisnis kamu dikenal orang akan semakin besar.

Tapi, di dalam bazar gak cuma bisnis kamu aja yang mejeng, melainkan ada yang lainnya bahkan yang sejenis dengan bisnismu juga ada. Oleh karenanya, salah satu strateginya adalah buat stan semenarik mungkin dan mencolok dari yang lainnya.

Yang perlu kamu perhatikan juga adalah menyesuaikan tema bazar dengan produk mu. Misalnya bisnis kamu pakaian ibadah, ya jangan diperdagangkan di bazar acara festival musik metal. Bukannya dilarang, tapi kan jadi gak nyambung banget!

5. Ikut atau mensponsori acara amal

Strategi pemasaran
Ikuti acara amal sebagai salah satu strategi pemasaran, (Ilustrasi/Pixabay).

Ini cocok buat segala jenis bisnis, mulai dari makanan hingga fesyen. Berpartisipasilah secara sukarela dalam acara-acara amal. Ketika ada acara amal buat membantu bencana alam, inisiatif ikuti terjun ke dalamnya sebagai sponsor pembantu. Berikan bantuan sesuai dengan usaha yang kamu jalani.

Misalnya bisnis yang dijalani bergerak di bidang fesyen, kamu bisa menyumbangkan produk-produk mu buat mereka. Sedangkan buat bidang kuliner, kamu juga bisa membantu menyumbangkan berapa box makanan sehat buat para korban.

Dengan cara ini, kamu juga turut meningkatkan branding bisnis mu di mata masyarakat. Tentunya citra positif bakal melekat di dalam usaha mu. Tapi ingat, namanya amal harus dilakukan dengan ikhlas ya, bukan semata-mata buat mengatrol popularitas saja.

6.  Berikan diskon atau hadiah untuk pelanggan yang loyal

Strategi marketing
Berikan aneka diskon buat pelanggan agar mereka senang dan akhirnya menjadi konsumen yang loyal, (Ilustrasi/Pixabay).

Setiap bisnis pasti bakal punya pelanggan setia. Tapi buat menggaet mereka dan tetap bertahan terhadap produk mu pasti sangat sulit.

Nah, untuk menggaetnya, tunjukkan aja program-program diskon atau hadiah yang bakal diberikan bagi pelanggan yang telah membeli produk mu selama berkali-kali.

Cara ini merupakan cara yang udah biasa diterapkan oleh pebisnis lainnya. Bahkan buat usaha cuci motor atau mobil di Jakarta udah banyak yang menerapkannya.

Misalnya pelanggan mencuci selama 5 atau 10 kali, mereka bakal mendapatkan gratis cuci satu kali. Strategi marketing ini diharapkan mampu mempertahankan pelanggan loyal mu selama mungkin. Kalau perlu tingkatkan hadiah yang kamu berikan setiap harinya.

7.  Sertakan ucapan terima kasih dengan tulisan tangan

Strategi pemasaran
kartu ucapan bisa jadi salah satu cara strategi pemasaran barang jualan mu, (Ilustrasi/Pixabay).

Strategi marketing ini juga berguna banget buat mendapatkan pelanggan loyal. Gak harus tulisan tangan sih, tapi secarik kertas yang dicantumkan nama pelanggannya juga bisa kamu gunakan.

Dengan cara ini, produk mu bakal terlihat lebih eksklusif dan pembeli juga merasa jadi konsumen yang spesial.

Itu tadi ketujuh strategi marketing kreatif yang bisa kamu terapkan buat berbisnis. Tapi dengan strategi-strategi tersebut gak menjamin bisnis mu bakal laku keras.

Karena yang menjadi indikator penting sebuah usaha buat sukses adalah kualitas produk yang mereka jajakan. Jadi misalnya strategi pemasarannya udah kreatif dan jor-joran kalau kualitas produknya jelek, ya jangan harap buat sukses! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!