Bikin Video Strategi Pemasaran dengan Bujet Rendah, Begini Caranya!

3 menit
Bikin Video Strategi Pemasaran dengan Bujet Rendah, Begini Caranya!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu yang tengah merintis sebuah usaha atau bisnis emang perlu namanya strategi pemasaran. Yang namanya strategi pemasaran sekarang banyak caranya, salah satunya dengan menggunakan video. Bujet yang dikeluarkan buat bikin video strategi pemasaran emang gak murah-murah banget. 

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Senin, (4/3/2019), yang namanya strategi pemasaran dengan konten video pada umumnya emang mahal banget. Tapi siapa sangka kalau kamu tengah merintis usaha dengan melakukan pemasaran menggunakan video bisa murah lho alias “low budget” saat produksinya. 

Namanya juga merintis sebuah bisnis yang namanya keterbatasan anggaran dan pengin mendapatkan untung ya wajar-wajar aja sih. Kamu yang tengah merintis bisnis apalagi di era zaman digital seperti sekarang ini alat bantu baik itu software, hardware, atau secara online bikin video semakin mudah banget buat diakses lho.

Bikin video strategi pemasaran dengan bujet rendah bukan berarti hasilnya juga murahan. Kalau kamu punya tim yang profesional dan berkualitas video yang dihasilkan juga punya kualitas yang oke banget.

Siapa tahu video konten strategi pemasaran kamu juga terkesan mahal dan istimewa. Nah, berikut ini ada lho cara-cara agar video konten strategi pemasaran kamu tetap dengan bujet yang rendah.

Baca juga: Pantas Aja Usaha Bisa Moncer, Ini Lho Manfaat Gunakan Strategi Viral Marketing

Ketahui dulu teknik bikin video

Ketahui dulu teknik bikin video agar nanti ke depannya kamu enak banget saat membuatnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebelum kamu memutuskan bikin video konten, mesti ketahui dulu gimana teknik-tekniknya gimana cara bikinnya. Soalnya nih, menulis dengan bikin video jelas berbeda, ketika bikin konten dalam bentuk video bisa dibilang hampir mirip dengan  yang namanya film pendek.

Ketika pengin bikin video konten sebagai salah satu cara kamu berjualan, mesti ketahui nih ada dua metode teknik pembuatan video, mau tahu apa aja?

Baca juga: Keburu Dicap “Maskapai Bikini”, Ini Strategi Pemasaran Brilian VietJet Air

1. Teknik tradisional

Kalau bidang usaha mu mencoba mengambil teknik tradisional dalam pebuatan video pemasarannya, biasanya kamu mesti mencari penulis naskah, bayar model/aktor, dan kru kamera. Poin-poin tersebut mau gak mau kamu mesti membayarkan buat jasa mereka belum lagi video editor.

Kalau udah begini artinya bakal banyak banget nih anggaran yang bakal kamu keluarkan mengingat bisnis kamu bujetnya gak gede-gede amat. Untungnya nih saat ini kondisi tersebut emang udah berubah.

Perkembangan teknologi membantu kamu dalam bikin video pemasaran dengan bujet yang gak gede-gede amat.

Baca juga: Ramayana Makin Eksis Hingga ke Kalangan Atas, Ini Strateginya

2. Teknologi modern

Banyak cara bikin video strategi pemasaran semakin murah. Salah satunya nih dengan adanya kemajuan teknologi saat ini. Kamu bisa bikin video konten hanya bermodalkan karena ponsel pintar yang memiliki kualitas layaknya kamera profesional.

Hal seperti ini bakal memudahkan mu dalam mebuat video konten demi strategi pemasaran yang ciamik. Bermodalkan waktu yang lebih banyak demi konsentrasi bisa sih kamu bikin video konten dengan hasil memuaskan dan bagus layaknya berbujet tinggi.

Langkah bikin video pemasaran dengan bujet rendah

Siapa bilang bikin video pemasaran dengan bujet rendah gak bisa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berapapun besarnya anggaran kamu dalam merealisasikan sebuah video konten demi strategi pemasaran, dirimu bisa lho memangkas biaya-biaya yang dirasa gak perlu atau gak efisien nih.

Langkah-langkah ini bisa lho meminimalisir pengeluaran biaya ketika bikin video strategi pemasaran mu. Mau tahu apa aja? Yuk, kita intip bareng-bareng di bawah ini:

1. Rencanakan konsep kamu

Jangan langsung bikin video konten demi strategi pemasaran mu. Coba deh pikirkan dulu rencana kamu di awal gimana? Hal ini sangat penting buat menyaring ide-ide yang masuk ke dalam pikiran mu sehingga ketika mengeksekusi enak banget.

Kalau udah begitu kamu udah cukup menghemat waktu dan biaya pengeluaran sih.

2. Pikirkan tujuan

Saat bikin sebuah video pemasaran kamu emang perlu menentukan tujuan si video itu tersebut. Gimana pun, setiap video konten itu pasti memiliki “alasan” kenapa dibikin.

Lakukan breakdown setiap detil video pemasaran mu dengan menuliskan skrip dan penting banget bikin storyboard agar alur video mu jelas banget.

3. Do it yourself

Saat kamu melakukan hal ini tentu sangat menghemar biaya pengeluaran sih. Bikin video pemasaean dengan anggaran terbatas itu bisa aja terjadi apalagi, kalau kamu bisa melakukannya sendiri.

Misalnya kamu sebagai scriptwriter, jadi voice-over sendiri itu bisa lho. Cara ini bikin anggaran gak bakal banyak keluar ketimbang mengeluarkan uang buat bayar pengisi suara dan penulis naskah? Kamu bisa lakukan sendiri.

4. Bikin video dengan durasi gak panjang

Dalam bikin video konten demi strategi pemasaran sih kamu mesti memikirkan yang namanya durasi. Buat menghemat waktu dan tenaga, ada baiknya video yang kamu bikin gak terlalu panjang ya durasinya.

Cukup 2 menit, jangan sampai kamu bikin video konten strategi pemasaran bisnis mu mencapai 10 menit. Bikin video dengan durasi pendek bukan berarti jelek lho, intinya yang pengin kamu sampaikan jelas ke klien kamu.

Nah, itu dia cara-cara agar bikin video konten strategi pemasaran bisnis kamu gak mahal-mahal banget biayanya. Coba manfaatkan cara-cara di atas tadi siapa tahu bermanfaat bagi kelangsungan bisnis mu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!