Memasarkan Produk Via Youtube? Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

4 menit
strategi pemasaran produk
Strategi pemasaran produk lewat Youtube. (Shutterstock)

Zaman secanggih ini, strategi pemasaran produk tentu berkembang pesat. Gak cuman mengandalkan iklan di koran atau media elektronik, kini para pengusaha juga bisa memasarkannya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram bahkan Youtube.

Memasarkan produk melalui Youtube bisa menjadi sarana yang paling efektif. Karena, saat ini platform berbagi video tersebut telah menarik jutaan pasang mata. Jadi, kesempatan produkmu dikenal luas akan semakin besar. Bayangkan saja, jumlah pengunjung Youtube bisa mencapai lebih dari 30 juta per hari.

Tapi, di setiap pemasaran, apapun medianya bukanlah hal yang mudah. Harus ada nilai lebih dari produk maupun cara pemasaranmu. Jika kamu berminat untuk melakukan strategi pemasaran produk melalui Youtube, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar bisnismu bisa tenar dan laku keras dikutip dari neilpatel.com.

Baca juga: Berawal dari Bisnis Kecil-kecilan, 5 Anak Muda Indonesia Ini Jadi Tajir

1. Strategi pemasaran produk via Youtube yang pertama: buat konten yang menarik

strategi pemasaran produk
Bikin konten yang menarik. (Shutterstock)

Memutuskan untuk terjun ke strategi pemasaran produk melalui Youtube, berarti kamu harus siap memproduksi konten video yang menarik. Kalau kamu masih orang amatiran dalam mengambil video, bisa sewa jasa videographer freelance yang jelas kualitas gambarnya. Serahkan juga kepada mereka seperti apa editannya. Kamu hanya perlu memberikan konsep yang kamu inginkan ke mereka.

Meskipun produkmu biasa-biasa saja, namun kalau dikemas dengan konten video yang menarik maka itu akan meningkatkan nilai jualnya. Orang akan lebih memilih melihat konten berkualitas baik dengan produk yang biasa saja, ketimbang produk luar biasa tapi kualitas kontennya sangat buruk.

Kalau perlu jangan cuma memamerkan produkmu saja, tapi juga tampilkan sedikit kisah di sana. Misalnya kamu menjajakan dompet kulit, videomu jangan hanya berisikan produk itu saja, tetapi coba masukkan juga bagaimana proses pembuatannya, hingga cerita makna filosofisnya. Tidak perlu panjang-panjang, singkat saja agar penonton tidak bosan.

Unggah konten tersebut secara berkala, misal seminggu sekali atau sebulan sekali. Kalau produkmu bergerak di bidang jasa konsultasi, kamu bisa membagikan macam-macam tips setiap harinya.

Baca juga: Omzet Sampai Ratusan Juta, 4 Orang Ini Jadi Pengusaha Sukses di Kampung

2. Membuat judul yang menarik

strategi pemasaran produk
Bikin judul yang bikin penasaran. (Youtube/saaihalilintar)

Apa yang pertama kali dilihat pengguna Youtube sebelum mengklik sebuah video adalah judulnya. Semakin menarik judul, semakin besar pula keinginan mereka untuk melihatnya. Jadi, meski kontenmu bagus kalau judulnya biasa saja mungkin gak bakal diklik, sayang banget ya.

Mencoba membuat judul yang clickbait tidak ada salahnya kok. Bisa dengan menuliskan setengah kalimat yang bikin orang penasaran dan mereka terpaksa mengklik agar tahu secara keseluruhan apa yang dimaksud di judul. Jangan takut dihujat karena clickbait, karena memang ini adalah strategi pemasaran produk agar videomu banyak dilihat dan dikenal banyak orang.

Baca juga: Cukup dengan Lakukan 4 Cara Ini, Perlahan-lahan Kesuksesan Bisa Tercapai

3. Thumbnail yang menarik

strategi pemasaran produk
Thumbnail kudu keren. (Youtube/chandraliow)

Sama seperti judul, cobalah pilih thumbnail yang menarik. Thumbnail merupakan foto yang akan dipajang sebagai wajah kontenmu atau cover awal. Jadi, baik thumbnail atau judul keduanya sangat memainkan peranan penting agar banyak diklik orang.

Kamu bisa menetapkan thumbnail dari cuplikan kontenmu, tapi juga bisa buat baru dengan beragam desain yang menarik. Pilih mana yang paling menarik dan bikin orang dengan mudah mengklik videomu. Tapi perlu diingat, thumbnail harus sesuai dan merepresentasikan isi kontenmu.

4. Logo untuk meningkatkan brand awareness

strategi pemasaran produk
Perhatiin logo di pojok kanan bawah. (Youtube/froyonion)

Bagi sebuah bisnis, brand awareness adalah aspek yang terpenting dalam mengenalkan produk mereka. Apalagi di masa-masa awal berdirinya bisnis tersebut. Tujuannya ya agar dikenal banyak orang dan memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk meningkatkan brand awareness, diperlukan beberapa hal. Salah satunya adalah logo. Pilihan bentuk, warna, dan lambang-lambang perlu dikombinasikan sebaik mungkin, disesuaikan dengan nama brand serta produk yang dijajakan.

Nah ketika kamu memutuskan untuk melakukan strategi pemasaran produk menggunakan Youtube, jangan lupa untuk mencantumkan logo kecil di setiap kontenmu. Penting sekali bagi sebuah bisnis agar dikenal banyak orang dan memiliki kekhasan sendiri. Hal ini sudah dilakukan oleh berbagai macam korporasi, sebut saja media. Kalau kamu lihat ke channel CNN atau CNBC, atau media mainstream lainnya, mereka pasti selalu mencantumkan logo kecil di sudut video.

5. Berkolaborasi dengan channel lainnya

strategi pemasaran produk
Kolaborasi dong sesama youtuber. (Youtube/chandraliow)

Strategi pemasaran produk satu lagi adalah dengan menggunakan sarana promosi dari channel Youtube lainnya. Hal ini yang biasa digunakan oleh Youtuber di Indonesia untuk mempromosikan channel mereka. Caranya dengan melakukan video kolaborasi dengan akun lain yang jelas memiliki ketenaran lebih ketimbang dia. Kemudian, di konten tersebutlah ia mempromosikannya.

Tapi mungkin, kamu harus menyiapkan tawaran yang sama-sama menguntungkan dengan mereka untuk berkolaborasi. Misalnya bisa dengan memberikan diskon sebuah produk, atau membayar untuk membuat konten kolaborasi.

Nah itu tadi lima tips sukses strategi pemasaran produk menggunakan Youtube. Kamu sudah harus mempertimbangkan penggunaan Youtube untuk memperluas jangkauan produkmu. Karena bagaimanapun juga, saat ini masyarakat sudah mulai lebih menyukai menonton video ketimbang membaca artikel. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.