Gak Perlu Gengsi atau Malu, Beauty Vlogger Ini Menikah Sederhana di KUA

4 menit
Suhay Salim beauty vlogger yang menikah di KUA, (Instagram/@suhaysalim).

Suhay Salim salah satu beauty vlogger yang namanya kini tengah naik daun. Mau tahu gak, baru-baru ini Suhay Salim menikah dengan sang kekasih, Sanjay Poduval di KUA lho.

Beneran? Iya, Suhay Salim telah resmi menikah dengan Sanjay Poduval di KUA, dan uniknya gak pakai gaun pengantin atau kebaya melainkan jeans aja lho. Suhay emang salah satu beauty vlogger favorit kebanyakan perempuan-perempuan di luar sana nih.

Lewat akun Instagram-nya, Suhay mengunggah dirinya usai menikah. Biasanya kebanyakan orang menikah menggelar pesta besar-besaran dan mengeluarkan bujet gede banget.

Apalagi belum lama ini pernikahan Crazy Rich Surabayan jadi sorotan banget. Lantaran tempat pesat pernikahan sampai prewedding-nya aja mewah dan diperkirakan menghabiskan banyak uang.

Beda dengan Suhay, hanya menggenakan jeans dan blazer hitam, justru gayanya cenderung kasual lho. Seperti dikutip dari Hipwee.com, Kamis, (6/12/2018), Suhay menikah gak pusing-pusing banget mesti mengeluarkan uang hingga ratusan juta cuma buat pesta.

Baca juga: Salah Satu Nikmatnya Menikah adalah Bikin Kaya, Ini 6 Alasannya

Belum lagi mengurus vendor yang kadang gak sesuai nih sama keinginan kita sebagai calon pengantin. Sejatinya sih menikah itu gak perlu bermewah-mewahan, janji seumur hidup dan awet sampai maut memisahkan itu sih esensi kamu menikah.

Jadi gak perlu gengsi atau gimana karena pesta pernikahan kamu khawatir gak bisa memenuhi keinginan kamu apalagi orang lain. Uang buat bikin pesta pernikahan bisa kamu alokasikan buat keperluan lainnya, misalkan buat beli rumah atau biaya pendidikan anak.

Gimana masih ragu buat menikah cuma di KUA? Yuk, kita simak bareng-bareng apa aja sih yang perlu kamu perhatikan saat menikah biar gak boros? Mari kita lihat bareng-bareng ya.

1. Menikah di KUA itu gratis lho

Buku nikah Suhay Salim dan suami, (Instagram/@suhaysalim).

Kalau kamu mau menikah di KUA pas jam kerja sebagai calon pengantin gak bakal kena biaya lho alias gratis. Pasti kebanyakan dari kamu belum tahu kalau menikah di KUA Kecamatan setempat itu gratis.

Kalau kamu menikah di luar jam kerja, mau gak mau mesti mengeluarkan uang kisaran Rp 600 ribu aja. Ya, gak mahal sih tapi tetap aja mengeluarkan uang.

Baca juga: Kalau Siap Menikah Pasti Bisa Jawab 10 Pertanyaan Finansial Ini

Mungkin menikah dilakukan di Masjid atau rumah merupakan prosesi yang sakral banget buat kebanyakan calon mempelai. Gak ada salahnya kok menikah di KUA dan gak mesti keluarkan banyak uang.

2. Lebih baik menikah di KUA ketimbang mesti utang sana-sini

Menikah di KUA lebih baik ketimbang mesti utang sana-sini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengadakan pesta besar-besaran buat menikah boleh-boleh aja, asalkan kamu gak utang sana-sini ya. Sejatinya nih kalau kamu mengadakan pesta pernikahan di gedung dengan ratusan tamu undangan mau gak mau mengeluarkan banyak uang.

Baca juga: Catat Nih Dokumen yang Jadi Syarat Menikah dengan WNA

Apalagi kalau sampai utang, aduh itu sih bakal merepotkan kamu dan orangtua. Jangan sampai deh utang sana-sini cuma buat gengsi semata karena pesta pernikahan kamu gak besar-besaran.

3. Menikah seumur hidup itu penting ketimbang pesta besar-besaran

Menikah gak mesti gelar pesta besar-besaran lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menikah sejatinya kamu bakal menghabiskan waktu bersama pasangan sampai maut memisahkan. Jangan cuma karena pengin mengadakan pesta mewah tapi tenaga buat mengeluarkan uang banyak gak kuat.

Menikah itu banyak yang mesti dipikirkan, mulai buat biaya hidup dan tinggal, belum lagi kalau kamu nanti punya anak. Mau gak mau mesti mikirin banget biaya rumah sakit dan sekolah sang buah hati.

4. Tamu undangan cuma keluarga dekat lebih khidmat lho

Tamu undangan hanya keluarga terdekat aja sebenarnya udah cukup, (Ilustrasi/Shutterstock).

Khidmat itu bakal terasa saat kamu melakukan janji suci hanya di depan keluarga inti. Begitu pun dengan pernikahan, ada baiknya akad nikah kamu hanya di hadiri oleh keluarga dekat aja lho.

Emang sih orangtua kebanyakan pengin juga anaknya menggelar pesta nikah belum lagi bakal mengundang banyak kolega ya. Ada baiknya kamu bicarakan dengan orangtua dan pasangan gimana misalkan menikah hanya di KUA dan dihadiri oleh keluarga inti.

5. Lebih baik biayanya buat beli rumah

Sebaiknya biasa pesta pernikahan buat cicil KPR, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketimbang mengeluarkan uang banyak buat pesta nikah, baiknya sih kamu persiapkan bujet buat cicil KPR atau biaya pendidikan anak nanti.

Betul gak sih? Bikin pesta pernikahan gak cukup lho cuma Rp 10 juta. Gak mesti gengsi atau malu selama kamu masih memiliki penghasilan dan bekerja di kantor yang keren banget.

Kalau memikirkan gengsi gak bakal ada habisnya lho. Yang ada kamu bakal pusing sendiri dengan pengeluaran buat pesta pernikahan kamu.

Nah, gimana nih udah kebayang gak? Semoga penjelasan di atas bisa menjadi inspirasi kamu dalam memutuskan menikah. Biaya yang kamu persiapkan buat pesta nikah bisa kamu alokasikan macam-macam lho.

Misalkan kamu mau investasi saham, reksadana atau menyiapkan dana buat cicilan KPR atau memikirkan biaya pendidikan anak. Pasalnya nih, biaya pendidikan anak dan cicilan KPR tiap tahunnya bakal naik lho.

Jadi menikah gak mesti ada pesta besar-besaran apalagi sampai bikin pusing. Jadi selamat mencoba ya! (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital sekarang ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong