Jangan Telan Mentah-mentah 4 Nasihat Ini Jika Mau Sukses di Usia Muda

3 menit
Sukses di usia muda
Jangan Telan Mentah-mentah 4 Nasihat Ini Jika Mau Sukses di Usia Muda, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sukses di usia muda memang bukan angan-angan, tapi sayangnya banyak nasihat-nasihat ambigu yang sering kita dengar dan tanpa di sadari dilakoni juga. Agar sukses di usia muda, jangan pernah telan mentah-mentah empat nasihat ini.

Celakanya adalah gak sedikit dari nasihat ini muncul dari publik figur ternama yang sukses. Dan kita pun mengidolakan mereka mau gak mau kita terbuai dengan omongan mereka yang udah meraih kesuksesan.

Kalau dipikir-pikir bukan berarti nasihat itu ngawur dan berpotensi menjegal kita sukses di masa depan. Hanya saja jika ditelan mentah-mentah tanpa analisa lebih lanjut, itu justru membuat kita makin terpuruk di masa depan.

Ingin tahu apa saja nasihat-nasihat yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Baca juga: Cukup dengan Lakukan 4 Cara Ini, Perlahan-lahan Kesuksesan Bisa Tercapai

1. “Jadilah diri sendiri”

sukses di usia muda
Selalu belajar dari sekitar agar menjadi sukses, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mungkin kalimat ini sering banget kita dengar dari orang-orang sukses yang udah berhasil menciptakan karya-karya terbaik dan diakui masyarakat. Intinya, daripada mengikuti orang lain mending jadi diri sendiri, bukan begitu maksudnya?

Tapi coba dipikir deh, ketika diri kita masih minim pengetahuan atau pengalaman, apakah kita yakin bahwa diri kita mampu menciptakan karya-karya terbaik itu? Belum tentu.

Adakalanya kita mesti belajar dari banyak orang tanpa harus menirunya. Ketimbang jadi diri sendiri, gimana kalau kita ubah dengan menjadi “versi terbaik dari diri kita.” Lebih masuk akal bukan?

Baca juga: 5 Strategi Bisnis Ala Game of Thrones Ini Bikin Kamu Kaya dan Sukses

2. “Hal baik datang kepada mereka yang menunggu”

sukses di usia muda
Selalu bekerja keras agar semua cita-cita mu tercapai, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gimana kalau diubah jadi mereka yang sukses di usia muda adalah orang-orang siap jemput bola buat mencari rezeki?

Istilah jemput bola bisa diartikan seperti mencari peluang atau mencari konsumen. Ketimbang menunggu pembeli datang menghampirimu.

Mungkin saja, menunggu di sini maksudnya adalah “sabar.” Bisnis atau investasi memang harus sabar, untung dadakan hanya sebuah keberuntungan. Tapi semuanya tentu harus dimulai dari kerja keras, setuju gak?

Baca juga: Kisah Remaja Pejuang Leukimia yang Kini Sukses Menjadi Pengusaha

3. “Ikuti kata hatimu”

sukses di usia muda
Berpikir dengan logika saat pengin bertindak, kesampingkan emosi ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Udah gak semangat kerja bawaannya pengin resign terus karena tekanan dari sana-sini. Apakah ngikutin kata hati saja ya?

Silahkan, tapi setelah itu kamu yang bakal kebingungan karena gak ada sumber penghasilan lain. Ujung-ujungnya harus nyebar cv dan ngelamar kerja di tempat lain.

Daripada ngikutin kata hati, cobalah buat mengikuti logika saja. Hati penuh dengan emosi, pengambilan keputusan tentu harus berdasarkan logika bukan emosi.

4. “Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan”

Sukses di usia muda
Jangan pernah pasrah begitu aja nih kalau pengin sukses di usia kamu yang masih muda, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ibarat kita punya toko dan toko itu terbakar ludes. Lalu kita hanya bisa meratapi berbekal kata mutiara “segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan”, Itu yang salah.

Pernyataan ini seolah mengajak kita bersikap pasrah kepada yang di Atas ketika ada hal buruk menimpa kita. Sebenarnya gak salah sih, cuma kita justru harus memandangnya dari sisi positifnya.

Intinya, semua hal terjadi karena sebab dan akibat. Dan bisa jadi alasan Tuhan memberikan musibah itu ke kita adalah agar kita lebih giat bekerja, tujuannya tentu biar sukses di usia muda.

Di masa yang akan datang tentu kita mesti lebih berhati-hati dalam segala tindakan yang kita lakukan. Jangan sampai ceroboh dan mengulangi kesalahan.

Itulah empat nasihat hidup yang gak bisa ditelan mentah-mentah. Apakah kamu sering mendengar salah satunya? Nah, agar sukses di usia muda semoga poin-poin di atas bisa membantu mu gimana berpikir dengan logika jangan menggunakan emosi ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!