Ini 8 Kebiasaan Baik di Kantor yang Bisa Bikin Sukses Usia Muda

5 menit
Kiat sukses di usia muda (Shutterstock).
Kiat sukses di usia muda (Shutterstock).

Sukses di usia muda adalah impian setiap orang. Entah sukses dalam hal pendidikan atau sukses di dunia pekerjaan.

Bagi para pelajar tentu untuk meraih kesuksesan di bidang akademis, kamu harus rajin-rajin belajar. Tapi bagi fresh graduate, kesuksesan bisa diraih di tempat kerja dengan melakukan tanggung jawab sebaik-baiknya.

Gak cuma itu saja, kadang ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa mendorong para fresh graduate untuk sukses di usia muda khususnya dalam hal karier. Bisa dengan menghindari kebiasaan buruk dan melakukan kebiasaan baik. Kebiasaan apa saja sih yang bisa bikin anak muda sukses di kantor? Melansir laman The Balance Career ini ulasannya.

1. Sukses di usia muda dengan tidak bergosip di kantor

Sukses di usia muda dengan tidak bergosip di kantor
Jangan bergosip di kantor (Shutterstock).

Siapa sih yang gak suka bergosip di kantor, apalagi ngomongin rekan kerja. Buat kamu karyawan baru atau fresh graduate jangan kaget kalau di dunia kerja juga biasa bergosip. Apa saja pasti bisa jadi bahan gosip, mulai dari kejelekan rekan kerja, sampai prestasi rekan kerja yang dinyinyirin.

Kalau kamu mau sukses di usia muda, cobalah untuk menghindar dari kebiasaan ini. Fokuslah terhadap kerjaan dan tanggung jawab yang diberikan atasan ke kamu. Bersosialisasilah sewajarnya dan cobalah bersikap lebih netral.

Baca juga: Sebelum Menggunakan Cicilan Kredit dari Lembaga Pembiayaan, Perhatikan Dulu Hal Ini

2. Jangan kebanyakan komplain

Sukses di usia muda jangan banyak komplain
Jangan kebanyakan komplain (Shutterstock)

Untuk bisa sukses di usia muda dalam hal karier, cobalah untuk gak kebanyakan komplain. Biasanya kan sering banget tuh pegawai baru atau bahkan yang sudah senior sekalipun kesal dan komplain ke atasan karena mendapat tugas yang banyak dan sulit.

Mendapat beban tanggung jawab yang berat itu memang sedikit menjengkelkan, tapi ada baiknya buat gak protes hal itu. Karena dengan protes, kamu bakalan dinilai sebagai pekerja yang gak profesional.

Cobalah untuk mencari jalan keluar yang lebih positif untuk menghadapi itu, kerjakan semampumu kalau kesulitan bisa bertanya kepada atasan tanpa menunjukkan keluhan.

3. Selalu datang tepat waktu

Sukses di usia muda dengan selalu datang tepat waktu
Selalu datang tepat waktu (Shutterstock).

Salah satu cara sukses di usia muda adalah untuk selalu ontime. Datang tepat waktu dan jangan pernah telat.

Paling tidak kamu harus selalu berada di kantor sebelum atasanmu tiba. Usahakan juga selalu ada ketika bosmu akan memberikan arahan. Cobalah untuk menghargai waktu yang ada, karena dunia kerja bukan lagi seperti kampus yang kadang kamu bisa datang terlambat ke kelas.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

4. Jangan main handphone ketika sedang bekerja

Sukses di usia muda, jangan kebanyakan main handphone
Jangan kebanyakan main handphone (Shutterstock)

Bermain ponsel pintar apalagi yang banyak aplikasi media sosialnya itu memang candu banget. Bisa membuyarkan segala tanggung jawab. Nah cobalah untuk menaruh ponselmu saat sedang menjalankan tugas atau kerjaan. Kalau kerjaanmu bolak-balik liat ponsel nanti tanggung jawabmu gak kelar-kelar

Gimana mau sukses di usia muda seandainya ngerjain tugas gak kelar-kelar. Yang ada nanti malah dipecat sama atasan. Boleh main ponsel, tapi usahakan saat jam istirahat jadi gak mengganggu kerjaan deh.

5. Berbaik hati ke semua rekan kerja  

Berbaik hati ke semua orang (Shutterstock).

Mau di mana pun kondisi dan tempatnya, berbuat baik adalah hal yang paling membahagiakan. Orang-orang bakalan menaruh simpati ke kamu kalau kamu sering berkelakuan terpuji.

Nah inilah yang harus ditanam di jiwa para fresh graduate ketika masuk ke dunia kerja. Berbuat baiklah ke semua rekan kerja di perusahaanmu, tanpa memedulikan divisi mereka. Bisa dilakukan dengan saling membantu rekan kerja yang merasa kesulitan.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

6. Jangan bawa-bawa masalah pribadi ke tempat kerja

Sukses di usia muda, jangan pernah bawa masalah pribadi ke kantor
Jangan pernah bawa masalah pribadi ke kantor (Shutterstock).

Ketika mendapatkan masalah keluarga ataupun masalah percintaan memang bisa membuyarkan konsentrasi kita saat bekerja. Dampak yang diakibatkan jika memikul beban permasalahan itu bisa mengalami depresi. Tapi, cobalah untuk tidak selalu membawanya ke lingkungan kerja. Karena otomatis kerjaanmu nanti gak bakal beres-beres.

Satu lagi, ada baiknya untuk tidak menceritakan masalah pribadi itu ke rekan kerjamu. Mungkin maksudnya baik untuk mengurangi beban yang kamu pikul, tapi dikhawatirkan, masalahmu itu bisa menjadi bahan gosip rekan-rekan lainnya.

Sudah depresi karena masalah pribadi, ditambah tekanan gosip di tempat kerja. Kamu makin sulit deh mengerjakan tanggung jawab, mimpi untuk sukses di usia muda jadi semakin sulit digapai.

7. Lakukan segalanya dengan sebaik-baiknya

Sukses di usia muda dengan lakukan semuanya dengan baik
Lakukan semuanya dengan baik (Shutterstock).

Sebagai fresh graduate, kamu jangan kaget kalau dapat tugas setiap harinya di tempat kerja. Karena memang itulah dunia kerja yang beda banget kaya kampus. Kalau di kampus mungkin kamu menerima tugas seminggu bisa dihitung dengan jari dengan tenggat waktu yang panjang.

Nah ketika kamu masuk ke dunia kerja, cobalah untuk selalu mengerjakan tugas yang diberikan atasan sebaik mungkin dan semampumu.

Jangan kerjakan dengan asal-asalan, kalau tidak paham lebih baik meminta bantuan sama atasan ketimbang asal-asalan dan kerjaan jadi gak bener. Karena salah satu kunci sukses di usia muda adalah bisa mengerjakan segalanya dengan sebaik mungkin.

8. Jangan pernah menolak pekerjaan

Jangan pernah menolak pekerjaan (Shutterstock).

Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia kerja, kalian harus memahami hubungan hierarki antara atasan dan bawahan. Tanggung jawabmu menjalankan setiap pekerjaan yang diberikan oleh atasan.

Bagaimana jika tugas yang diberikan bukan ruang lingkup tanggung jawabmu? Jangan sesekali menolaknya. Memang terlihat gak adil, tapi kalau menunjukkan penolakan, kamu bisa dianggap pembangkang.

Coba saja kerjakan dahulu, kalau mendapatkan kesulitan, baru kamu bisa berkonsultasi ke atasan. Bosmu juga gak bakal diam saja kok, dia pasti akan membimbingmu hingga bisa menyelesaikan tugas tersebut. Ambil sisi positifnya saja, kamu jadi mendapatkan pengetahuan baru di luar tanggung jawab sehari-hari.

Itulah kebiasaan di tempat kerja yang layak dicontoh oleh para fresh graduate. Dunia kerja memang sangat berbeda dengan lingkup pendidikan. Karena tanggung jawab sebagai pekerja adalah untuk memajukan perusahaan itu sendiri.

Sementara sebagai mahasiswa, kamu hanya harus bertanggung jawab pada diri sendiri. Kalau kebiasaan-kebiasaan di atas kamu amini dan tanam di kehidupan kerja setiap harinya, dijamin deh karier kamu bakal sukses di usia muda. Bisa saja kamu mendapatkan promosi kenaikan jabatan atau naik gaji. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan